15 Contoh Permainan Bola Kecil beserta Penjelasan Lengkapnya

Ada yang dimainkan beregu, ada yang individu, dan ganda

Permainan bola kecil di dunia olahraga cukup banyak ragamnya. Permainan-permainan ini bisa kamu mainkan bersama temanmu untuk bersenang-senang maupun berkompetisi.

Untuk diketahui, permainan bola kecil adalah permainan atau olahraga yang menggunakan bola berukuran kecil. Lalu dalam permainannya umumnya menggunakan alat pendukung, seperti tongkat, raket, atau bet.

Mau tahu apa saja olahraga yang termasuk permainan bola kecil? Simak jenis dan penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Sepak takraw

15 Contoh Permainan Bola Kecil beserta Penjelasan LengkapnyaInstagram.com/kemenpora

Sepak takraw adalah salah satu olahraga yang secara umum merupakan perpaduan dari permainan bola voli dan sepak bola. Sedangkan lapangan yang dipakai biasanya berukuran kurang lebih sama seperti lapangan bulu tangkis.

Kemudian bola yang digunakan terbuat dari bahan rotan. Namun, ada pula bola yang berbahan dasar plastik sintetis. Bola takraw memiliki berat 170-180 gram untuk kategori putra dan 150-160 gram untuk kategori putri. Ukuran lingkar bola takraw umumnya berukuran 41-43 cm untuk putra dan 42-44 cm untuk putri.

2. Bulu tangkis

15 Contoh Permainan Bola Kecil beserta Penjelasan LengkapnyaAnthony Ginting melakukan pukulan bulu tangkis. (IDN Times/PBSI)

Bulu tangkis atau badminton merupakan salah satu olahraga populer di Indonesia. Cabang olahraga ini dimainkan oleh dua tim yang berlawanan yang diperlombakan secara tunggal maupun ganda.

Bulu tangkis termasuk permainan bola kecil, di mana bola yang digunakan dalam permainan bulu tangkis biasanya disebut kok atau shuttlecock. Shuttlecock terbuat dari bulu angsa atau bulu ayam yang disusun melingkar. Sementara itu, bola dalam bulu tangkis dipukul menggunakan raket.

3. Tenis lapangan

15 Contoh Permainan Bola Kecil beserta Penjelasan LengkapnyaBola tenis sebagai perlengkapan tenis lapangan (freepik.com)

Permainan bola kecil selanjutnya adalah tenis lapangan. Olahraga ini menggunakan raket dengan senar yang cukup tebal, berbeda dengan bulu tangkis. Raket tenis lapangan juga cenderung lebih lebar dan berat dibanding raket bulu tangkis.

Bola tenis lapangan umumnya terbuat dari karet dan dilapisi nilon atau wol. Sama seperti bulu tangkis, permainan tenis lapangan juga menggunakan net pada lapangannya.

4. Tenis meja

15 Contoh Permainan Bola Kecil beserta Penjelasan Lengkapnyailustrasi bermain tenis meja (nippon.com)

Permainan tenis lapangan versi kecil adalah tenis meja. Sesuai namanya, permainan ini menggunakan meja berukuran panjang kurang lebih 2,74 meter, lebar 1,525 meter, dan tinggi 76 cm.

Sedangkan bola dalam tenis meja terbuat dari plastik dengan diameter 40 mm. Bobotnya pun hanya 2,7 gram karena bolanya kopong atau tidak ada isi di dalamnya.

5. Baseball

15 Contoh Permainan Bola Kecil beserta Penjelasan LengkapnyaIlustrasi bermain baseball (pixabay.com/KeithJJ)

Salah satu olahraga yang populer di Amerika adalah baseball. Permainan ini merupakan olahraga beregu yang menggunakan bola dan tongkat untuk memukul bola. Bola baseball umumnya memiliki diameter 7,3 cm dan memiliki bobot 173 gram.

Lalu, biasanya baseball dimainkan di lapangan terbuka. Pemainnya juga biasanya menggunakan sarung tangan dan topi untuk keamanan.

6. Bola kasti

15 Contoh Permainan Bola Kecil beserta Penjelasan Lengkapnyailustrasi bola kasti (pixabay.com/Cherylholt)

Mirip seperti baseball, permainan bola kecil yang satu ini populer di Indonesia. Ada dua regu yang bermain dalam satu pertandingan bola kasti. Satu regu sebagai regu pemukul, satu lagi sebagai regu pelempar bola.

7. Softball

15 Contoh Permainan Bola Kecil beserta Penjelasan LengkapnyaIlustrasi baseball (pexels.com/Pixabay)

Olahraga softball memiliki kemiripan dengan baseball dan bola kasti. Softball juga menggunakan tongkat untuk memukul bola berukuran kecil, lalu juga dimainkan oleh dua regu yang terdiri dari 9 pemain pada setiap tim. Setiap pemain memiliki tugas yang berbeda-beda.

Dalam pertandingan softball, terdapat wasit yang mengawasi pertandingan. Jumlahnya setidaknya 1 orang dan dibantu oleh 7 hakim pembantu.

8. Kriket

15 Contoh Permainan Bola Kecil beserta Penjelasan Lengkapnyailustrasi olahraga Kriket (Unsplash.com/Sagar Kulkarni)

Permainan ini biasanya dimainkan dan dipertandingkan oleh masyarakat Eropa. Olahraga ini juga mirip dengan baseball dan softball. Namun, bola yang digunakan sedikit berbeda. 

Pada olahraga kriket, bolanya dibungkus dengan kemasan laon, sehingga bentuknya tidak bulat sempurna.

9. Golf

15 Contoh Permainan Bola Kecil beserta Penjelasan Lengkapnyailustrasi bermain golf (pixabay.com/22563)

Golf adalah salah satu permainan bola kecil dalam dunia olahraga. Biasanya permainan ini dikenal sebagai olahraga masyarakat kelas atas.

Pasalnya, lokasi untuk olahraga ini membutuhkan tempat yang sangat luas dan peralatannya juga tergolong tidak murah. Peralatan yang dipakai adalah tongkat pemukul dengan berbagai jenis dan bola putih khusus golf.

10. Biliar

15 Contoh Permainan Bola Kecil beserta Penjelasan Lengkapnyailustrasi bermain biliar dapat meningkatkan daya ingat (unsplash.com/Ji.mmm.yy)

Salah satu permainan yang sering terdapat penyewaan adalah biliar. Permainan ini membutuhkan konsentrasi dan akurasi yang tinggi untuk memasukkan bola ke lubang.

Setiap pemain harus menyodok bola putih dan memasukkan bola berwarna lainnya ke enam lubang yang ada di meja. 

11. Tolak peluru

15 Contoh Permainan Bola Kecil beserta Penjelasan Lengkapnyatolak peluru (worldathletics.org)

Olahraga ini juga menggunakan bola berukuran kecil. Namun, berbeda dari permainan sebelumnya, olahraga tolak peluru tidak menggunakan tongkat untuk memukul bola. Melainkan hanya menggunakan tangan pemain.

Bola pada permainan tolak peluru berbahan dasar besi, sehingga bobotnya cukup berat. Maka dari itu, setiap pemain harus memiliki kekuatan tangan dan teknik melempar yang baik.

Baca Juga: 3 Cara Memukul Bola Kasti yang Benar, Pahami Tekniknya

12. Hockey

15 Contoh Permainan Bola Kecil beserta Penjelasan Lengkapnyailustrasi olahraga hockey (pexels.com/pixabay)

Permainan bola kecil beregu berikutnya adalah hockey. Olahraga ini bisa dimainkan regu putra maupun putri. Umumnya, olahraga hockey (hoki) terbagi menjadi dua kategori, yaitu hoki es dan hoki lapangan.

Di Indonesia, permainan hoki biasanya dimainkan di lapangan yang sama seperti olahraga basket, yaitu vinyl.

13. Lacrosse

15 Contoh Permainan Bola Kecil beserta Penjelasan Lengkapnyaolahraga lacrosse (unsplash.com/jeffreyflin)

Mirip seperti olahraga hockeypermainan Lacrosse juga menggunakan tongkat dalam bermain. Tongkat yang dipakai umumnya berukuran 3-4 kaki dan di bagian ujungnya terdapat jala untuk menangkap bola. Sementara ukuran bola Lacrosse berdiameter 5 inci dengan berbahan dasar kulit rusa yang bagian dalamnya diisi dengan bulu.

Permainan Lacrosse dimainkan oleh 10 orang yang terdiri dari 3 penyerang, 3 pemain tengah, 3 pemain bertahan, dan 1 penjaga gawang.

Baca Juga: 11 Perbedaan Futsal dan Sepak Bola, Jangan Sampai Keliru

14. Rounders

15 Contoh Permainan Bola Kecil beserta Penjelasan Lengkapnyailsutrasi bermain rounders (unsplash.com/Josh Hemsley)

Rounders adalah permainan yang juga mirip seperti olahraga bola kasti. Permainan ini termasuk olahraga yang sudah lama ditemukan, yaitu pertama kali pada 1744.

Bola yang dipakai dalam olahraga ini memiliki keliling 19-22 cm dan berat 70-85 gram. Jika dibandingkan dengan olahraga bola kasti, ukuran bola Rounders sedikit lebih berat, yaitu 80-100 gram.

15. Tenis dinding atau squash

15 Contoh Permainan Bola Kecil beserta Penjelasan LengkapnyaSquash (worldsquash.org)

Permainan yang terakhir adalah tenis dinding atau juga disebut squash. Olahraga ini bisa dibilang cukup unik karena para pemain tidak saling berhadapan seperti tenis meja maupun tenis lapangan. Melainkan para pemain berdiri sejajar dan memukul bola ke arah dinding.

Dalam permainannya, setiap pemain harus memukul bola secara bergantian ke dinding. Pemain yang kalah dan kehilangan poin adalah yang gagal memukul bola ke arah tembok. Setiap pemain harus mengumpulkan 9 poin dalam satu pertandingan. Bola squash dengan standar internasional biasanya berukuran 39,5-40,5 mm.

Nah, demikianlah 15 permainan bola kecil yang bisa kamu mainkan dengan teman-temanmu. Semua permainan tersebut juga sudah sering diperlombakan dalam kompetisi internasional.

Baca Juga: 3 Teknik Melempar Bola Kasti untuk Pemula, Mudah Diikuti

Topik:

  • Yogama W
  • Jumawan Syahrudin
  • Yunisda D
  • Mayang Ulfah Narimanda

Berita Terkini Lainnya