Kunci Anthony Ginting Juara Singapore Open 2023: Kayak Jadi Tuan Rumah

Suporter bantu Ginting menang mudah di final

Jakarta, IDN Times - Tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting, sukses menjadi kampiun Singapore Open 2023 usai mengalahkan Anders Antonsen lewat straight game, 21-16 21-13, Minggu (11/6/2023). Dengan gelar ini, Ginting menegaskan dominasinya di Singapore Indoor Stadium.

Ya, Ginting memang mencatat sejarah di Singapore Open 2023. Final tadi, merupakan yang ketiga secara beruntun buat Ginting. Pun, gelarnya adalah yang kedua secara beruntun di Singapore Open.

Ini menjadi bukti kalau Singapore Indoor Stadium memberikan tuah kepada Ginting. Sebenarnya, apa yang membuat Singapore Open menjadi sangat spesial buat pria kelahiran Cimahi tersebut?

1. Merasa main di kandang

Kunci Anthony Ginting Juara Singapore Open 2023: Kayak Jadi Tuan RumahAnthony Sinisuka Ginting saat berlaga di Singapore Open 2023 (dok. PP PBSI)

Bagi Ginting, gelar ini tak lepas dari dukungan suporter yang meramaikan tribune Singapore Indoor Stadium. Pria 26 tahun itu merasa seperti tampil di kandang.

Semangat Ginting terbakar mulai dari masuk lapangan. Maka dari itu, dia berterima kasih atas dukungan masyarakat Indonesia yang tinggal di Singapura.

"Saya seperti main di rumah sendiri. Dari masuk lapangan, sudah didukung penonton. Terima kasih dan saya bersyukur atas dukungan mereka. Saya selalu merasa senang setiap tanding di Singapura," ujar Ginting selepas laga.

Baca Juga: Anthony Ginting Juara Singapore Open 2023 Usai Sikat Antonsen

2. Ginting bisa tampil lepas

Kunci Anthony Ginting Juara Singapore Open 2023: Kayak Jadi Tuan RumahAnthony Sinisuka Ginting di final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2023 (dok. PP PBSI)

Dengan situasi itu, Ginting bisa bermain nyaman. Dia tampil lepas dan mampu menampilkan performa terbaiknya. Bahkan, Ginting bisa memberikan tekanan mental kepada Antonsen. Saking kesalnya, Antonsen itu sempat menunjukkan rasa frustrasinya jelang Ginting memasuki match point.

"Keberhasilan di game pertama, tentu makin membuat saya bisa lebih tenang. Pada game kedua, permainan saya bisa keluar. Saya bisa lebih tenang dan yakin," ujar Ginting.

3. Kemenangan yang spesial buat Ginting

Kunci Anthony Ginting Juara Singapore Open 2023: Kayak Jadi Tuan RumahAnthony Sinisuka Ginting dan pelatih kepala tunggal putra Indonesia, Irwansyah di final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2023 (dok. PP PBSI)

Keberhasilan ini terasa lebih spesial buat Ginting. Sebab, dia sukses menjuarai Singapore Open dua kali secara beruntun. Di sisi lain, Ginting juga merupakan satu-satunya wakil Indonesia yang menembus partai puncak.

Kendati begitu, Ginting tak jemawa. Masih ada evaluasi agar lebih baik di turnamen selanjutnya.

"Senang bisa juara, tetapi ini tentu bukan pencapaian yang mudah. Masih ada yang harus dikejar. Lawan tentu juga banyak masih ingin mengalahkan saya. Masih ada yang harus ditingkatkan," kata Ginting.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya