Comscore Tracker

5 Pemain Aktif yang Mencetak Rataan Assists Terbanyak di Final NBA

Bintang NBA semuanya!

Final NBA adalah impian bagi seluruh pemain NBA. Banyak pemain NBA yang merasakan ketatnya persaingan dan tensi tinggi sepanjang pertandingan final. Para pemain saling bergantian untuk mencetak poin dan assists demi kemenangan.

Pemain dengan keahlian membuat assists sangat dibutuhkan dalam permainan bola basket. Pada partai Final NBA ada banyak nama pemain yang masuk dalam daftar pembuat rataan assists terbanyak dan hanya beberapa yang masih aktif bermain. Berikut ini daftar pemain aktif NBA yang mencetak rataan assists terbanyak pada Final NBA.

1. LeBron James (Final NBA 2017/2018)

5 Pemain Aktif yang Mencetak Rataan Assists Terbanyak di Final NBALeBron James (nba.com)

LeBron James merupakan bintang NBA yang saat ini Bermain di tim Los Angeles Lakers. Ia sebelum bergabung dengan Lakers merupakan pemain kunci dari tim Cleveland Cavaliers. 

Ia berhasil membawa Cleveland Cavaliers melaju ke babak Final NBA 2018. LeBron merupakan pemain yang bisa bermain di posisi mana saja karena memiliki kemampuan di atas rata-rata.

LeBron tampil sangat dominan pada partai final dan sebagai orang yang mengatur serangan tim Cleveland. Ia pada partai final tersebut menjadi point guard yang sebenarnya bukan posisi aslinya. Ia berkontribusi cukup baik dengan membuat rata-rata 10,0 assists per pertandingan dalam 4 laga final tersebut.

Tim Cleveland harus kalah secara telak dari Golden State Warriors pada partai final. Walaupun kalah, ia membuat rataan assists tertinggi untuk pemain yang masih aktif bermain di NBA.

2. Jimmy Butler (Final NBA 2019/2020)

5 Pemain Aktif yang Mencetak Rataan Assists Terbanyak di Final NBAJimmy Butler (nba.com)

Jimmy Butler merupakan pemain senior untuk Miami Heat dan ia adalah pemain bintang di Miami Heat. Ia merupakan pemain yang sangat disiplin dalam hal bertahan dan mempunyai kemampuan menyerang sama baiknya.

Butler berhasil membawa Miami Heat melaju hingga partai Final NBA 2020 dan bertemu Lakers. Ia mempunyai jiwa kepemimpinan yang luar biasa karena bisa mengatur rekan satu timnya untuk mempersulit Lakers di final.

Butler menjadi otak penyerangan tim Heat di final tersebut dan membuat rataan 9,8 assists per pertandingan dalam 6 laga final. Ia tampil luar biasa tetapi harus mengakui kemenangan Lakers pada final tersebut. 

3. Stephen Curry (Final NBA 2016/2017)

5 Pemain Aktif yang Mencetak Rataan Assists Terbanyak di Final NBAStephen Curry (nba.com)

Stephen Curry adalah pemain bintang dari Golden State Warriors yang berposisi sebagai point guard. Ia merupakan tumpuhan serangan Warriors yang jenius dan merupakan salah satu point guard terbaik di NBA.

Curry sering membawa Golden State Warriors untuk menjadi kandidat juara pada setiap musimnya. Pada tahun 2017, dia berhasil membawa Warriors melaju ke partai final untuk bertemu Cleveland Cavaliers. Ia dikenal sebagai pemain yang pandai memberi umpan kepada rekan satu timnya yang mempunyai posisi yang tidak terjaga lawan untuk mencetak poin.

Curry pada partai final tersebut mengatur penyerangan Warriors dengan memberikan assists yang cerdik. Ia membuat rata-rata 9,4 assists per pertandingan dalam 5 laga final.

Curry lagi-lagi memimpin Warriors mengalahkan tim Cavaliers di partai final dan mengulangi final tahun 2015. Ia berhasil mendapatkan cincin juara NBA kedua miliknya.

4. Jrue Holiday (Final NBA 2020/2021)

5 Pemain Aktif yang Mencetak Rataan Assists Terbanyak di Final NBAJrue Holiday (nba.com)

Jrue Holiday adalah pemain dari tim Milwaukee Bucks yang mempunyai posisi sebagai point guard. Walaupun sebagai point guard, ia memiliki kemampuan bertahan yang sangat baik. Ia merupakan pemain senior dengan segudang pengalaman di Milwaukee Bucks.

Ia berhasil menggabungkan permainan bertahan dan menyerang sehingga bisa membantu Bucks di NBA. Pada tahun 2021, ia membantu tim Milwaukee Bucks berada di partai final untuk bertemu tim Phoenix Suns.

Jrue bermain sangat baik dengan memberikan assists kepada rekan-rekan satu timnya. Ia membuat rata-rata 9,3 assists per pertandingan dalam 6 laga partai final. Ia berhasil membawa Bucks menjadi juara NBA untuk kedua kalinya setelah terakhir kalinya Bucks juara tahun 1971.

5. Draymond Green (Final NBA 2018/2019)

5 Pemain Aktif yang Mencetak Rataan Assists Terbanyak di Final NBADraymond Green (nba.com)

Draymond Green merupakan pemain bintang Golden State Warriors yang berperan sebagai power forward. Ia terkenal sebagai pemain yang keras dan cenderung kasar dalam pertandingan. Walaupun memiliki permainan keras, ia merupakan pemain yang pandai dalam memberi assists kepada rekan satu tim.

Dia berhasil membawa Warriors ke partai final NBA 2019 untuk bertemu tim Toronto Raptors. Ia membuat rata-rata 9,3 assists per pertandingan dalam enam laga final. Meskipun tampil meyakinkan dengan mencetak jumlah assists yang tinggi, Green gagal membawa Warriors meraih kemenangan atas Toronto Raptors. Pada partai final tersebut Warriors harus kalah dari Toronto Raptors.

 

Para pemain yang masih aktif bermain di NBA, mereka berkontribusi terhadap tim yang dibelanya dengan memberikan assists kepada rekan satu tim dan membantu permainan tim. Mereka masih berpeluang untuk menambah jumlah rataan assists jika berhasil masuk Final NBA pada musim berikutnya. 

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya