Tahukah Kamu, 6 Jenis Olahraga Ini Cuma Ramai Penonton di Amerika

Aneh ya, padahal seru lho

Cabang olahraga yang ada di berbagai negara di dunia ada sangat banyak macamnya. Mulai dari olahraga yang gampang buat dimainkan, sampai olahraga-olahraga yang mempunyai risiko tinggi bagi para pelaku atau pemain olahraga itu sendiri.

Amerika sebagai sebuah negara yang terkenal dengan negeri "Paman Sam" dan kekuatan adidayanya adalah salah satu negara yang mempunyai banyak ragam keunikan. Baik dari budaya, gaya hidup, tren fahion, industri film, industri musik, sampai macam olahraga yang khas berasal dari negeri ini.

Anehnya walaupun olahraga khas Amerika kebanyakan seru untuk ditonton, namun tidak selalu menarik jika diadaka di negara lain. Seperti minimnya jumlah penonton yang hadir di tribun penonton. 

Mau tahu apa aja jenis olahraga yang cuma seru dan banyak penonoton kalau cuma digelar di Amerika?

1. American Football.

Tahukah Kamu, 6 Jenis Olahraga Ini Cuma Ramai Penonton di Amerikahistory.com

Bola berbentuk lonjong yang terlihat mirip dengan buah coklat atau kakao ini mungkin masih terlalu asing bagi kebanyakan orang. Siaran olahraga ini saja hanya bisa ditonton bagi mereka yang berlangganan tv nirkabel, yang menyiarkan program dari channel-channel luar negeri.

American Football adalah jenis olahraga yang sama kerasnya dengan olahraga sepak bola. Setiap pemain diwajibkan memakai full body protector atau pelindung tubuh, yakni mulai dari helm dengan pelindung khusus di bagian muka, pelindung siku dan lutut, pelindung dada dan bahu, hingga pelindung bagian kelamin. Pelindung tersebut dipakai di dalam kaos tim yang yang digunakan seorang pemain. Liga yang paling bergengsi di Amerika adalah NFL atau National Football League.

Tidak jarang para pemain salang adi otot untuk saling memperebutkan bola lonjong ini. Olahraga asli dari Amerika ini dimainkan oleh 11 pemain yang masing-masing ada dalam dua tim yang sedang bertanding di lapangan.

Lapangan yang digunakan hampir mirip mirip dengan bentuk lapangan bola, namun mempunyai ukuran tersendiri dengan ukuran 100x 70 meter dengan "end zone" atau garis akhir lawan di masing - masing ujungnya. Sebuah tim berhak mendapat tambahan 6 poin bila berhasil melakukan "touch down" di garis akhir lawan.

Masing-masing ujung lapangan  juga ada sebuah tiang yang berfungsi sebagai tambahan poin sebanyak 3 poin, jika bola dari seorang pemain yang melakukan tendangan bebas berhasil melewati batas tiang horizontal seperti huruf "H".

Aturan permainannya, setiap tim diharuskan melakukan touch down di "end zone" lawan sebanyak 4 kali untuk menambah poin mereka. Jika dalam satu putaran dengan waktu yang ditentukan sebuah tim tidak bisa membuat 4 kali touch down, giliran bermain akan diberikan pada tim lawan.

2. Basket.

Tahukah Kamu, 6 Jenis Olahraga Ini Cuma Ramai Penonton di Amerikayoutube,com

Memasukkan bola  ke dalam jarig dengan permukaan kasar khas bola basket adalah inti dari olahraga ini. Olahraga ini cukup populer di Amerika dengan liga basketnya yang sangat populer juga di dunia yaitu NBA atau National Basket Ball Association.

Masing-masing tim hanya diperbolehkan memainkan 5 pemain di lapangan dan tidak ada batasan pergantian pemain, hanya saja ada yang namanya "time break" dengan selang beberapa menit bagi pelatih untuk memberikan intruksi strategi pada para pemainnya. Selain itu suatu tim basket diharuskan untuk selalu bergerak menyerang, dan tidak boleh melakukan ke belakang kembali ke area pertahanan sendiri.

Selain itu ada aturan pivot, yaitu sebuah aturan gerak dan tumpuan kaki khusus dalam melakukan gerakan memutar badan. Namun setiap pemain diharuskan tetap melakukan dribble bola jika tidak ingin dianggap sebagai sebuah "double" atau pelanggaran oleh sang wasit.

3. Baseball.

Tahukah Kamu, 6 Jenis Olahraga Ini Cuma Ramai Penonton di Amerikathesummitleague.org

Olahraga yang mirip dengan dasar permainan kricket atau di Indonesia lebih dikenal dengan kasti yang memukul bola dengan tongkat kayu berbentuk lonjong di bagian atasnya juga hanya populer dan ramai jumlah penonton jika diadakan di Amerika saja. Padahal dari alur permainan, olahraga ini sangat seru untuk dimainkan. Tapi di negara lain, sangat sedikit jumlah atlet yang berminat melakukan olahraga ini.

Dalam permainan baseball ada seorang pemain yang berperang sebagai pelempar bola untuk pemukul bola dari tim lawan. Posisi pemain ini dinamakan pitcher. Dan anggota pemain lain bertugas untuk menangkap bola yang dipukul lawan sekaligus menjaga pos-pos yang harus dilewati lawan untuk menambah poin.

Poin akan bertambah bagi sebuah tim setelah sang pemain berhasil memukul bola  berlari masuk dan  mengitari pos sampai kembali ke area tempat pemain memukul bola. Di belakang pemukul bola, ada seorang pemain yang bertugas menangkap bola jika arah lemparan pemain meleset yang ditemani seorang wasit. Liga yang paling bergengsi di Amerika adalah MLB atau Major League Baseball.

4. Nascar.

Tahukah Kamu, 6 Jenis Olahraga Ini Cuma Ramai Penonton di Amerikaautoweek.com

Olahraga lainnya adalah Nascar alias balap mobil dengan spesifikasi dan design khusus bagian dalam mobil yang menggunakan rangka pelindung besi. Fungsi rangka pelindung berbahan besi untuk meminimalisir cedera parah pada seorang pembalap.

Karena risiko balapan di lintasan oval ini juga cukup tinggi. Tidak jarang para pembalap saling bertabrakan saking kencangnya laju mobil mereka dengan kendali yang juga cukup susah. 

Para pembalap diharuskan mengitari lintasan oval sebanyak 200 sampai 500 kali putaran dalam event Daytona500. Stamina prima dari sang pembalap sangat diperlukan dalam balapan dengan jeda pergantian ban di pit lap. 

Bagian handle perpindahan gigi atau transmisi biasanya juga cukup unik. Ukurannya yang lebih panjang dari handle perpindahan gigi transmisi yang ada pada mobil yang dijual untuk umum.

5. Balap Kuda.

Tahukah Kamu, 6 Jenis Olahraga Ini Cuma Ramai Penonton di Amerikapinterest.com

Selanjutnya ada jenis olahraga balap kuda, atau yang sering dikenal dengan pacuan kuda. Pacuan kuda biasanya menggunakan jenis kuda yang memang dikushuskan untuk melakukan balapan. Dengan kemampuan berlari cepat dan melompati pagar kayu horizontal yang ada dalam lintasan pacuan kuda.

Para pebalap juga harus mempunyai teknik penguasaan kuda yang baik dan syarat pengalaman. Balapan kuda pertama kali di Amerika diadakan pada tahun 1665, dan tahun 1868 adalah peresmian organisasi balap kuda pertama di Amerika.

Untuk menambah kecepatan lari kudanya, seorang pembalap biasanya membawa sebuah pemukul yang terbuat dari bahan karet yang dipukulkan di bagian pantat kuda. Atau dengan bagian belakang sepatu sang pembalap yang dipasang sebuah benda bergerigi runcing tapi tidak menyakiti badan kuda yang ditunggangi.

Tanda balapan dimulai adalah dibukanya pintu yang mengahalangi para kuda yang berada di garis start. Untuk membuat sang kuda tetap fokus melihat ke depan, biasanya juga dipasangkan penutup mata di bagian mata kuda balap. Olahraga ini juga sering dijadikan  sebagai ajang taruhan.

6. Hockey es.

Tahukah Kamu, 6 Jenis Olahraga Ini Cuma Ramai Penonton di Amerikasport.vice.com

Olahraga yang menggunakan lapangan berlapis es beku dengan suhu khusus ini juga tidak kalah menarik. Asal olahraga hockey ini juga berasal dari Amerika, bukan suatu yang mengherankan jika olahraga ini juga banyak penggemarnya di Amerika. Dengan liga resminya NHL atau National Hockey League.

Para pemain diwajibkan menggunakan body protector seperti helm dengan pelindung khusus di bagian muka, pelindung siku dan lutut, glove atau sarung tangan dan, stick pemukul yang dari baha kayu dan berbentuk seperti huruf J. juga spatu ice skating khusus untuk olahraga hockey es.

Sebenarnya olahraga hockey ini ada yang menggunakan jenis lapangan jenis lantai dan rumput juga, namun tidak sepopuler hockey yang menggunakan lapangan berlapis es. 

Luas lapangan hockey hampir sama dengan ukuran lapangan basket. Hanya saja bentuk bagian pojok pada setiap sisinya agak berbentuk cakram bernama puck. Ada dua bawah gawang berukuran tidak terlalu besar dan lebar di masing-masing bagian pertahanan tim yaang dijaga seorang kiper. Bola yang digunakan adalah bola kecil dan mempunyai permukaan yang agak gepeng.

Setiap bola yang masuk, sebuah tim akan mendapatkan tambahan 1 poin. Dan tidak diperbolehkan memukul bola terlalu tinggi atau menendang bola menggunakan kaki. Ada juga "time out" seperti yang ada pada olahraga basket, yang menyediakan pelatih untuk memberi instruksi pada para pemain. Tidak ada batasan jumlah pergantian pemain dalam olahraga ini.

Threedots Photo Verified Writer Threedots

Another world inside of me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya