Pau Gasol Datang di NBA Sebagai Pemain, Pergi Sebagai Legenda Lakers 

Dominasi pemain center

Jika membicarakan pemain basket dari Spanyol paling sukses maka jawabannya adalah Pau Gasol. Ia sudah berkarier menjadi pemain basket sejak di Spanyol dengan membela FC Barcelona Basketball.

Paul Gasol membela Barcelona selama tiga tahun dan berhasil mendapatkan berbagai prestasi sehingga namanya mulai dikenal di Eropa bahkan sampai terdengar di Amerika Serikat. Tentu hal ini memuluskan langkah Gasol yang ingin bermain di NBA.

Pada tahun 2001, Pau Gasol memutuskan untuk mengikuti NBA Draft dan berhasil terpilih pada urutan ketiga. Tim yang mendapatkan jasa pemain center berbakat ini adalah Atlanta Hawks kemudian pada waktu yang sama langsung di trade ke Memphis Grizzlies.

Musim debut Pau Gasol di NBA berjalan dengan mulus karena berhasil menjadi Rookie of the Year 2002. Ia berhasil menjelma sebagai pemain center dengan karier yang menjanjikan di NBA.

1. Berkarier dengan Los Angeles Lakers

Pau Gasol Datang di NBA Sebagai Pemain, Pergi Sebagai Legenda Lakers Pau Gasol saat bermain untuk tim Los Angeles Lakers (instagram.com/paugasol)

Pau Gasol berkarier dengan Memphis Grizzlies cukup lama. Ia menghabiskan waktu sekitar tujuh tahun sebelum akhirnya di-trade menuju Los Angeles Lakers. Gasol datang ke Lakers pada tahun 2008.

Kehadiran Pau Gasol bersama Lakers tentu akan memperkuat tim dan menjadi kandidat juara yang serius di NBA. Gasol sangat beruntung karena akan dilatih oleh pelatih legendaris dari Los Angeles Lakers yaitu Phil Jackson.

Phil Jackson akan mengubah permainan center berbakat ini menjadi lebih menakutkan dan berbahaya bagi tim lawan. Pau Gasol akan memulai perjalanan sebagai salah satu pemain tumpuan Lakers.

2. Menjadi rekan duet Kobe Bryant

Pau Gasol Datang di NBA Sebagai Pemain, Pergi Sebagai Legenda Lakers Pau Gasol dan Kobe Bryant (instagram.com/paugasol

Kobe Bryant yang telah lama kehilangan rekan duet sejak Shaquille O'Neal meninggalkan Los Angeles Lakers pada tahun 2004, akhirnya menemukan rekan duet baru. Pau Gasol menjadi rekan duet baru untuk Kobe dalam mengarungi ketatnya kompetisi NBA.

Hal yang membuat kedua pemain ini makin menyatu adalah Kobe ternyata sangat fasih untuk berbicara bahasa Spanyol. Tentu, hal tersebut bisa meminimalisir terjadinya kesalahpahaman di antara rekan duet baru ini baik di dalam lapangan atau di luar lapangan.

Baca Juga: Kenangan Tentang Kobe Bryant: Sosok yang Sulit Dihentikan

3. Menjadi juara secara back to back

Pau Gasol Datang di NBA Sebagai Pemain, Pergi Sebagai Legenda Lakers Pau Gasol (instagram.com/paugasol)

Pada musim pertamanya sebagai pemain Lakers, Pau Gasol berhasil membawa tim tersebut juara pada tahun 2009. Gasol sungguh memberikan efek yang positif terhadap permainan Lakers. Ia juga berhasil menjadi salah satu pemain kunci dalam tim.

Tidak berhenti di situ saja, Gasol berhasil membawa Lakers menjadi juara lagi pada tahun 2010. Ia membutikan dirinya merupakan kepingan puzzle yang berhasil melengkapi tim Lakers. Pemain asal Spanyol ini menjelma sebagai sosok pemain center yang menakutkan dan dominan ketika dalam lapangan.

4. Berpisah dengan Lakers

https://www.youtube.com/embed/WjR5go5y8wk

Pengabdian Pau Gasol bersama Lakers cukup lama. Ia menghabiskan waktu selama enam tahun. Selama bermain untuk Lakers, Gasol sudah mempersembahkan dua kali gelar juara secara berturut-turut. Pemain asal Spanyol ini berhasil mengukir sejarah di NBA bersama Lakers.

Pada tahun 2014, Gasol harus meninggalkan tim Los Angeles Lakers untuk bermain bersama Chicago Bulls. Setelah itu, ia juga bermain untuk tim-tim besar seperti San Antonia Spurs dan Miwaukee Bucks.

Setelah bermain di NBA selama 20 tahun, Pau Gasol memutuskan untuk kembali membela tim pertamanya di Spanyol yaitu Barcelona tahun 2021. Pada tahun yang sama, ia juga memutuskan untuk pensiun dari dunia basket profesional.

5. Wujud terima kasih Lakers kepada Pau Gasol

Kontribusi Pau Gasol terhadap Lakers selama di NBA sangatlah luar biasa. Tim Lakers berencana akan membuatkan perayaan untuk mengistirahatkan jersey dengan nomor punggung 16 sebagai bentuk terima kasih kepada sang pemain.

Acara tersebut rencananya akan digelar pada 7 maret tahun 2023 mendatang. Hanya ada beberapa pemain Lakers yang nomor punggungnya diistirahatkan. Hal ini merupakan pencapaian luar biasa bagi pemain asal Spanyol yang satu ini di NBA.

Pau Gasol merupakan sosok pemain yang sangat layak disebut sebagai legenda. Kontribusi Gasol terhadap NBA khususnya tim Lakers sangat luar biasa. Membawa Lakers menjadi juara secara beruntun menjadi bukti bagaimana dominasi pemain yang satu ini ketika masih aktif di NBA.

Baca Juga: Los Angeles Lakers Akan Pensiunkan Nomor 16 Milik Pau Gasol

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya