Obor Asian Games Tiba di Bandung

Obor akan keliling Jawa Barat sampai 17 Agustus mendatang

Jakarta, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara akan menjadi penyambut pertama obor Asian Games 2018 di Bogor. Rencananya, obor akan tiba di Kota Hujan Selasa (14/8).

"Titik nol kirab obor Asian Games dimulai dari rumah dinas wali kota, yang pertama membawa obor Menkominfo Rudiantara," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Bogor Eko Prabowo, seperti dilansir Antara, Sabtu (11/8).

1. Pagi ini (11/8), obor Asian Games sudah sampai di Bandung

Obor Asian Games Tiba di BandungANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Warga Bandung sejak pagi memadati kawasan Pasteur, titik awal perjalanan obor di Bandung. Salah seorang warga bahkan menunggu di lokasi sejak pukul 06.30 pagi supaya dapat menyaksikan kedatangan obor secara langsung.

"Mungkin satu kali seumur hidup. Jadi, momen ini wajib diabadikan," ujar Taufik (68).

Obor akan dibawa secara estafet dari Pasteur menuju Gedung Sate.

Baca Juga: Sekarang Giliran Bogor yang Andil Sambut Obor Asian Games 2018

2. Obor Asian Games di Bogor akan dibawa oleh 13 orang

Obor Asian Games Tiba di BandungTribun Pekanbaru

Setelah dari Menkominfo, obor akan dibawa menuju Gedung Telkom dan diserahkan kepada Mantan Panglima TNI Jenderal (Pur) Moeldoko. Kemudian, obor akan dibawa lari menuju Halte Bantarjati dan diserahkan kepada Letjen TNI Herindra.

Dari Herindra, obor diestafetkan ke salah satu legenda bulu tangkis Indonesia, Icuk Sugiarto. Setelah Icuk, obor akan dibawa berlari lagi ke titik-titik yang telah ditentukan, di antaranya Jambu Dua dan Museum Peta. Sejumlah nama yang dijadwalkan membawa obor antara lain Jeffrie Ricardo, Ellyas Pical, Dandenpom III/1 Bogor, serta sejumlah sponsor.

Dari Museum Peta, obor akan dibawa oleh Dandim 0606/Kota Bogor Letkol ARM Doddy Suhadiman menuju Simpang Denpom. Selanjutnya, obor akan dibawa berlari oleh artis Yossy Project Pop menuju Lapangan Sempur.

Di Lapangan Sempur, Chico Jericho akan lanjut membawa obor sampai Jalan Pajajaran depan Hotel Savero untuk diberikan ke Putri Indonesia 2015 Anindya Kusuma Putri. Anindya akan berlari menuju Tugu Kujang untuk menyerahkan obor kepada Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto beserta komunitas Bogor Runner untuk melanjutkannya sampai di pintu utama Istana Bogor.

3. Wali Kota Bogor akan dua kali membawa obor

Obor Asian Games Tiba di BandungANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Eko menjelaskan, dari pintu Istana Bogor, obor akan diberikan secara estafet ke Kapolresta Bogor Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya dan Danrem 061/Suryakancana Kolonel Inf M. Hasan.

"Api akan diinapkan di Istana Bogor, lalu dibawa kembali keluar dari istana melalui pintu dua di depan Balai Kota," imbuh Eko.

Dari pintu dua Istana Bogor menuju Balai Kota, Bima Arya Sugiarto mendapat kesempatan sekali lagi untuk membawa obor, yang akan disulutkan ke 'mini cauldron' yang telah dipersiapkan di Plaza Balai Kota.

Untuk menyambut kedatangan obor di Balai Kota, telah disiapkan berbagai pertunjukan seni dan budaya. Eits, perjalanan obor Asian Games masih akan berlanjut. Ikuti terus ya!

Baca Juga: Menhub Ajak Prilly Latuconsina Bawa Obor Asian Games Bareng

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya