10 Atlet Terkaya di Dunia 2022, Penghasilannya Triliunan!

Sumber penghasilannya dari menjadi atlet dan di luar lapangan

Menjadi orang sukses dan memiliki kekayaan yang fantastis adalah idaman setiap orang. Kesuksesan dan kekayaan itu tentu bukanlah hal yang mudah untuk diraih. Butuh ketekunan dan kerja keras untuk mendapatkannya.

Sama halnya para atlet yang dikenal lewat keahlian mereka dalam bidang-bidang tertentu. Mereka dibayar dan memiliki penghasilan yang besar karena keahlian yang dimilikinya. Majalah bisnis Amerika Serikat, Forbes menyajikan daftar atlet terkaya di dunia tahun 2022 dengan total penghasilan yang fantastis.

Siapa sajakah mereka? Simak sampai akhir untuk mengetahui siapa 10 besar atlet terkaya di dunia.

1. Giannis Antetokounmpo

10 Atlet Terkaya di Dunia 2022, Penghasilannya Triliunan!Giannis Antetokounmpo (nba.com)

Giannis Antetokounmpo merupakan pemain basket klub Milwaukee Bucks. Sebagai atlet basket profesional, Antetokounmpo memperoleh penghasilan sebesar USD39,9 juta atau sekitar Rp623 miliar (kurs Rp15.615).

Nominal tersebut belum termasuk penghasilan yang ia terima di luar sebagai atlet Milwaukee Bucks. Penghasilan yang ia terima dari kerja sama sponsor, endorsement, dan sebagainya mencapai USD41 juta atau sekitar Rp640 miliar.

Nah, jika ditotal, berarti penghasilan Antetokounmpo mencapai USD80,9 juta atau setara dengan Rp1,2 triliun.

2. Tom Brady

10 Atlet Terkaya di Dunia 2022, Penghasilannya Triliunan!Tom Brady (instagram.com/tombrady)

Atlet terkaya di dunia berikutnya adalah Tom Brady, atlet american football yang bermain untuk the Tampa Bay Buccaneers di National Football League (NFL). Sebagai atlet profesional, Tom Brady mendapat penghasilan sebesar USD31,9 juta atau sekitar Rp497 miliar.

Namun, sumber penghasilan Tom Brady tidak hanya berasal dari klubnya saja, lho. Ia juga mendirikan platform NFT dan memiliki rumah produksi bernama Religion of Sports yang bekerja sama dengan Skydance Sports. Rumah produksi tersebut ia dirikan bersama beberapa temannya. Dari dua sumber penghasilan tersebut ditambah sponsor dan endorsements, Tom Brady sukses mendapat penghasilan sekitar USD52 juta atau sekitar Rp811 miliar.

Jika ditotal, Tom Brady memiliki penghasilan kurang lebih USD83,9 juta atau setara Rp1,3 triliun.

3. Canelo Alvarez

10 Atlet Terkaya di Dunia 2022, Penghasilannya Triliunan!Canelo Alvarez (roundbyroundboxing.com)

Canelo Alvarez merupakan petinju kelas light-heavyweight asal Meksiko. Ia merupakan salah satu petinju dunia yang sangat diperhitungkan.

Sepanjang kariernya sebagai petinju, ia sukses meraih 58 kemenangan dari total 62 pertandingan yang ia lakoni. Canelo Alvarez saat ini sudah mengoleksi empat sabuk juara kelas menengah super (168 pon atau 76 kg) versi IBF, WBC, WBO, dan WBA.

Di samping prestasinya di dunia tinju, Canelo juga diketahui memiliki penghasilan dan kekayaan yang fantastis. Petinju berjuluk Si Kayu Manis ini menerima gaji sebagai atlet tinju sebesar USD85 juta atau sekitar Rp1,32 triliun. Angka tersebut belum termasuk penghasilan yang berasal dari luar tinju, seperti iklan, sponsor, atau endorsement yang mencapai USD5 juta atau sekitar Rp77 miliar.

Jika ditotal, jumlah penghasilan Canelo Alvarez mencapai USD90 juta atau setara dengan Rp1,4 triliun.

4. Roger Federer

10 Atlet Terkaya di Dunia 2022, Penghasilannya Triliunan!Roger Federer sebagai petenis terkaya di dunia (rogerfederer.com)

Peringkat keempat dari bawah ditempati oleh seorang petenis hebat dunia yang bisa dianggap sebagai petenis profesional nomor satu sepanjang masa, yaitu Roger Federer. Ia pernah mendapatkan gelar bergengsi seperti Grand Slam yang sudah 17 kali ia raih.

Beragam prestasi yang diraih mengantarkannya sebagai salah satu atlet terkaya di dunia tahun 2022. Menariknya, sumber penghasilan terbesar Federer justru bukan dari olahraga, melainkan dari sumber-sumber lainnya seperti iklan dan sponsor.

Penghasilan dari tenis yang ia dapatkan sekitar USD700 ribu atau sekitar Rp10,9 miliar. Sedangkan penghasilan dari luar olahraga mencapai USD90 juta atau sekitar Rp1,4 triliun. Maka jika ditotal, penghasilan petenis dunia ini sebesar USD90,7 juta atau Rp1,5 triliun.

5. Kevin Durant

10 Atlet Terkaya di Dunia 2022, Penghasilannya Triliunan!potret Kevin Durant (nba.com)

Posisi selanjutnya atlet terkaya di dunia ditempati oleh seorang pemain top NBA yang bermain di klub Golden State Warriors, yakni Kevin Durant. Pemain yang sukses mengantarkan klubnya menjadi juara di ajang NBA 2017 ini dikabarkan memiliki total penghasilan sebesar USD92,1 juta atau sekitar Rp1,43 triliun.

Penghasilan tersebut ia dapatkan dari klubnya sebesar USD42,1 juta atau setara Rp656 miliar dan dari sponsor serta iklan sebesar USD50 juta atau Rp779 miliar.

6. Stephen Curry

10 Atlet Terkaya di Dunia 2022, Penghasilannya Triliunan!Stephen Curry meraih berbagai penghargaan di NBA bersama Golden State Warriors sejak 2009. (nba.com)

Masih dalam dunia basket, berikutnya adalah Stephen Curry, atlet basket yang bermain di Golden State Warriors. Total penghasilan yang sudah ia dapatkan adalah USD92,8 juta atau Rp1,44 triliun.

Penghasilan tersebut didapatkan dari gaji sebagai pebasket di Golden State Warriors sebesar USD45,8 juta atau Rp714 miliar dan penghasilan dari luar olahraga sebesar USD47 juta atau Rp733 miliar.

7. Neymar Jr

10 Atlet Terkaya di Dunia 2022, Penghasilannya Triliunan!Neymar (instagram.com/neymarjr)

Siapa yang tidak tahu bintang timnas Brasil yang saat ini bermain untuk Paris Saint-Germain (PSG) ini? Neymar da Silva Santos Júnior atau lebih dikenal Neymar Jr. memiliki penghasilan mencapai USD95 juta atau sama dengan Rp1,48 triliun.

Dari dunia sepak bola, Neymar menerima bayaran sebesar USD70 juta atau Rp1,09 triliun. Sementara bayaran dari luar olahraga mencapai USD25 juta atau Rp389 miliar. Neymar diketahui memiliki kontrak kerja sama dengan Red Bull dan Puma.

8. Cristiano Ronaldo

10 Atlet Terkaya di Dunia 2022, Penghasilannya Triliunan!Cristiano Ronaldo (uefa.com)

Bintang dunia asal Portugal ini disebut-sebut memiliki total penghasilan mencapai USD115 juta atau sekitar Rp1,79 triliun! Tidak bisa dimungkiri, nama Cristiano Ronaldo menjadi daya tarik banyak klub dan sponsor untuk menggaetnya.

Dari dunia sepak bola, Ronaldo memiliki penghasilan sebesar USD60 juta atau Rp935 miliar. Sementara penghasilan dari luar sepak bola, Ronaldo telah mengumpulkan USD55 juta atau Rp857 miliar.

Baca Juga: Daftar Pemenang Ballon d'Or dari Masa ke Masa, Sejak 1956 hingga 2022

9. LeBron James

10 Atlet Terkaya di Dunia 2022, Penghasilannya Triliunan!LeBron James (nba.com)

Pada peringkat kedua atlet terkaya di dunia diduduki oleh pemain top NBA yang bermain bersama klub Cleveland Cavaliers, yaitu LeBron James. Pemain yang berhasil meraih gelar MVP sebanyak empat kali ini mengumpulkan pendapatan sebesar USD121,2 juta atau Rp1,89 triliun.

Gaji yang didapatnya dari basket dikabarkan mencapai USD41,2 juta atau Rp642 miliar. Sedangkan USD80 juta atau Rp1,24 triliun sisanya berasal dari luar olahraga. Misalnya ketika LeBron James membintangi film dan talkshow, menjual kepemilikan saham sebuah rumah produksi, dan endorsement.

Baca Juga: Daftar Top Skor Piala Dunia 2022 Qatar, Siapa Saja Mereka?

10. Lionel Messi

10 Atlet Terkaya di Dunia 2022, Penghasilannya Triliunan!Lionel Messi usai sukses membobol gawang Kroasia melalui penalti yang dianggap kontroversial di semifinal Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Atlet terkaya nomor satu di dunia tahun 2022 versi Forbes adalah megabintang sepak bola asal Argentina, Lionel Messi. Perjalanan karier yang gemilang mengantarkannya menjadi atlet sepak bola sukses.

Pada Piala Dunia 2022, Messi berhasil membawa Argentina sampai pada partai puncak final piala dunia dan berakhir menjadi juara dunia event bergengsi satu ini. Meski prestasinya bersama klub PSG tidak sementereng saat ia di Barcelona, tetapi ia termasuk salah satu pemain dengan bayaran termahal di PSG.

Penghasilan Messi dari dunia sepak bola diketahui mencapai USD75 juta atau Rp1,16 triliun. Sementara penghasilan dari luar olahraga, seperti sponsor atau kontrak dengan brand, yaitu sebesar USD55 juta atau setara Rp857 miliar. Jika ditotal, penghasilan Lionel Messi mencapai USD130 juta atau Rp2,02 triliun!

Wah, angka yang sangat fantastis, ya! Bagaimana pun, deretan atlet terkaya di dunia ini tidak akan selamanya menjadi atlet karena tergerus oleh usia. Oleh sebab itu, sebagian besar dari mereka memiliki bisnis atau pekerjaan lain yang mereka jadikan sumber penghasilan setelah pensiun dari dunia olahraga.

Baca Juga: 5 Sumber Kekayaan Messi, Ada Kontrak Brand Seumur Hidup

Stefan Kevin Apouw Photo Verified Writer Stefan Kevin Apouw

Menulislah dengan segenap hatimu, hiburlah orang lain lewat tulisanmu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani
  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya