Tim Indonesia Beregu Putra Lolos Perempat Final Asia Team Championsip

Selamat buat tim putra Indonesia!

Timnas badminton beregu putra mengikuti jejak beregu putri untuk lolos ke perempat final Badminton Asia Team Champonship (BATC) 2018. Setelah menang mutlak 5-0 atas Maladewa di pertandingan pertama Grup D, Selasa (6/2/2018) malam.

Dalam partai kedua, Indonesia bertemu dengan Filipina, di Alor Setar, Malaysia, Rabu (7/2/2018) pukul 07:00 waktu setempat.

Filipina mampu ditaklukkan Indonesia dengan skor telak. Pasalnya secara kualitas permainan bulutangkis, Filipina jauh di atas Indonesia. Menghadapi Filipina, keran kemenangan Indonesia dibuka oleh Jonatan Christie.

1. Jonatan Christie membuka laga kemenangan bagi Indonesia

Tim Indonesia Beregu Putra Lolos Perempat Final Asia Team Championsipbadmintonindonesia.org

Partai pertama Indonesia mempertemukan antara tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie menghadapi tunggal putra Filipina, Ros Leonard Pedrosa. Dengan kualitas permainan yang jauh, Jonatan menang dua game langsung 21-15 dan 21-13 seperti yang dilansir dari laman bwftournamentsoftware.com.  

Jonatan mampu membuat unggul Indonesia 1-0 atas Filipina di babak penyisihan grup D Badminton Asia Team Championships 2018.

Menghadapi Jonatan pada partai pertama, Pedrosa baru tahu rasanya menghadapi pemain dengan kualitas yang sangat baik seperti Jonatan. Hal ini karena di Filipina tidak banyak pemain berkualitas, seperti dilansir dari laman badmintonindonesia.org.

Di pertandingan melawan Jonatan, Pedrosa banyak belajar dari kekalahannya agar supaya fokus pada pertandingan dan melatih stroke lebih baik lagi. Hal ini untuk meningkatkan kualitasnya.

Tetapi menurut Jonatan, Pedrosa merupakan pemain yang ulet, ngotot, dan tidak gampang dimatikan. Bagi Jonatan, lawan kedua ini lebih bagus tidak seperti lawan pertamanya. Pertandingan ini dijadikan pemanasan bagi Jonantan tatkala akan menghadapi lawan tangguh tunggal putra India.

2. Empat wakil lainnya juga memetik kemenangan atas wakil Filipina

Tim Indonesia Beregu Putra Lolos Perempat Final Asia Team Championsipsidomi

Setelah unggul 1-0 atas Filipina lewat poin yang dipersembahkan oleh Jonatan Christie. Empat wakil Indonesia juga tampil baik dengan mempersembahkan poin bagi Indonesia.

Partai kedua mempertemukan peraih medali perak BWF Mohammad Ahsan/ Rian Agung Saputro melawan Carlos Antonie Cayanan/Philip Joper Escueta.

Tetapi segudang pengalamannya, ganda Indonesia mampu menaklukan ganda Filipana dengan skor 21-16 dan 21-11. Hal tersebut membuat Indonesi unggul 2-0 atas Filipina.

Partai ketiga dan keempat, lagi-lagi Indonesia mampu menang mudah. Anthony Sinisuka Ginting yang turun pada partai ketiga mampu mengalahkan Arthur Samuel Salvado 21-14 dan 21-9. 

Kemenangan Antony juga diikuti oleh ganda putra Indonesia, Angga Pratama/ Hendra Setiawan yang menang dua game langsung atas Peter Gabriel Magnaye/Alvin Moradan 21-17 dan 21-16. Kemenangan Angga/Hendra membawa Indonesia unggul 4-0.

Di laga terakhir, Ihsan Maulana Mustofa mampu menutup pertandingan dengan sangat manis tatkala menang atas tunggal Filipina, Lanz Ralf Zafra dengan dua game langsung 21-8 dan 21-12. Kemenangan Ihsan membuat Indonesia memang telak 5-0 atas Filipina. 

Kemenangan atas Filipina membuat Indonesia mengoleksi 2 poin dan berada di peringkat kedua di atas India karena kalah selisih poin. Meskipun begitu Indonesia sudah memastikan ke babak perempat final bersama dengan India, seperti dilansir dari laman Bwftournamentsoftware.com.

3. Laga terakhir bertemu dengan India untuk perebutan juara grup

Tim Indonesia Beregu Putra Lolos Perempat Final Asia Team Championsipbadmintonindonesia.org

Indonesia dan India sama-sama sudah memastikan diri ke babak perempat final Badminton Asia Team Champonship (BATC) 2018 yang digelar di Alor Setar, Malaysia. Kedua tim sama-sama mengoleksi dua poin dari dua kali kemenangan yang telah dilakoninya 

Tetapi Indonesia berada diperingkat kedua dan India berada di peringkat pertama karena unggul perolehan poin. India dan Indonesia akan bertanding untuk memperebutkan status juara grup D, Kamis (8/2/2018) pukul 19.00 waktu setempat. 

Indonesia tentu patut waspada dari sektor ganda putra India. Pasalnya ganda putra India berisi pemain elit dunia seperti Kidambi Srikant dan Prannoy HS. Tetapi hal itu biasa diimbangi karena kekuatan Indonesia berasal dari sektor ganda putra, dan Antony yang kini sudah merangsak naik ke peringkat 10 BWF. 

Pertandingan antara India melawan Indonesia sangatlah menarik. Mengingat kekuatan dari kedua sektor yang berbeda. Semoga Indonesia bisa memang atas India seperti tahun 2016 lalu menaklukkan India 3-2.

Dealova Smg Photo Writer Dealova Smg

Man Jadda Wa Jada

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya