Dibebani Target Emas di SEA Games 2023, Indra Sjafri Pede

Timnas Indonesia U-22 ditargetkan bisa sumbang emas

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-22 mendapat target tinggi saat berpetualang di SEA Games 2023 Kamboja pada 5 - 17 Mei mendatang. Pelatih Indra Sjafri pun optimistis untuk merealisasikan target tersebut.

Target tersebut diberikan PSSI. Itu karena federasi percaya dengan juru taktik 60 tahun tersebut. Nah, kepercayaan yang diberikan PSSI pun siap dimaksimalkan oleh Indra.

"Harus optimistis dong. Kalau tidak optimistis, nanti pemainnya jadi pesimistis. Mudah-mudahan kami bisa menjalankan tugas dengan baik untuk memenuhi target yang diinginkan," kata Indra selepas memimpin latihan Timnas Indonesia U-22, di Senayan, Kamis (2/3/2023).

1. Timnas sudah puasa medali emas selama 32 tahun

Dibebani Target Emas di SEA Games 2023, Indra Sjafri PedeTimnas Indonesia U-23 berhasil kalahkan Filipina, 4-0, dalam duel di penyisihan Grup A SEA Games 2021, Jumat (13/5/2022). (dok. PSSI)

Optimisme dan motivasi Indra semakin membara, lantaran Timnas Indonesia sudah lama tak meraih emas di SEA Games. Betapa tidak, bendera Merah Putih sudah tak berkibar selama 32 tahun lantaran tak kunjung naik podium.

Terakhir kali Timnas Indonesia meraih emas pada 1991 lalu. Kala itu, ajang dua tahunan ini digelar di Manila, Filipina.

"Ini udah 32 tahun gak meraih medali emas. Dan itu harus dioptmiskan, jangan dipesimiskan," ujar pria yang juga menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI tersebut.

Baca Juga: PSSI Bebankan Target Emas SEA Games 2023 ke Indra Sjafri

2. Kolaborasi tim kepelatihan yang bagus

Dibebani Target Emas di SEA Games 2023, Indra Sjafri PedeLatihan Timnas Indonesia U-22 di Senayan, Kamis (2/3/2023). (IDN Times/Tino).

Apalagi, Indra ditemani Kurniawan Dwi Yulianto, Bima Sakti dan Eko Purjianto selaku asisten pelatih. Disebut Indra, mereka adalah nama-nama terbaik untuk membantunya membawa emas ke Tanah Air.

"Saya pikir kombinasi yang saya pilih terbaik, coach Eko di lini belakang, coach Bima, dan coach Kurniawan. Ini kolaborasi yang bagus, mudah-mudahan bisa memberikan hasil yang maksimal," kata Indra.

3. Indra pantau potensi dari 34 pemain

Dibebani Target Emas di SEA Games 2023, Indra Sjafri PedePelatih Timnas U-22, Indra Sjafri ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Saat ini, Indra sedang memantau potensi terbaik dari 34 nama yang dipanggil ke pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-22. Setelah itu, dia akan memetakan kekuatan untuk digabungkan dengan pemain U-22 yang tampil reguler di Liga 1.

"Kami ingin mencari potensi selain pemain-pemain yang bermain reguler di Liga 1. Mana tahu, mereka punya kualitas untuk kita bawa," ujar Indra soal alasan banyaknya pemain Liga 2 dan Liga 3 dalam TC.

Baca Juga: Timnas U-23 Belum Disiapkan, Indra Sjafri: Tunggu KLB PSSI Dulu

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya