5 Pemain Legenda yang Pernah Berseragam Juventus dan Napoli

Tak semuanya punya karier cemerlang di kedua klub

Duel panas akan tersaji pada giornata ke-14 Serie A Italia yang akan mempertemukan Juventus dan Napoli pada Sabtu (9/12/2023) WIB. Ini akan menjadi pertemuan ke-181 mereka selama lebih dari 90 tahun sejak kedua klub pertama kali bertemu. Laga ini menjanjikan pertarungan sengit untuk bertahan di jajaran papan atas klasemen sementara kasta tertinggi Liga Italia.

Dalam sejarah kedua klub, mereka cukup sering melakukan pertukaran pemain. Beberapa pemain terkenal yang diakui sebagai legenda sepak bola pernah bermain di kedua kesebelasan pada periode yang berbeda-beda. Mereka berhasil meraih berbagai titel bergengsi di level klub ataupun individu.

Berikut 5 pemain legenda yang pernah berseragam Juventus dan Napoli.

1. Dino Zoff raih kejayaan bersama Juventus saat usianya sudah lebih dari 30 tahun

5 Pemain Legenda yang Pernah Berseragam Juventus dan NapoliDino Zoff (juventus.com)

Sebelum Gianluigi Buffon, Italia pernah memiliki kiper legendaris bernama Dino Zoff. Ia diakui sebagai kiper terbaik pada zamannya dengan menjuarai Piala Dunia 1982 Spanyol sekaligus menjadi pemain tertua yang memenangi kompetisi tersebut pada usia 40 tahun. Selain itu, dirinya juga mengantarkan Gli Azzurri menjuarai Euro 1968.

Sebelum mengabdikan diri untuk Juventus selama 9 tahun, Zoff pernah bermain bersama Napoli pada 1967–1972. Dia dengan cepat membuktikan dirinya sebagai kiper yang dapat diandalkan dan dominan di bawah mistar gawang. Pada tahun 1972, ia diboyong ke Juventus meskipun saat itu ia telah berusia 30 tahun.

Zoff dengan cepat beradaptasi ke dalam skuad I Bianconeri dan menjadi salah satu pemain penting dalam kejayaan di kancah domestik ataupun Eropa. Selama 9 musim kariernya di Turin, ia berhasil menjuarai berbagai gelar yang terdiri dari 1 kali Piala UEFA, 6 kali Scudetto, dan 2 kali Coppa Italia. Dirinya menjadi bukti bahwa umur bukanlah halangan baginya untuk meraih prestasi.

2. Lahir dari akademi Napoli, Ciro Ferrara berhasil meraih berbagai gelar juara bersama kedua klub

5 Pemain Legenda yang Pernah Berseragam Juventus dan NapoliCiro Ferrara saat menjuarai Piala UEFA pada 1988/1989 bersama Napoli. (uefa.com)

Ciro Ferrara merupakan salah satu legenda sepak bola Italia yang selama kariernya hanya bermain di dua klub, yaitu Napoli dan Juventus. Pemain yang bermain sebagai bek tengah ini memulai karier sepak bolanya sebagai pemain akademi Napoli dan dipromosikan ke tim senior pada 1983. Selama 11 tahun kariernya bersama Il Partenopei, ia meraih lima gelar juara yang meliputi 2 kali juara Serie A Italia, 1 kali juara Coppa Italia, 1 kali juara Piala UEFA, dan 1 gelar juara Supercoppa Italiana.

Setelah meraih kejayaan bersama Napoli, Ferrara kemudian hengkang ke Juventus pada 1994. Ia bergabung saat masa kejayaan I Bianconeri hingga menjuarai Liga Champions Eropa pada 1995/1996, UEFA Supercup pada 1996/1997, dan Piala Interkontinantal pada 1996 yang kini dikenak sebagai Piala Dunia Antarklub. Di level domestik, dirinya mengoleksi lebih banyak trofi dengan 5 kali juara Serie A Italia, 4 kali juara Supercoppa Italiana, dan 1 kali Coppa Italia. Dirinya pensiun pada 2005 setelah 11 tahun berkarier di Juventus.

Baca Juga: 4 Pemain Polandia yang Akan Meramaikan Duel Juventus dan Napoli

3. Fabio Cannavaro sempat dianggap pengkhianat oleh fans Juventus

5 Pemain Legenda yang Pernah Berseragam Juventus dan NapoliFabio Cannavaro (juventus.com)

Fabio Cannavaro merupakan kapten Timnas Italia yang berhasil memimpin rekan satu timnya menjuarai Piala Dunia 2006 Jerman. Prestasinya membawa Gli Azzurri menjuarai Piala Dunia ini juga mengantarkan dirinya memenangi Ballon d’Or pada 2006. Ia sekaligus menjadi bek tengah ketiga yang meraih penghargaan tersebut setelah Franz Beckenbauer dan Matthias Sammer.

Sama seperti Ferrara, Cannavaro memulai kariernya sebagai pemain akademi Napoli yang diorbitkan ke level senior pada 1992. Setelah 3 tahun bermain untuk Il Partenopei, ia pindah ke Parma pada 1995 dan menjadi bagian dari kejayaan klub hingga meraih 4 gelar juara, salah satunya Piala UEFA pada 1998/1999. Ia kemudian pindah ke Inter Milan dan bertahan hingga dua musim sebelum hijrah ke Juventus pada 2004.

Sayangnya, skandal Calciopoli yang dialami Juventus pada 2006 membuat klubnya terdegradasi ke Serie B dan Cannavaro menjadi salah satu pemain yang pergi meninggalkan I Bianconeri. Dirinya sempat dicap pengkhianat oleh para Juventini, sebutan para suporter Juventus. Ia kemudian hengkang ke Real Madrid dan menjadi salah satu bagian Los Galacticos jilid I.

Bersama Los Blancos, Cannavaro ternyata gagal bersinar karena dianggap tak mampu menghadapi para bintang muda saat itu, seperti Lionel Messi dan Sergio Aguero. Meski hanya bertahan dua musim bersama Real Madrid, ia berhasil merengkuh 2 kali gelar juara LaLiga Spanyol dan 1 kali Piala Super Spanyol. Cannavaro akhirnya kembali ke Juventus pada 2009 meski hanya bertahan semusim sebelum pindah ke Al-Ahli.

4. Gagal bersinar bersama Napoli dan Juventus, Fabio Quagliarella justru jadi top scorer pada usia 36 tahun

5 Pemain Legenda yang Pernah Berseragam Juventus dan NapoliFabio Quagliarella (uefa.com)

Fabio Quagliarella merupakan mantan pemain Italia yang telah malang melintang ke klub-klub Serie A. Dirinya dikenal sebagai striker yang bersinar di usia tua karena meraih gelar top scorer pada 2018/2019 bersama Sampdoria ketika umurnya telah menginjak 36 tahun. Ia sekaligus mengalahkan Cristiano Ronaldo yang kala itu masih berseragam Juventus.

Quagliarella sendiri pernah merumput bersama Napoli dan Juventus pada periode 2009–2014. Sayangnya pada saat usianya masih muda, ia malah gagal bersinar bersama Napoli. Ia kemudian menjalani peminjaman ke Juventus selama semusim dan dipermanenkan pada musim selanjutnya.

Selama dua musim bersama I Bianconeri, Quagliarella tampil cukup baik. Ia mencetak 35 gol dalam 69 pertandingan. Namun, ia gagal menjadi pilihan utama di lini depan Juventus yang saat itu dihuni pemain-pemain bintang di lini depan, seperti Alessandro Del Piero, David Trezeguet, Luca Toni, Vincenzo Iaquinta, dan Alessandro Matri.

5. Penampilan ciamik Gonzalo Higuain bersama Napoli membuat Juventus merekrutnya

5 Pemain Legenda yang Pernah Berseragam Juventus dan NapoliGonzalo Higuain (twitter.com/sscnapoli)

Setelah bermain untuk Real Madrid selama enam musim, Gonzalo Higuain pindah ke Napoli pada 2013 dengan harga 39 juta euro (Rp651,8 miliar). Pada musim pertamanya, pemain asal Argentina ini sukses mengantarkan Il Partenopei menjuarai Coppa Italia pada 2013/2014 setelah mengalahkan dengan skor 3-1. Kegemilangannya berlanjut ketika ia mencetak dua gol penyeimbang melawan Juventus pada final Supercoppa Italiana 2014/2015 saat timnya berhasil menjuarai gelar tersebut setelah memenangi drama adu penalti.

Performa apiknya di Napoli membuat Juventus meminangnya dengan banderol fantastis sebesar 90 juta euro atau setara Rp1,5 triliun. Berhasil tampil konsisten selama dua musim, Higuain mulai dipinjamkan ke AC Milan pada 2018 dan Chelsea pada 2019. Namun, pada periode kedua bersama I Bianconeri, ia memiliki masalah berat badan dan tak masuk dalam rencana pelatih baru, Andrea Pirlo, yang membuatnya keluar dari klub pada 2020. Bersama Juventus, Higuain berhasil memperoleh 3 gelar Scudetto dan 2 gelar juara Coppa Italia.

Duel panas antara Napoli dan Juventus pada Sabtu (9/12/2023) dini hari WIB akan semakin menarik karena kedua kesebelasan memiliki sejarah panjang dan persaingan yang sengit. Keduanya juga pernah diperkuat oleh beberapa pemain legenda yang telah meraih berbagai gelar bergengsi di level klub ataupun individu. Walaupun tidak semua pemain mampu memberikan kontribusi signifikan, mereka telah menjadi bagian sejarah dari kedua kesebelasan dan cerita mereka akan selalu dikenang.

Baca Juga: 5 Penyerang Termahal yang Pernah Digaet Klub Serie A, Ada Higuain!

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Seringnya nulis tentang sepak bola dan Formula 1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya