Comscore Tracker

5 Pemain NBA yang Berganti Nomor Punggung di Tim yang Sama

Rata-rata jadi pemain legendaris dengan banyak prestasi

Nomor punggung bagi seorang pemain basket merupakan salah satu tanda pengenal ketika berada di dalam lapangan. Tak jarang nomor punggung menjadi sangat ikonik dan menambah nilai jual bagi pemain.

Meski begitu, ada beberapa pemain NBA yang pernah mengganti nomor punggung saat bermain untuk tim yang sama. Mereka tentu punya pertimbangan sendiri ketika memutuskan untuk menggantinya. 

Berikut pemain NBA yang berganti nomor punggung di tim yang sama.

1. Kobe Bryant (8 dan 24)

5 Pemain NBA yang Berganti Nomor Punggung di Tim yang SamaKobe Bryant (nba.com)

Kobe Bryant merupakan salah satu legenda basket paling berpengaruh. Ia memulai perjalanan di liga basket profesional dengan mengikuti NBA Draft 1996.

Bryant menjadi pemain debutan di Los Angeles Lakers dengan mengenakan nomor punggung 8. Ia memilih nomor itu karena pernah mengikuti Adidas ABCD Camp di Italia. Saat itu, pemain berjuluk Black Mamba itu menggunakan seragam 143, yang jika ditambahkan menjadi 8.

Dengan nomor punggung 8, Kobe Bryant berhasil membawa Lakers menjadi juara selama 3 musim berturut-turut. Namun, pada 2007, ia mengganti nomor punggung 8 menjadi 24. Ia memilih 24 karena nomor tersebut pernah dipakai saat masih bersekolah di Lower Merion High School.

Pergantian nomor punggung tersebut menghasilkan gelar bagi Lakers. Bryant sukses menjadi juara secara berturut-turut pada 2009 dan 2010.

Kobe Bryant menghadirkan lima gelar juara NBA selama berkostum Los Angeles Lakers. Tim akhirnya mengistirahatkan nomor 8 dan 24 sebagai bentuk penghormatan untuk pemain kelahiran Philadelphia tersebut pada 2017.

2. LeBron James (23 dan 6)

5 Pemain NBA yang Berganti Nomor Punggung di Tim yang SamaLeBron James (nba.com)

LeBron James merupakan salah satu pemain paling dominan yang masih aktif di NBA. Ia adalah pemain yang sangat ikonik dengan nomor punggung 23. James memilih nomor punggung tersebut karena kagum dengan Michael Jordan.

Pada 2010, pemain berjuluk King James itu memutuskan untuk pindah dari Cleveland Cavaliers ke Miami Heat. Ia akhirnya berganti nomor punggung dari 23 ke 6. Hal tersebut terjadi karena Heat telah memensiunkan nomor 23 untuk menghormati jasa Michael Jordan selama di NBA.

LeBron James menggunakan nomor punggung 6 untuk menghormati putra sulungnya, LeBron James Jr, yang lahir pada 6 Oktober 2004. Bersama Miami Heat, James sendiri sukses mempersembahkan dua gelar juara NBA.

LeBron James sempat kembali ke Cleveland Cavaliers pada 2015, tetapi pindah lagi ke Los Angeles Lakers pada 2018. Ia menggunakan nomor punggung 23 pada awal kepindahannya dan sukses mendapatkan satu gelar juara bersama Lakers.

Pada 2021/2022, pemain basket asal Akron ini kembali menggunakan nomor punggung 6 karena ingin menyerahkan nomor 23 kepada Anthony Davis. Selain itu, ada urusan pemasaran juga. Sebab, pada tahun yang sama, ia membintangi film Space Jam 2. LeBron James bermain di film tersebut menggunakan nomor punggung 6.

3. Paul George (24 dan 13)

5 Pemain NBA yang Berganti Nomor Punggung di Tim yang SamaPaul George (nba.com)

Paul George adalah pemain yang saat ini membela Los Angeles Clippers di NBA. George memulai karier profesional dengan mengikuti NBA Draft 2010 dengan membela Indiana Pacers.

Saat masih menjadi rookie, George menggunakan nomor punggung 24 di Pacers. Hal tersebut terjadi karena ia merupakan penggemar Kobe Bryant.

George bertahan selama beberapa musim saja dengan nomor punggung 24. Pada 2014, ia memutuskan mengubah nomor punggung menjadi 13.

Paul George mendapat inspirasi dari Bill Simmons yang merupakan analis olahraga dan pendiri situs The Ringer. Simmons menyebut bahwa nama Paul George akan terlihat sangat keren jika menggunakan nomor punggung 13 sehingga orang-orang bisa menyebutnya PG-13.

Ide dari Bill Simmons mendapat tanggapan positif dari Paul George sehingga setuju menggunakan nomor punggung 13 hingga saat ini. Ia terlihat makin ikonik dengan nomor punggung barunya di NBA.

4. Charles Barkley (34 dan 32)

5 Pemain NBA yang Berganti Nomor Punggung di Tim yang SamaCharles Barkley (nba.com)

Charles Barkley merupakan legenda NBA yang saat ini menjadi penyiar di NBA on TNT. Barkley memulai karier di liga basket profesional dengan mengikuti NBA Draft 1984. Ia dipilih oleh Philadelphia 76ers.

Pada musim perdananya, Barkley menggunakan jersei dengan nomor punggung 34. Bersama Sixers, ia tampil luar biasa dan menjadi sangat ikonik di atas lapangan dengan nomor punggung tersebut. 

Pada 1991/1992, Charles Barkley memutuskan untuk mengganti nomor punggung dari 34 menjadi 32. Hal tersebut terjadi karena Barkley menghormati Magic Johnson yang saat itu baru saja mengumumkan terkena virus HIV/AIDS.

Barkley hanya bertahan semusim saja menggunakan nomor punggung 32 karena itu merupakan tahun terakhirnya membela Philadelphia 76ers. Ia memutuskan untuk bermain di Phoenix Suns pada musim berikutnya.

5. Michael Jordan (12, 45, dan 23)

5 Pemain NBA yang Berganti Nomor Punggung di Tim yang SamaMichael Jordan (nba.com)

Michael Jordan merupakan pemain basket paling sukses di dunia. Ia memulai perjalanan basket profesional dengan mengikuti NBA Draft 1984. Ia dipilih oleh Chicago Bulls.

Ketika Michael Jordan menjadi pemain debutan di NBA, ia menggunakan jersei dengan nomor punggung 23. Pada 1990, saat Chicago Bulls menghadapi Orlando Magic, ada kejadian unik. Seragam Michael Jordan dicuri seseorang di ruang ganti pemain. 

Chicago Bulls tidak membawa jersei cadangan dengan nomor punggung Jordan. Hanya tersisa nomor punggung 12. Mau tidak mau, Michael Jordan harus bertanding dengan menggunakan nomor punggung tersebut. 

Michael Jordan lalu mengumumkan pensiun pada 1993. Ia absen dari dunia basket saat masih berada di puncak karier. Namun, pada 1995, Jordan kembali untuk tampil bersama Chicago Bulls dengan menggunakan nomor punggung 45.

Ia hanya menggunakan nomor punggung tersebut selama 22 pertandingan saja. Jordan kembali ke nomor ikoniknya, 23, selama sisa kariernya.

Kelima pemain NBA di atas pernah berganti nomor punggung saat masih membela tim yang sama. Meski berganti nomor, mereka tetap diingat oleh para penggemar basket karena penampilan yang luar biasa dan kontribusi yang besar bagi tim.

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya