Aturan Baru MotoGP Mandalika, Penonton Dibatasi Hanya 60 Ribu

Sebelumnya MotoGP bisa disaksikan 100 ribu penonton

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo, kembali menurunkan batas jumlah penonton MotoGP Mandalika 2022. Kini, jumlah tersebut dibatasi hanya 60 ribu orang saja.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam rapat evaluasi PPKM, Minggu (27/2/2022). Keputusan itu didasari oleh kondisi penyebaran COVID-19 di Nusa Tenggara Barat (NTB) saat ini.

"Arahan Bapak Presiden terkait dengan Mandalika yang semula penontonnya 100 ribu, maka diturunkan menjadi 60 ribu dengan situasi yang ada sekarang," kata Airlangga dalam konferensi pers virtual.

1. Kasus aktif COVID-19 di NTB tembus 3.200

Aturan Baru MotoGP Mandalika, Penonton Dibatasi Hanya 60 Ribuilustrasi virus corona (IDN Times/Aditya Pratama)

Airlangga mengatakan, jumlah kasus aktif COVID-19 di NTB saat ini mencapai 3.200 orang. Adapun tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) di provinsi tersebut mencapai 20 persen.

"Dari segi jumlah kasus di NTB 3.200, dan BOR 20 persen, ini di bawah nasional," kata Airlangga.

Baca Juga: Pemeritah Bayar Rp200 Miliar untuk Boyong MotoGP ke Sirkuit Mandalika

2. Tingkat vaksinasi booster di NTB baru 2,6 persen

Aturan Baru MotoGP Mandalika, Penonton Dibatasi Hanya 60 Ribuilustrasi vaksin booster (IDN Times/Aditya Pratama)

Namun demikian, Airlangga mencatat, tingkat vaksinasi dosisi ketiga atau booster di NTB masih 2,6 persen saja. Sementara, untuk jumlah vaksinasi dosis kedua kini mencapai 65,3 persen dan dosis pertama berada di angka 91,4 persen, 

"Terkait dengan persiapan MotoGP, ini terlihat di Mataram, vaksinasinya sudah 115 persen dosis pertama, dosis kedua 84 persen. Secara keseluruhan Lombok Tengah 91,5 persen dosis pertama, dan dosis kedua 74 persen. Vaksin ketiga 1,2 persen," ujar pria berusia 59 tahun itu

3. Kapasitas penonton MotoGP Mandalika berulang kali dirombak

Aturan Baru MotoGP Mandalika, Penonton Dibatasi Hanya 60 RibuPembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez memacu sepeda motornya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022) (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Awalnya, Jokowi sempat memutuskan jika MotoGP Mandalika yang akan digelar pada 18-20 Maret mendatang, bisa disaksikan 63 ribu orang. Namun, pada Januari 2022, dia menambah kapasitasnya menjadi 100 ribu orang. 

Usai mengumumkan hal itu, Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 8 Tahun 2022 pun diterbitkan. Keputusan itu diperkuat dengan diterbitkannya aturan dalam pencegahan dan penanggulangan COVID-19 pada penyelenggaraan MotoGP. Mandalika.

Kini, keputusan itu pun kembali direvisi. Melihat grafik pandemik COVID-19 masih belum menunjukkan penurunan, Jokowi pun kembali mengurangi jumlah penonton MotoGP Mandalika, menjadi 60 ribu penonton.

Baca Juga: Ini Cara Dapat Diskon 10 Persen Beli Tiket MotoGP untuk Warga NTB

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya