Profil LeBron James, Pecahkan Rekor Pencetak Poin di NBA!

Memecahkan rekor yang bertahan selama tiga dekade

Siapa yang tidak pernah mendengar nama LeBron James? Pencinta olahraga, khususnya basket, pasti akrab dengan nama ini atau bahkan mengidolakannya. Bintang tim Los Angeles Lakers ini bisa dibilang menjadi salah satu pebasket terbaik sepanjang masa.

Apalagi setelah LeBron James berhasil memecahkan rekor sebagai pencetak poin terbanyak di NBA sepanjang masa. Ia melompati rekor yang sebelumnya dipegang Kareem Abdul-Jabbar pada tahun 1989.

Prestasi cemerlangnya tentu tidak didapatkan dengan mudah. Pebasket kelahiran 1984 ini sudah berkarier di NBA hampir 20 tahun lamanya. Seperti apa profil dan perjalanan karier LeBron James sebagai superstar milik Lakers? Simak di bawah ini, yuk!

1. Profil LeBron James

Profil LeBron James, Pecahkan Rekor Pencetak Poin di NBA!LeBron James (nba.com)

Pebasket bernama lengkap LeBron Raymone James Sr. ini lahir di Ohio, Amerika Serikat, pada 30 Desember 1984. Ia juga dijuluki "King James" karena sering dianggap sebagai bintang basket yang disandingkan dengan salah satu legenda, Michael Jordan.

Karier bola basketnya sudah ia bangun sejak masih menjadi siswa di sekolah menengah. Hingga saat ini, LeBron James sudah mendapat banyak gelar juara bersama timnya dan sejumlah penghargaan individu. Mungkin deretan penghargaan itu akan terus bertambah meski umurnya sudah tidak terlalu muda lagi.

2. Perjalanan karier LeBron James

Profil LeBron James, Pecahkan Rekor Pencetak Poin di NBA!LeBron James (nba.com)

LeBron James mengawali karier bola basketnya sejak bersekolah di St. Vincent-St. Mary High School. Saat itu, ia bergabung dengan klub basket SMA-nya dan menjadi salah satu pemain penting.

Penampilannya mencuri perhatian teman-teman dan gurunya saat itu. Bahkan, mukanya dipasang di sampul majalah Sports Illustrated dengan judul The Chosen One kala itu.

2003 - Kontrak pertama di Cleveland Cavaliers

Pada tahun 2003, LeBron James menandatangani kontrak bola basket profesional pertamanya bersama Cleveland Cavaliers. Pada musim pertama, ia berhasil tampil bagus.

James mengemas rata-rata 20,9 poin, 5,5 rebound, dan 5,9 assist pada setiap pertandingan. Bahkan, ia sudah mendapat penghargaan NBA Rookie of the Year pada musim pertamanya.

Pada 2007, James membantu Cleveland menuju final melawan San Antonio Spurs. Namun, kala itu Cleveland harus kalah di tangan Spurs. Namun, setidaknya James pernah menorehkan penghargaan MVP (Most Valuable Player) saat masih berseragam Cleveland.

2010 - Pindah ke Miami Heat

Pada 2010, LeBron James memutuskan pindah ke Miami Heat. Keputusan itu sempat menimbulkan kontroversi karena sebagian besar pendukung Cleveland menganggap James adalah pengkhianat. Bahkan, pernah ada insiden saat pendukung Cleveland membakar jersey nomor 23 milik James.

James berseragam Miami selama empat musim. Ia sukses menjuarai back-to-back selama dua tahun berturut-turut, yaitu pada 2012 dan 2013.

Bahkan, pada 2013, James menjadi pemain penting dalam 27 kemenangan beruntun Miami Heat di ajang NBA. Kemenangan itu menjadi yang terpanjang ketiga dalam sejarah NBA.

2014 - Kembali ke Cleveland Cavaliers

Setelah kontraknya berakhir di Miami Heat, James memutuskan kembali ke Cleveland. Pada tahun 2015 hingga 2017, ia memimpin timnya pada seri final kejuaraan NBA. Pada 2016, James menjuarai NBA bersama Cleveland.

2018 - Pindah ke Los Angeles Lakers

Setelah kontraknya berakhir, James memutuskan pindah ke Los Angeles Lakers dengan menandatangani kontrak sebesar 154 juta dolar AS.

Ia sempat tampil cemerlang pada awal musim pertamanya. Namun, James terpaksa menepi lama karena cedera. Ia absen sebanyak 17 kali pertandingan.

LeBron James baru kembali ke lapangan dalam keadaan yang benar-benar fit pada pembukaan musim 2019-2020. Hingga tahun 2022, James bermain dengan sangat gemilang. Dibuktikan dengan torehan-torehan prestasinya sampai saat ini.

3. Penghargaan yang diraih

Profil LeBron James, Pecahkan Rekor Pencetak Poin di NBA!LeBron James (nba.com)

Beberapa penghargaan dan gelar juara yang pernah diraih LeBron James antara lain:

  • Juara NBA (2012, 2013, 2016, 2020)
  • Juara NBA Finals MVP (2012, 2013, 2016, 2020)
  • Juara NBA MVP (2009, 2010, 2012, 2013)
  • Juara All-Defensive Team (2009-2013)
  • Juara NBA All-Star
  • Juara All-Rookie Team (2004)
  • Juara NBA All-Star MVP (2006, 2008, 2018)
  • Juara NBA Player of the Month (39 kali)
  • Juara NBA Player of the Week (64 kali)
  • Juara NBA Rookie of the Month (6 kali)
  • Juara NBA Sporting News Most Valuable Player of the Year
  • Juara NBA Sporting News Rookie of the Year

Deretan penghargaan bersama tim nasional Amerika Serikat sebagai berikut:

  • Medali emas Olimpiade 2008 dan 2012
  • Medali perunggu Olimpiade 2004
  • Medali perunggu FIBA World Championship 2006
  • Medali emas FIBA Americas Championship 2007
  • USA Basketball Male Athlete of the Year 2012

Baca Juga: 4 Pemain yang Pernah Jadi Kapten NBA All-Star, LeBron James Terbanyak

4. Pencetak poin terbanyak NBA sepanjang masa

Profil LeBron James, Pecahkan Rekor Pencetak Poin di NBA!LeBron James pecahkan rekor sebagai pencetak poin terbanyak di NBA sepanjang masa (nba.com)

Kemampuan LeBron James dalam mengolah bola basket memang tidak perlu diragukan lagi. Pada awal Februari 2023, LeBron James sukses menorehkan rekor baru dalam sejarah NBA sebagai pencetak poin terbanyak sepanjang masa.

Rekor tersebut didapatkan saat Lakers berjumpa Oklahoma City Thunder di Crypto Arena pada 7 Februari 2023. Meski Lakers kalah dari Oklahoma dengan skor 130-133 saat itu, tapi James sukses mencetak rekor baru bagi NBA.

Kini, jumlah poin yang dicetak LeBron James adalah 38.390 poin. James sukses melewati rekor milik Kareem Abdul-Jabbar sebanyak 38.387 poin. Rekor tersebut sudah bertahan sejak tahun 1989 atau sudah lebih dari tiga dekade.

Itulah tadi profil, perjalanan karier, dan prestasi LeBron James sebagai salah satu mega bintang basket dunia. Tak heran banyak pencinta basket yang menganggapnya sebagai salah satu legenda basket selain Michael Jordan.

Baca Juga: LeBron James Bikin Rekor, Kini Raja Poin Sepanjang Masa NBA

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya