Presiden Jokowi: Saya Tidak Rela Atlet Indonesia Dicemooh 

Jokowi ingin Asian Games diulang dan ingin naik moge lagi

Surabaya, IDN Times- Presiden Republik Indonesia Joko "Jokowi" Widodo mengatakan dirinya tidak rela bila atlet yang sudah bersusah payah mengharumkan nama bangsa melalui Asian Games 2018 dicemooh. Apalagi, bila dituding mereka mendapat medali karena Indonesia sebagai tuan rumah.  

"Saya tidak rela ada yang mencemooh prestasi saudara-saudara (para atlet), dikatakan kita sebagai tuan rumah diuntungkan. Semua yang jadi tuan rumah pasti diuntungkan," ujar Jokowi sebagaimana dilansir dari kantor berita Antara saat bersilaturahmi dengan mereka yang meraih medali di Istana Negara, Jakarta, Minggu (2/9).  

1. Jokowi tegaskan Indonesia raih banyak medali bukan karena tuan rumah

Presiden Jokowi: Saya Tidak Rela Atlet Indonesia Dicemooh (Presiden Joko Widodo (kanan) menyalami dan memberikan buku tabungan kepada lifter Eko Yuli Irawan (kiri) saat pemberian bonus kepada atlet peraih medali di Istana Negara) ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Di hadapan para menteri dan Wakil Presiden Republik Indonesi Jusuf Kalla, orang nomor satu di Indonesia itu menegaskan bahwa torehan 98 medali yang berhasil diboyong itu karena atlet yang bertanding sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin, bukan karena tuan rumah  

"Saya tidak rela kata-kata seperti itu karena saya tahu perjuangan saudara-saudara, saya tahu kerja kerasnya lari sana lari sini karena saya tahu prestasi saudara-saudara adalah buah dari kerja keras," tuturnya.

"Saudara-saudara mempersiapkan ini bertahun-tahun, latihan, kerja keras tanpa kenal lelah, menempa diri dalam berbagai training, try out, kompetisi, dalam dan luar negeri yang selalu terus diikuti, artinya mengorbankan waktu jauh dari keluarga dan teman-teman," ungkap Presiden.

2. Jokowi ingin meraih 31 medali emas lagi

Presiden Jokowi: Saya Tidak Rela Atlet Indonesia Dicemooh (Presiden Joko Widodo (kedua kanan) bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla melihat isi buku tabungan saat pemberian bonus kepada atlet peraih medali di Istana Negara) ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Bagi mantan Gubernur DKI Jakarta itu, adalah hal yang berat untuk menyudahi Asian Games. Betapa dia ingin Asian Games diulang kembali supaya ia menyaksikan bagaimana para atlet meraih 31 medali emas lagi.  

"Kita tahu Asian Games akan ditutup sore ini, tapi rasanya kita ingin melakukan upacara pembukaan Asian Games lagi. Saya ingin naik motor lagi. Saya ingin ada tambahan 31 medali emas lagi. Saya juga ingin terus melihat merah putih dikibarkan dan lagu Indonesia Raya terus dikumandangkan," ungkap dia di hadapan para sang juara.  

3. Jokowi hargai segala tetes keringat para juara

Presiden Jokowi: Saya Tidak Rela Atlet Indonesia Dicemooh (Presiden Joko Widodo memberikan bonus kepada para atlet yang meraih medali di Asian Games 2018) ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Lebih dari itu, Jokowi mengapresiasi segala upaya yang telah dilakukan para atlet untuk mengharumkan nama bangsa. "Saya juga mengerti saudara-saudara hampir tak kuat untuk berdiri, tak henti berjuang untuk negara dan ke mana-mana saudara adalah kebahagiaan untuk Indonesia, tangis kekalahan saudara juga pemersatu Indonesia, beban yang harus kita pikul bersama," papar dia.  

Karenanya, pada kesempatan silaturahmi itu, Jokowi menunaikan janjinya untuk memberikan bonus kepada para atlet dan pelatih serta asisten pelatih yang berhasil memboyong medali bagi tuan rumah.  

Baca Juga: Cair Pekan Depan, Ini Rincian Bonus Para Peraih Medali

4. Presiden puji kesiapan dari penyelenggara

Presiden Jokowi: Saya Tidak Rela Atlet Indonesia Dicemooh INASGOC/Dhoni Setiawan

Terakhir, Jokowi merasa puas dengan pihak-pihak terkait yang secara totalitas mempersiapkan Asian Games, baik dari segi infrastruktur hingga persiapan para atlet.  

"Kita tahu kita hanya diberikan waktu singkat hanya 3,5 tahun untuk menyiapkan infrastruktur fasilitas olahraga internasional, negara lain punya waktu 8-10 tahun kita hanya 3,5 tahun. Pak Wapres dan Pak Menteri hampir setiap hari dan setiap minggu datang melihat venue, saya juga cek, ini manajemen yang sudah kita hadirkan dari negara kita untuk mempersiapkan perhelatan besar Asian Games 2018," cerita dia.  

Baca Juga: Tunaikan Janji, Jokowi Serahkan Bonus Peraih Medali Asian Games 2018

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya