Sirkuit Mandalika Tak Gelar Tes Pramusim MotoGP 2023

Sepang dan Portimao jadi tuan rumah tes pramusim MotoGP 2023

Jakarta, IDN Times - MotoGP telah mengumumkan lokasi untuk tes pramusim pada musim depan. Namun, sirkuit kebanggaan Indonesia, Mandalika, tidak termasuk di dalamnya.

Ya, rangkaian pramusim MotoGP 2023 telah dibocorkan. Acara itu akan dimulai pada awal Februari hingga pertengahan Maret.

"Sepang dan Portimao akan menjadi tuan rumah tes pramusim yang sangat penting!," bunyi pernyataan MotoGP di laman resminya.

Lalu, seperti apa jadwal lengkapnya? Berikut ulasannya.

1. Sirkuit Sepang jadi pembuka

Sirkuit Mandalika Tak Gelar Tes Pramusim MotoGP 2023GP Malaysia di sirkuit Sepang (motogp.com)

Sirkuit Sepang dijadwalkan sebagai pembuka tes pramusim MotoGP 2023. Aksi Marc Marquez dan kolega bakal dimulai pada 5-12 Februari mendatang.

Rinciannya adalah Shakedown Test pada 5-7 Februari 2023. Acara ini akan dilanjutkan Sepang Test pada 10-12 Februari 2023.

Baca Juga: Fans MotoGP Wajib Tahu! Ini 22 Buku tentang MotoGP Layak Koleksi

2. Portimao jadi host kedua

Sirkuit Mandalika Tak Gelar Tes Pramusim MotoGP 2023Potret Francesco Bagnaia, Joan Mir, dan Jack Miller di Sirkuit Algarve. (motogp.com)

Setelah keseruan di Sepang berakhir, pramusim MotoGP 2023 akan berlanjut ke Sirkuit Portimao. Rangkaian acara di Portugal akan bergulir para 11-19 Maret mendatang.

Tak seperti di Sepang, Portimao hanya menggelar satu agenda. Portimao Test pada 11-12 Maret 2023. Namun akan dilanjutkan dengan kelas Moto2 dan Moto3 pada 17-19 Maret 2023.

Baca Juga: 3 Pembalap MotoGP Pakai Helm Spesial di MotoGP Mandalika

3. Kenapa tidak di Mandalika?

Sirkuit Mandalika Tak Gelar Tes Pramusim MotoGP 2023Sirkuit Mandalika di NTB (IDN Times/Umi Kalsum)

Tidak heran kenapa Sirkuit Mandalika tidak ditunjuk untuk menggelar tes pramusim tahun depan. Sebab, kiprah Mandalika baru berusia jagung di MotoGP.

Musim lalu Mandalika memang menjadi tuan rumah tes pramusim. Itu karena sirkuit di Lombok tersebut baru melakukan debut di MotoGP 2022. Makanya, tes pramusim digelar di sana agar para pembalap tidak kaget dengan lintasannya.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya