Rekor SEA Games Jadi Bekal Eko Yuli Menuju Olimpiade 2024

Eko Yuli pecahkan rekor di SEA Games!

Jakarta, IDN Times - Lifter Indonesia, Eko Yuli Irawan, sukses memecahkan rekor clean and jerk saat meraih medali emas di SEA Games 2023 Kamboja. Keberhasilan ini menjadi modal berharga untuk beraksi di Olimpiade 2024 Paris.

Emas Eko di SEA Games 2023 begitu manis. Sebab, dia menegaskan dominasinya di Asia Tenggara.

1. Puas usai catatkan rekor baru

Rekor SEA Games Jadi Bekal Eko Yuli Menuju Olimpiade 2024Lifter Indonesia, Eko Yuli meraih medali emas di SEA Games 2023. (Dok. NOC Indonesia).

Eko berhasil mencetak rekor baru di clean and jerk dengan angkatan 170 kilogram. Catatannya unggul satu kilogram atas lifter Vietnam, Thach Kim Tuan.

Ketika mencoba angkatan 170 kilogram, Eko mengaku ada risiko yang diembannya. Bukan tak mungkin, kalau tidak kuat atau terjadi kesalahan, dia bisa cedera dan memupuskan ambisinya main di Asian Games 2023 bahkan Olimpiade 2024, Paris. Tapi, Eko pada akhirnya mampu melakukan hal tersebut.

"Alhamdulillah bisa pecah rekor di clean and jerk, ada di 170," kata Eko dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Eko Yuli Sabet Emas dan Pecahkan Rekor di SEA Games 2023

2. Eko sebenarnya tak pikirkan rekor

Rekor SEA Games Jadi Bekal Eko Yuli Menuju Olimpiade 2024Lifter Indonesia, Eko Yuli meraih medali emas di SEA Games 2023. (Dok. NOC Indonesia).

Eko memang puas dengan rekor baru yang disandangnya. Namun, itu bukan menjadi prioritasnya. Eko hanya membidik medali emas, untuk membantu tim Merah Putih mencapai atau memenuhi target yang telah ditetapkan.

"Rasanya pasti senang karena perjuangannya berat. Tapi, bisa dapat medali emas itu target utama. Masalah rekor tidak kepikiran," ujar Eko.

3. Siap tingkatkan angkatan

Rekor SEA Games Jadi Bekal Eko Yuli Menuju Olimpiade 2024Lifter Indonesia, Eko Yuli Irawan raih medali perak di Olimpiade Tokyo 2020 (Dok.NOC Indonesia)

Nah, rekor ini membuat Eko semakin tertantang. Dia berjanji berlatih lebih keras lagi, untuk mentas di Olimpiade Paris 2024 mendatang.

"Yang pasti ini buat evaluasi juga sebelum ke Olimpiade dan kualifikasi. Mudah-mudahan kejuaraan ke depan semakin meningkat lagi angkatannya," kata Eko.

Baca Juga: Tambah 10 Emas, Indonesia Salip Kamboja di Klasemen SEA Games 2023

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya