60 Hari Menuju SEA Games 2023, Wakil Indonesia Masih Abu-abu

Masih tunggu hasil Tim Review

Jakarta, IDN Times - SEA Games 2023 Kamboja bakal bergulir dua bulan lagi, tepatnya pada 5 hingga 17 Mei 2023. Namun, kontingen Indonesia belum juga terbentuk.

Chef de Mission (CdM) Kontingen ilIndonesia di SEA Games 2023, Lexyndo Hakim, pun belum bisa memberikan jawaban. Dia belum memiliki daftar cabang olahraga (cabor) dan atlet yang terpilih membela Indonesia.

"Sampai hari ini, kami belum mengetahui jumlah atlet atau jumlah cabor yang akan dikirim," kata Lexyndo di sela-sela Rapat Aggota NOC Indonesia, Senin (6/3/2023).

1. Masih tunggu hasil tim review

60 Hari Menuju SEA Games 2023, Wakil Indonesia Masih Abu-abuCdM Kontingen indonesia di SEA Games 2023, Lexyndo Hakim. (IDN Times/Tino).

Lexyndo masih menunggu hasil tim review untuk mengetahui jumlah cabor serta atlet yang diberangkatkan ke Kamboja. Disebut dia, Tim Review telah merampungkan tugasnya pada 28 Februari 2023 lalu, namun belum ada keputusan.

"Tim Review baru selesai 28 Februari lalu. Kami rapat bersama dan sudah berkunjung ke cabor yang latihan di pelatnas. CdM belum bisa mengetahui hasilnya, karena memang ranahnya di Kemenpora. Kami juga masih menunggu," kata Lexyndo.

Baca Juga: Menpora: Pratama Arhan Pengin Main di SEA Games 2023

2. Persiapan tetap dilakukan semaksimal mungkin

60 Hari Menuju SEA Games 2023, Wakil Indonesia Masih Abu-abuTaekwondoin Indonesia, Muhammad Bassan Raihan, usai raih emas SEA Games 2021 / Dokumentasi KONI

Kendati belum mengetahui hasilnya, Lexyndo selaku CdM terus memantau persiapan semua cabor. Dia mengunjungi tempat latihan demi memastikan langsung persiapannya berjalan dengan lancar.

"Sembari menunggu, tetap ada yang kami kerjakan. Kami melakukan hal-hal yang mungkin dianggap perlu. Ada yang seleksi atau pelatnas. Sedikit-sedikit dicicil, kami kunjungi, dengarkan masukan terkait keberangkatan," ujar Lexyndo.

3. Belum bisa bicara target

60 Hari Menuju SEA Games 2023, Wakil Indonesia Masih Abu-abuTimnas U-23 di SEA Games 2021. (Dok. PSSI)

Dengan kondisi yang seperti itu, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Perbasi DKI Jakarta tersebut belum bisa berbicara soal target di SEA Games 2023. Target baru bisa dibicarakan usai peta kekuatan terbentuk.

"Kalau bicara target, harus melihat faktor yang ada dan melihat hasil tim review itu sendiri. Kami sudah menekankan kepada cabor yang kami kunjungi untuk bisa memberikan hal yang penuh arti karena mewakili masyarakat Indonesia," kata Lexyndo.

Baca Juga: Dibebani Target Emas di SEA Games 2023, Indra Sjafri Pede

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya