Profil Jayson Tatum, Bintang Celtics dan MVP NBA All Star 2023

Pebasket muda andalan Boston Celtics

Jayson Tatum adalah pemain basket muda NBA yang menjadi salah satu andalan Boston Celtics. Tatum tampil pada ajang NBA All Star 2023 dan sukses tampil cemerlang.

Jayson Tatum tergabung dalam Tim Giannis Antetokounmpo yang termasuk Wilayah Timur. Seperti yang diketahui, Tim Giannis berhasil memenangkan laga NBA All Star 2023 melawan Tim LeBron James dengan skor 184-175.

Tatum menjadi pemain yang berhasil mencetak poin terbanyak pada laga tersebut. Penasaran dengan profil dan perjalanan karier Tatum sebagai pebasket profesional? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Profil Jayson Tatum

Profil Jayson Tatum, Bintang Celtics dan MVP NBA All Star 2023Jayson Tatum (nba.com)

Jayson Christopher Tatum adalah pemain basket kelahiran St. Louis, Missouri pada 3 Maret 1998. Tatum lahir dari ayah bernama Justin Tatum dan ibu bernama Brandy Cole.

Pebasket Boston Celtics ini memiliki tinggi badan 2,03 meter dan berat badan 94 kg. Tatum mulai tertarik dengan olahraga bola basket sejak remaja. Saat duduk di bangku SMA, ia bergabung dengan klub sekolahnya, Chaminade College Preparatory.

Setelah lulus SMA, Tatum melanjutkan berkuliah di Duke University. Ia pun bergabung tim basket universitasnya, Blue Devils Duke. Ia menjalani debut bersama timnya pada 2016.

Jayson Tatum mendapat julukan "Taco Jay" dari banyak orang. Julukan ini ia dapat karena makanan kesukaannya adalah taco, makanan khas dari Meksiko. Kebetulan pada 2019, Tatum mengikuti Skill Challenge pada ajang NBA All Star dan Taco Bell menjadi salah satu sponsor event tersebut.

2. Perjalanan karier

Profil Jayson Tatum, Bintang Celtics dan MVP NBA All Star 2023Jayson Tatum (nba.com)

NBA Draft 2017

Jayson Tatum memulai karier basket profesionalnya setelah setahun bersama Blue Devils Duke. Tatum mengikuti NBA Draft 2017 dan Boston Celtics memilihnya menjadi posisi ketiga. Tidak perlu waktu lama bagi Tatum untuk menunjukkan skill dan membuat banyak pihak kagum dengan penampilannya.

Jayson Tatum mencetak sejumlah prestasi pada awal mula kariernya. Ia masuk dalam NBA All-Rookie First Team dan menjadi peringkat lima besar rookie yang mencetak three point shoot terbanyak.

Ia berhasil mengantarkan Celtics menuju babak playoffs. Bahkan, Tatum menjadi pemain termuda yang mencetak 20 poin dalam empat pertandingan playoffs secara berturut-turut.

Final Wilayah Timur 2018

Jayson Tatum sukses membawa Celtics menuju final Wilayah Timur pada 2018. Saat itu, Celtics berjumpa Cleveland Cavaliers yang diperkuat oleh bintang dunia, LeBron James.

LeBron adalah salah satu idola masa kecil Tatum. Tidak ada yang menyangka Tatum akan bermain, bahkan melakukan slam dunk tepat di depan idola masa kecilnya itu.

Pemain penting di Celtics

Jayson Tatum menjadi salah satu pemain penting dalam skuad Boston Celtics. Meski baru bermain di NBA selama lima musim, Tatum sukses membawa timnya menuju babak playoffs. Sejauh ini, Tatum berhasil membawa Celtics menuju final Wilayah Timur pada 2017-2018 dan 2019-2020.

Karier di timnas Amerika Serikat

Tidak hanya cemerlang bersama Celtics, Jayson Tatum juga sudah membela timnas basket Amerika Serikat sejak level junior. Ia sudah dipanggil untuk memperkuat skuad AS pada kejuaraan FIBA U16.

Tatum juga berhasil mengoleksi beberapa medali emas Olimpiade pada beberapa level, yaitu Kejuaraan FIBA U16 serta Piala Dunia FIBA U17 dan U19. Selain itu, Tatum juga meraih medali emas saat timnas basket AS menjuarai Olimpiade 2020 Tokyo.

3. Penghargaan yang diraih

Profil Jayson Tatum, Bintang Celtics dan MVP NBA All Star 2023Jayson Tatum meraih NBA All Star MVP 2023. (nba.com)

Selain beberapa penghargaan yang pernah diraih Jayson Tatum selama kariernya saat muda, ia bersama timnya juga pernah menerima penghargaan bergengsi. Di antaranya:

  • All-Rookie First Team (2017-2018)
  • All-NBA Third Team (2019-2020)
  • Played in the All-Star Game (2019-2020, 2020-2021, 2022-2023)
  • All-NBA First Team (2021-2022)
  • MVP NBA All Star (2023)

Baca Juga: 10 MVP NBA All-Star Game Terakhir, Jayson Tatum Terbaru!

4. Tampil cemerlang di NBA All Star 2023

Profil Jayson Tatum, Bintang Celtics dan MVP NBA All Star 2023Jayson Tatum (nba.com)

Jayson Tatum kembali mengikuti NBA All Star 2023 dengan tergabung ke tim Wilayah Timur yang dipimpin Giannis Antetokounmpo. Meski berjalan sengit, Tim Giannis berhasil menumbangkan Tim LeBron dengan skor akhir 184-175.

Tatum menjadi salah satu pemain penting dalam perolehan poin timnya. Jayson Tatum berhasil mencetak 55 poin, 10 rebound, dan 6 assist. Torehan itu menjadikan Jayson Tatum sebagai pemain yang mencetak poin terbanyak di NBA All Star 2023. Hal itu sekaligus menjadikannya sebagai Most Valuable Player (MVP) NBA All Star 2023.

Baca Juga: NBA All Star 2023: Hasil, Daftar Pemain, dan Fakta Menarik

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya