Mengenal Muay Thai, Bela Diri Thailand yang Banyak Manfaatnya

Ketahui manfaat, teknik dasar, dan risikonya

Muay thai adalah olahraga bela diri asal Thailand yang sudah populer di seluruh dunia. Peminatnya pun sangat banyak di Indonesia, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Teknik-teknik dasar muay thai juga mudah dipelajari oleh siapa pun asalkan tekun dan mau belajar. Di Indonesia, banyak klub atau perguruan yang menyediakan kursus atau training muay thai dengan pelatih profesional.

Selain itu, muay thai adalah seni bela diri yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh jika dilakukan secara rutin dan benar. Namun, namanya olahraga yang mengandalkan fisik, tentu ada risiko cedera yang bisa terjadi. Oleh sebab itu, penting untuk mengenali teknik dan risiko dari bela diri ini.

1. Apa itu muay thai?

Mengenal Muay Thai, Bela Diri Thailand yang Banyak ManfaatnyaMuay Thai (pexels.com/Jeffrey Soh)

Muay thai adalah olahraga asal Thailand yang artinya Thai boxing. Muay thai adalah seni bela diri yang digunakan kelompok militer sejak abad ke-13 pada masa Kerajaan Sukhothai.

Muay thai juga dikenal dengan "Art of 8 Limbs". Seni bela diri ini juga termasuk olahraga kardio karena dapat meningkatkan denyut jantung dan memperbaiki sistem pernapasan.

Hal yang membedakan muay thai dengan tinju adalah petarung dibolehkan menggunakan teknik clinch atau mendekati dan memeluk lawan. Pada olahraga tinju, teknik clinch tidak diperbolehkan.

2. Manfaat muay thai

Mengenal Muay Thai, Bela Diri Thailand yang Banyak ManfaatnyaMuay thai (thailandtourismus.de)

Muay thai memiliki banyak manfaat untuk kebugaran dan kesehatan tubuh. Namun, muay thai tidak disarankan bagi orang yang punya masalah dengan cedera sendi, otot, dan tulang.

Beberapa manfaat muay thai adalah sebagai berikut:

1. Menjadi pertahanan diri

Manfaat muay thai adalah dapat menjadi pertahanan diri dari serangan atau ancaman orang lain yang berniat jahat. Dengan menguasai teknik-teknik dasar muay thai, kamu bisa memberi perlawanan kepada orang yang bermaksud jahat kepadamu.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung

Dari segi kesehatan, muay thai bisa menurunkan risiko penyakit jantung karena termasuk kardio intensif yang dapat menurunkan tekanan darah dan menguatkan kerja jantung. Namun, muay thai tidak disarankan untuk orang yang sudah punya masalah jantung.

3. Membakar kalori

Muay thai juga efektif membakar kalori jika dilakukan secara rutin dan benar. Muay thai selama satu jam bisa membakar 1.000 kalori. Namun, olahraga tentu harus dibarengi dengan pola makan yang baik pula.

4. Memperkuat tubuh

Muay thai bermanfaat untuk memperkuat tubuh secara keseluruhan. Sebab muay thai termasuk olahraga dengan intensitas tinggi, sehingga bisa efektif melatih kebugaran dan kekuatan tubuh.

Muay thai juga melatih empat jenis otot, yaitu otot lengan dan bahu, otot pinggul dan kaki, otot punggung, dan otot inti.

5. Meningkatkan kepercayaan diri

Muay thai bermanfaat untuk meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Sebab tubuh yang sehat dan bugar akan berpengaruh juga kepada kepercayaan dirimu.

6. Menghilangkan stres

Selain meningkatkan percaya diri, muay thai juga membantu menurunkan stres dan membuat lebih rileks. Dengan rutin muay thai atau berolahraga, tubuhmu akan melepas endorfin yang akan menciptakan perasaan bahagia pada diri seseorang.

7. Menciptakan kekuatan mental

Muay thai memiliki manfaat untuk membangun kekuatan mental dalam diri seseorang.

3. Risiko muay thai

Mengenal Muay Thai, Bela Diri Thailand yang Banyak Manfaatnyailustrasi cedera kaki (pexels.com/Rawpixel)

Di luar manfaatnya, muay thai juga memiliki sejumlah risiko cedera yang bisa menimpa pemainnya. Oleh sebab itu, penting untuk memperhatikan segala hal sebelum berlatih muay thai. Beberapa risiko muay thai adalah sebagai berikut.

1. Cedera ankle

Cedera ankle atau pergelangan kaki bisa terjadi pada pemain muay thai. Biasanya karena banyak latihan tendangan menggunakan pergelangan kaki.

2. Bengkak kaki

Risiko muay thai yang umum dialami pemula adalah bengkak pada kaki. Sebab, jika belum terbiasa, kamu akan merasa nyeri pada kaki.

3. Pergelangan tangan terkilir

Pergelangan tangan yang keselo atau terkilir juga bisa terjadi pada petarung muay thai. Penyebabnya adalah saat jatuh pada posisi yang salah, sehingga pergelangan tangan menekuk ke arah yang salah dan ligamen meregang.

4. Tulang kering bengkok

Muay thai juga berisiko terhadap tulang kering yang bisa memar, bengkak, hingga bengkok.

5. Tulang rusuk memar

Risiko bagi petarung muay thai adalah cedera pada bagian tulang rusuk akibat tendangan yang mengarah ke dada. Hal ini bisa membuatmu batuk, bahkan memar pada tulang rusuk.

6. Cedera leher

Cedera leher juga mungkin dialami oleh petarung muay thai. Hal ini berbahaya karena membuat gerak kepala tidak nyaman.

7. Cedera kepala

Risiko paling parah dari muay thai adalah cedera kepala akibat menerima pukulan dari lawan. Beberapa pukulan bisa menyebabkan luka, merobek jaringan saraf, hingga menyebabkan gumpalan perdarahan.

Baca Juga: Mengenal Taekwondo, Olahraga Bela Diri asal Korea Selatan

4. Teknik dasar muay thai

Mengenal Muay Thai, Bela Diri Thailand yang Banyak ManfaatnyaIlustrasi muay thai (pexels.com/ RODNAE Productions)

Bagi kamu yang ingin menekuni muay thai, ada beberapa teknik dasar yang wajib dikuasai. Berikut enam teknik dasar muay thai yang perlu kamu ketahui:

1. Pukulan

Pukulan adalah teknik paling dasar dalam muay thai. Ada beberapa teknik dasar memukul, yaitu pukulan lurus, pukulan atas, cross, hook, overhead, dan tinju putaran belakang.

2. Tendangan

Teknik dasar muay thai yang terpenting lainnya adalah tendangan. Tendangan pada muay thai bisa dilakukan dengan lengan diayun ke belakang dan rotasi bagian dalam pinggul untuk menambah kekuatan tendangan.

Lalu, tendangan muay thai lainnya bisa dilakukan dengan melompat, berputar ke belakang, tendangan dari atas ke bawah, sampai tendangan akrobatik.

3. Tendangan teep

Tendangan teep atau tendangan push adalah jenis tendangan yang digunakan untuk bertahan dan menyerang. Tendangan ini juga bisa menjadi tendangan samping dengan kaki belakang atau tendangan depan dengan lompatan.

4. Menyikut

Teknik menyikut dalam muay thai digunakan untuk menyerang musuh. Serangan sikut cukup efektif mematikan serangan lawan.

5. Clinch

Clinch dalam muay thai merupakan gabungan antara serangan lutut dan siku. Clenching adalah gaya bertarung jarak dekat yang membutuhkan pengalaman bertahun-tahun.

7. Lutut

Teknik dasar lutut juga biasa digunakan sebagai serangan jarak dekat. Serangan lutut bisa mengalahkan lawan jika dilakukan secara tepat.

Nah, itu tadi penjelasan lengkap tentang seni bela diri muay thai. Muay thai adalah seni bela diri yang punya banyak manfaat untuk tubuh, asalkan dilakukan secara rutin dan memperhatikan kondisi tubuh serta risikonya.

Baca Juga: 7 Manfaat Muay Thai bagi Kesehatan, Berani Mencoba?

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya