Ramalan Petenis Unggulan China Soal Masa Depan Aldila Sudjiati

Tak diunggulkan, Aldila justru melaju ke babak 16 besar

Palembang, IDN Times- Petenis unggulan China untuk nomor tunggal putri, Qiang Wang, berhasil mengalahkan petenis tuan rumah Aldila Sudjiati pada babak 8 besar di Jakabaring Sport City, Palembang, Rabu (22/8). Qiang berhasil mengamankan posisinya di semifinal setelah memenangkan dua set langsung.

Petenis asal China itu mengakui bahwa Aldila bukan lawan yang mudah. Padahal, secara peringkat dunia, Qiang menempati posisi 53 sedangkan Aldila berada pada peringkat 631.

"Ini memang baru pertama kalinya saya bertemu dia. Tapi dia tadi bermain dengan sangat bagus," katanya kepada IDN Times seusai pertandingan, Rabu (22/8).

Meski petenis kelahiran 1992 memenangkan laga dua set langsung, pertandingan berjalan alot. Pada set pertama, Qiang sempat unggul 4-1. Kemudian, Aldila berhasil menyamakan kedudukan 4-4 sebelum akhirnya ia kalah dengan kedudukan 6-4.

Begitu pula pada set kedua. Aldila sempat memimpin 2-1 di awal laga. Harapan sempat datang seiring teriakan suporter meneriakkan seruan "Ayo Aldila bisa!".

Namun, mau tidak mau, Aldila harus mengakui kehebatan Qiang pada set kedua dengan kedudukan 6-3.

Lantas, bagaimana pendapat dan ramalan Qiang soal Aldila di masa datang? Mengingat Aldila masih berusia 23 tahun.

1. Qiang mengakui kehebatan Aldila di usianya yang masih muda

Ramalan Petenis Unggulan China Soal Masa Depan Aldila SudjiatiIDN Times/Vanny El Rahman

Untuk diketahui, Qiang pernah menjuarai Asian Games 2014 untuk cabang tunggal putri. Kemudian, sejak tahun 2015, ia sudah berkecimpung dalam Grand Slam.

Di usianya yang ke-26, Qiang mengakui kemampuan Aldila. "Dia masih muda (usia 23 tahun). Ketika saya seusianya, saya tidak bisa seperti itu," terangnya.

2. Aldila disebut sebagai pemain yang cerdas

Ramalan Petenis Unggulan China Soal Masa Depan Aldila SudjiatiInstagram/@dila11

Kemudian, Qiang memprediksi Aldila akan menjadi bintang tenis Indonesia di masa mendatang. Hal itu ia lihat setelah beberapa kali Aldila menahan servis kencangnya yang memiliki kekuatan hingga 183 kilometer/jam.

"Aku pikir dia bakal menjadi pemain yang hebat. Dia memiliki sevis yang bagus, dia bisa mengembalikan bola dengan bagus. Dan dia bermain dengan sangat cerdas. Dia luar biasa," tutur Qiang.

Baca Juga: Aldila Sutjiadi, Harapan Terakhir Tenis Tunggal Putri Indonesia

3. Aldila termotivasi dengan pernyataan Qiang

Ramalan Petenis Unggulan China Soal Masa Depan Aldila SudjiatiInstagram/@dila11

Aldila berhasil tampil mengejutkan pada Asian Games 2018. Sebagai petenis yang tidak diunggulkan, ia justru melaju hingga babak 16 besar. Ia mampu membenamkan petenis asal Thailand dan Jepang.

"Seneng dong kalau dia berkata seperti itu. Artinya aku masih punya banyak hasil yg lebih bagus ke depannya dan semoga aja akan seperti dia," harapnya.

Pada kesempatan yang sama, alumni University of Kentucky ini juga menyampaikan permohonan maafnya karena belum bisa memberikan medali bagi tuan rumah.

"Saya sudah berusaha yang terbaik. Memang lawan mainnya lebih baik. Bola-bolanya juga lebih sulit. Ini tentu menjadi motivasi saya ke depannya," ucapnya.

Semangat terus, Aldila! 

Baca Juga: 10 Potret Aldila Sutjiadi, Petenis Masa Depan Indonesia

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya