Instruksi Jokowi: Vaksin Buat Warga Papua Demi PON XX

Para pelatih, official, hingga atlet juga akan divaksinasi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memerintahkan agar masyarakat yang berada di sekitar venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, Papua untuk divaksin. Hal itu disampaikan oleh Jokowi dalam rapat terbatas mengenai persiapan PON XX di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (15/3/2021).

"Bapak Presiden mengarahkan masyarakat di sekitar venue untuk divaksin," kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dalam keterangan persnya usai ratas, yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (15/3/2021).

Baca Juga: Sumsel Andalkan Cabor Atletik Dulang  Emas di PON Papua 

1. Pelatih hingga atlet juga diminta Jokowi untuk divaksinasi

Instruksi Jokowi: Vaksin Buat Warga Papua Demi PON XXIlustrasi Penyuntikan Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain itu, Jokowi juga meminta agar seluruh kontingen untuk divaksinasi COVID-19. Mulai dari pelatih, hingga atlet yang akan bertanding dalam PON ke-20 ini.

"Arahan Bapak Presiden, seluruh kontingen akan divaksin, mulai dari atlet, pelatih, ofisial, dan tenaga pendukung lainnya," ujar Zainudin.

2. Menpora optimistis pelaksanaan vaksinasi bisa selesai sebelum Oktober 2021

Instruksi Jokowi: Vaksin Buat Warga Papua Demi PON XXZainudin Amali, Menpora RI dalam acara Ngobrol Seru by IDN Times dengan tema "Otomotif di Tengah Pandemik COVID-19, Seperti Apa?" (IDN Times/Besse Fadhilah)

Kemenpora memang sudah mengagendakan untuk menggelar vaksinasi jelang PON XX. Zainudin mengaku optimistis sebelum Oktober 2021, semua elemen yang terlibat dalam PON XX sudah menerima vaksin hingga dosis kedua.

"Di Oktober 2021 nanti, kami harus memastikan mereka sudah menerima vaksin. Saya optimistis bisa selesai sebelum waktunya," tuturnya.

Vaksinasi memang jadi salah satu kebijakan yang krusial dalam PON XX. Sebab, lewat proses ini, bukan tak mungkin bakal menentukan bagaimana PON XX digelar, dengan atau tanpa penonton. Jika nantinya dengan penonton, bisa jadi ada pembatasan pula.

3. Kemenpora inventarisir atlet dan elemen pendukung yang menerima vaksin

Instruksi Jokowi: Vaksin Buat Warga Papua Demi PON XXAcara Festival Cahaya Papua pada Jumat (31/12/2020) malam. (IDN Times/Dok. PB PON Papua).

Zainudin memastikan, setiap atlet yang tengah menjalani pemusatan latihan daerah (pelatda) jelang PON Papua akan menerima vaksin COVID-19.  

"Untuk atlet pelatda (pelatihan daerah) PON kalau sudah ada daftarnya (dari masing-masing daerah), kami bisa tanyakan juga apakah memungkinkan untuk mendapatkan vaksin pada tahun ini," ujar Zainudin dalam jumpa pers virtual di Jakarta, Selasa (5/1/2021).

Saat ini, Kemenpora masih dalam tahap merampungkan data atlet dan pelatih yang nantinya akan menerima vaksin COVID-19. Apalagi, dalam waktu dekat, banyak ajang olahraga yang akan digelar, baik itu dalam dan luar negeri, seperti Olimpiade Tokyo, SEA Games, serta beberapa ajang bulu tangkis, seperti Thailand Open, Swiss Open, serta All England.

"Tentu ada tahapannya. Siapa saja yang akan bertanding dalam waktu dekat, dia yang divaksin lebih dulu. Kami akan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait," ujar Zainudin.

Baca Juga: Digelar Sesuai Jadwal, PON Papua Bakal Tiru Sistem Olimpiade

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya