Comscore Tracker

Tunaikan Janji, Jokowi Serahkan Bonus Peraih Medali Asian Games 2018

Uang ratusan juta dan hadiah dari negara menanti para atlet

Surabaya, IDN Times- Presiden Republik Indonesia Joko "Jokowi" Widodo menyerahkan bonus kepada para atlet yang berhasil memboyong medali pada perhelatan Asian Games 2018 di Istana Negara, Jakarta, Minggu (2/9).  

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Indonesia itu menyampaikan rasa terima kasih atas pencapaian para atlet. 

"Terima kasih atas sejarah emas yang ditorehkan, karena itu saya sampaikan kemarin ke Menpora, bonus atlet peraih medali saya ingin berikan secepatnya sebelum acara penutupan dilakukan," kata Jokowi sebagaimana dikutip dari kantor berita Antara.  

1. Presiden bersilaturahmi dengan para atlet

Tunaikan Janji, Jokowi Serahkan Bonus Peraih Medali Asian Games 2018(Presiden Joko Widodo memberikan bonus kepada para atlet yang meraih medali di Asian Games 2018) ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Jokowi tidak sendiri pada momen silaturahmi itu. Dia bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Ibu Mufidah Kalla beserta Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi menyambut kedatangan para atlet.  

Jokowi juga sempat bergurau dengan para "pahlawan" bangsa itu.  "Kalau pagi ini atau siang nanti atau sore nanti masih ada tambahan medali, akan saya berikan langsung juga di sini, tahu-tahu ada tambahan emas saya berikan di sini, siapa tahu," ujarnya. 

2. Lebih dari target pencapaian 16 medali emas

Tunaikan Janji, Jokowi Serahkan Bonus Peraih Medali Asian Games 2018ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Adapun total medali yang diraih Indonesia hingga hari ini adalah 98 medali dengan catatan, 31 medali emas, 24 medali perak, dan 43 medali perunggu. Presiden mengaku senang karena medali yang didapat lebih dari target awal yang hanya 16 medali.  

"Itu juga banyak yang sanksi, banyak yang pesimis, saya 'ngomong' bolak-balik ke pak Wapres, angka ini benar tidak 16 (emas) apa perlu kita hitung lagi? Optimis boleh tapi juga harus realistis hitungannya, eh malah ada yang mengatakan tambah lagi 4 (emas), 16 (emas) saja deg-degan, ini masih mau ditambah lagi, tapi hari ini bukti itu benar nyata, 98 medali emas, perak dan perunggu bisa kita peroleh dari seluruh cabang olahraga," terang Presiden menjawab keraguan publik.  

3. Ini besaran hadiah untuk para atlet

Tunaikan Janji, Jokowi Serahkan Bonus Peraih Medali Asian Games 2018(Presiden Joko Widodo (kanan) menyalami dan memberikan buku tabungan kepada lifter Eko Yuli Irawan (kiri) saat pemberian bonus kepada atlet peraih medali di Istana Negara) ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Secara simbolis, presiden menyerahkan buku tabungan berisi bonus kepada para atlet. Buku tabungan itu diberikan kepada Eko Yuli Irawan (angkat besi), Puspa Arum Sari (pencak silat), Aries Susanti Rahayu (panjat tebing). Perwakilan dari peraih perak adalah Sri Wahyuni (angkat besi), Aspar (panjat tebing), Alexander Elbert Sie (soft tenis). Sedangkan dari perunggu diwakili oleh Nining Purwaningsih (sepeda downhill), Amri Rusdana (pencak silat) dan Bunga Imas (skateboard).  

Untuk diketahui, peraih medali emas diberikan bonus Rp1,5 miliar untuk nomor tunggal. Adapun untuk pasangan atau berganda, meraih Rp1 miliar perorang dan Rp750 juta per orang untuk beregu. Bagi mereka yang mendulang emas, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimulyono, akan memberikan rumah tipe 36 seharga Rp70-100 juta.  

Bagi peraih medali perak, bonus untuk atlet tunggal senilai Rp500 juta dan Rp400 juta untuk perak, dan Rp300 juta untuk perunggu. Sedangkan, untuk peraih perunggu mendapat Rp250 juta untuk tunggal, Rp200 juta untuk ganda, dan Rp150 juta untuk beregu.  

4. Hadiah kepada para pelatih

Tunaikan Janji, Jokowi Serahkan Bonus Peraih Medali Asian Games 2018(Pelatih tim bulu tangkis Indonesia Herry Iman Pierngadi (tengah)) ANTARA FOTO/INASGOG/Hadi Abdullah

Bukan hanya atlet yang berbahagia, Para pelatih juga mendapa bonus pada kesempatan kali ini. Bagi pelatih beregu yang mendapat emas dihadiahi Rp600 juta, Rp200 juta untuk perak, dan Rp100 jua untuk perunggu. Untuk setiap medali kedua dan seterusnya diberikan Rp225 juta untuk emas, Rp75 juta untuk perak, dan Rp37,5 untuk perunggu.  

Adapun asisten pelatih, baik untuk perseorangan atau ganda, mendapatkan hadiah Rp300 juta untuk emas, Rp100 juta untuk perak, dan Rp50 juta untuk perunggu. Para asiste pelatih beregu mendapatkan Rp375 juta untuk emas, Rp125 juta untuk perak, dan Rp62,5 juga untuk perunggu. Untuk medali kedua dan seterusnya para asisten pelatih akan mendapat Rp150 juta untuk emas, Rp50 juta untuk perak, dan Rp25 juta untuk perunggu.  

Wah, selamat ya, maju terus olahraga Indonesia!

Line IDN Times

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You