Profil Megawati Hangestri, Atlet Voli Indonesia Bersinar di Korea

Berhasil curi perhatian Korea Selatan

Megawati Hangestri Pertiwi, atlet voli Indonesia asal Jember berhasil mencuri perhatian liga voli Korea Selatan. Dia sukses meraih dua kali MVP (Most Valuable Player) saat membela Daejeon ChengKwanJang Red Sparks pada V-League 2023/2024.

Penampilan yang gemilang membuat Megawati sempat masuk daftar top skor sementara. Dia pun dijuluki sebagai Megatron dan Ninja Berkerudung dari Indonesia karena selalu menggunakan jilbab warna hitam saat bertanding.

Lantas, seperti apa profil Megawati Hangestri dan perjalanan karier volinya? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Memulai karier di Surabaya Bank Jatim

Profil Megawati Hangestri, Atlet Voli Indonesia Bersinar di KoreaMegawati Hangestri Pertiwi (instagram.com/megawatihangestrip)

Megawati Hangestri lahir di Jember, Jawa Timur pada 20 September 1999. Megawati memulai karier bola voli sejak usia 14 tahun. Ketika itu, dia bergabung ke tim Surabaya Bank Jatim pada Livoli Divisi Utama 2015. Saat itu, dia bermain sebagai opposite spiker.

Kemudian, atlet dengan tinggi 185 cm ini berhasil menembus Proliga dengan membela Jakarta Pertamina Fastron pada 2015 hingga 2017. Pada 2018, Megawati kemudian berlabuh ke Jakarta BNI 46.

Pada 2017, Megawati untuk pertama kalinya membela timnas voli Indonesia dalam ajang SEA Games. Hingga saat ini, dia masih menjadi salah satu pemain penting Indonesia di berbagai kejuaraan.

Di sela-sela membangun karier sebagai atlet voli profesional, Megawati juga melanjutkan pendidikannya dengan berkuliah di Jurusan Manajemen, Universitas Kahuripan Kediri. Dia lulus pada 2020 dengan mendapat gelar sarjana.

2. Debut di luar negeri pada 2021

Profil Megawati Hangestri, Atlet Voli Indonesia Bersinar di KoreaMegawati Hangestri Pertiwi bergabung ke tim voli Korea Selatan, Daejeon ChengKwanJang Red Sparks (instagram.com/red__sparks)

Pada 2021, Megawati mencoba peruntungannya berkarier di luar negeri dengan bergabung ke tim Thailand, Supreme Chonburi-E.Tech selama satu musim. Dia sempat kembali ke Jakarta Pertamina Fastron pada Proliga 2022 sebelum melanjutkan karier dengan membela klub Vietnam, Hà Phú Thanh Hóa.

Setelah itu, Megawati kembali ke Indonesia dengan memperkuat Bandung BJB Tandamata untuk kejuaraan Grand Prix ASEAN 2022. Pada tahun yang sama, Megawati sempat 'pulang kampung' ke Surabaya Bank Jatim sebelum membela Jakarta Pertamina Fastron pada 2023.

Pada musim 2023/2024, Megawati kembali mencoba berkarier di luar negeri dengan bergabung tim voli Korea Selatan, Daejeon JungKwanJang Red Sparks di Liga Voli Korea atau KOVO V-League. Red Sparks lah yang berhasil membawa namanya melejit dan dikenal publik Korea Selatan belakangan ini.

3. Disorot publik Korea Selatan

Profil Megawati Hangestri, Atlet Voli Indonesia Bersinar di Koreapotret Megawati Hangestri bersama tim Supreme Chonburi-E.Tech (instagram.com/megawatihangestrip)

Megawati Hangestri Pertiwi menjadi sorotan pencinta voli Korea Selatan. Pasalnya, belum genap setahun, Megawati sudah mencatatkan namanya sebagai top skor sementara V-League 2023/2024 dan meraih dua kali MVP saat membela Red Sparks.

Saat Red Sparks melawan Hwangseong IBK Altos pada 17 Oktober 2023, Megawati sukses menjadi MVP dengan mencetak 21 poin meskipun timnya harus kalah. Lalu saat laga melawan Incheon Heungkuk Life Pink Spiders pada 26 Oktober 2023, Megawati sukses membawa timnya memenangkan laga sengit dengan skor akhir 3-2.

Red Sparks sempat tertinggal pada dua set awal. Namun, Megawati dan tim berhasil membalikkan keadaan dengan menang tiga set berturut (21-25, 26-28, 25-22, 25-7, 18-16). Capaian ini sekaligus mengakhiri rekor tak terkalahkan Pink Spiders pada V-League musim ini.

Selain itu, Megawati kembali sukses terpilih sebagai MVP setelah mencetak poin terbanyak pada laga tersebut, yaitu 31 poin. Pencapaian ini menambah karier gemilang dalam profil Megawati Hangestri.

Baca Juga: 7 Potret Megawati Atlet Voli yang Curi Perhatian di Liga Korea Selatan

4. Prestasi sepanjang karier

Profil Megawati Hangestri, Atlet Voli Indonesia Bersinar di KoreaMegawati Hangestri Pertiwi (instagram.com/megawatihangestrip)

Profil Megawati Hangestri kurang lengkap tanpa membahas prestasi dan pencapaiannya sepanjang karier. Megawati Hangestri telah meraih prestasi dari berbagai kejuaraan voli di tingkat nasional maupun internasional. Berikut daftarnya:

Prestasi klub:

  • Runner Up Proliga 2019 (Jakarta Pertamina Fastron)
  • Medali Perunggu Thailand League 2020/2021 (Supreme Chonburi E-Tech)
  • Medali Perunggu Asian Club Championship 2020/2021 (Supreme Chonburi E-Tech)
  • Juara Divisi Utama Livoli 2022 (Surabaya Bank Jatim)

Prestasi Timnas:

  • Medali Perak SEA Games 2017
  • Medali Perunggu SEA Games 2019
  • Medali Perak ASEAN Grand Prix 2019
  • Medali Perunggu SEA Games 2021
  • Medali Perunggu ASEAN Grand Prix 2022

Profil Megawati Hangestri Pertiwi tidak hanya berhasil mencuri perhatian publik Indonesia saja, tapi juga pencinta voli Korea Selatan. Dalam sebuah wawancara oleh tim Red Sparks, Megawati mengatakan kalau latihan kerasnya sampai membuatnya menangis.

Namun, dia juga senang karena dapat memenuhi harapan pelatih untuk bermain menarik dan memenangkan pertandingan. Mari kita nantikan aksi-aksi Megawati Hangestri berikutnya.

Baca Juga: 5 Fakta Megawati Hangestri, Pevoli Jember yang Gemilang di Korea

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya