Jenis-Jenis Tarikan Senar Raket Badminton dan Cara Memilihnya

Sesuaikan dengan level permainanmu

Saat membeli raket badminton, ada salah satu spesifikasi yang mengatur kekencangan tarikan pada senarnya. Kencang atau tidaknya tarikan senar akan memengaruhi kemampuan raket saat terkena shuttlecock. Biasanya setiap pemain juga memiliki tarikan senar yang menurutnya paling nyaman dan mendukung permainannya.

Biasanya, tarikan senar raket disimbolkan dengan angka-angka, mulai dari 16 hingga 27. Nah, hal inilah yang sering membuat para pemula bingung menentukan tarikan senar saat pertama kali membeli raket badminton.

Berikut penjelasan tentang tarikan senar raket badminton dan cara memilihnya agar kamu tidak bingung. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Jenis tarikan senar raket

Jenis-Jenis Tarikan Senar Raket Badminton dan Cara Memilihnyailustrasi grip raket badminton (pexels.com/Lisa A)

Umumnya, tarikan senar raket menggunakan satuan poundage atau lbs. Setiap tarikan biasanya ditujukan untuk level permainan yang berbeda sesuai kebutuhan dan kemampuan pemain. Berikut beberapa jenis tarikan senar raket yang perlu diketahui:

16-22 lbs

Jenis tarikan senar raket 16-22 lbs biasanya ditujukan untuk pemain pemula yang tidak membutuhkan tenaga ekstra untuk menghasilkan pukulan yang kuat. Jenis tarikan ini juga cocok untuk pemain yang ingin membuat pukulan kuat, tapi belum mampu konsisten menggunakan sweet spot atau area raket yang menghasilkan pukulan kuat.

Namun, jenis tarikan 16-22 lbs memiliki kekurangan, yaitu akurasi dan kontrol yang relatif lebih rendah.

23-26 lbs

Jenis tarikan senar raket 23-26 lbs umumnya dipakai oleh pemain yang sudah membutuhkan banyak tenaga dan mengontrol shuttlecock. Jenis tarikan senar ini juga lebih cocok untuk pemain yang memiliki gaya ofensif dan sering memberi smash serta dropshot keras.

27 lbs

Jenis tarikan senar raket 27 lbs biasanya dipakai oleh pemain badminton profesional yang sudah terbiasa dengan kontrol kekuatan pergelangan tangan dan akurasi lebih tinggi. Selain itu, jenis tarikan ini umumnya juga digunakan oleh pemain dengan gaya permainan defense.

2. Cara memilih tarikan senar raket

Jenis-Jenis Tarikan Senar Raket Badminton dan Cara Memilihnyailustrasi raket badminton (vecteezy.com/Sophon Nawit)

Supaya gak bingung, cara memilih tarikan senar raket badminton bisa dengan menyesuaikan tingkat atau level permainan, yaitu:

1. Beginner

Level pemain badminton Beginner atau pemula disarankan memilih tarikan senar raket di bawah 20 lbs. Sebab biasanya pemain membutuhkan waktu untuk belajar teknik-teknik dasar badminton.

2. Intermediate

Sedangkan pemain level Intermediate atau menengah bisa menggunakan tarikan senar raket badminton sekitar 20-24 lbs.

3. Advanced

Jika sudah merasa Advanced atau tingkat lanjut, pemain badminton bisa memilih tarikan senar raket 24-27 lbs. Tarikan senar ini cocok untuk pemain yang sudah mahir berbagai teknik badminton.

4. Professional

Bagi pemain badminton profesional, idealnya menggunakan tarikan senar raket 27-30 lbs. Sebab, tarikan ini dapat mendukung permainan tingkat tinggi yang mereka mainkan.

Baca Juga: 20 Rekomendasi Merek Raket Badminton Terbaik, Wajib Punya!

3. Cara memilih senar raket

Jenis-Jenis Tarikan Senar Raket Badminton dan Cara Memilihnyailustrasi raket badminton (pexels.com/Eric anada)

Tidak hanya harus memilih tarikan senar raket, tapi kamu juga harus tepat saat memilih senar raketnya itu sendiri. Biasanya ada empat hal yang dipertimbangkan pemain saat memilih senar raket, yaitu:

1. Budget

Hal pertama yang harus dipertimbangkan saat memilih senar raket badminton adalah budget yang dimiliki. Misalnya budget sebesar Rp50 ribu, bisa membeli senar raket RS Super Micro 66 atau Ion 65.

2. Merek

Selain budget, pertimbangan merek senar raket juga harus diperhatikan. Pilihlah merek senar raket terkenal seperti RS, Yonex, atau Li-Ning.

3. Gaya bermain

Gaya bermain seorang pemain badminton juga bisa menjadi acuan untuk memilih senar raket, misalnya:

  • Pemain attack bisa memilih senar raket dengan tipe hard agar memudahkan saat melakukan smash.
  • Pemain defense bisa memilih karakter senar raket yang soft karena mereka mengandalkan pantulan bola pada senar.
  • Pemain all around bisa memilih senar berkarakter medium yang bisa mencakupi semua kebutuhan saat bermain.

4. Karakter senar

Ada tiga jenis karakter senar raket badminton, yaitu:

  • Power String, yaitu senar raket yang memadukan durabilitas dan kontrol. Biasanya karakter raket ini dipakai oleh pemain ganda di belakang atau pemain tunggal.
  • Control String, yaitu karakter senar raket yang biasanya dipakai pemain tunggal atau pemain ganda di depan untuk mendapat kontrol maksimal.
  • Durability String, yaitu karakter senar raket yang umumnya dipakai pemain yang sering melakukan kesalahan saat memukul bola. Senar ini memiliki diameter yang lebih tebal, yaitu 0,7 mm atau lebih dari itu.

Nah, itu tadi informasi tentang tarikan senar raket dan cara memilihnya agar sesuai dengan level atau jenis permainanmu. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 4 Tips Mudah Merawat Raket Badminton biar Lebih Awet

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya