Apa itu Three Point dalam Basket? Ini Pengertian dan Sejarahnya

Pertama kali digunakan tahun 1961 oleh ABL

Dalam olahraga bola basket, terdapat istilah three point. Banyak pemain yang ingin mengincar three point untuk membantu timnya memenangkan pertandingan.

Biasanya saat terjadi three point, wasit akan memberi isyarat dengan mengangkat tangan dan tiga jari menunjuk ke atas. Jari-jari tersebut adalah jempol, telunjuk, dan jari tengah.

Sebenarnya apa yang dimaksud three point dalam olahraga basket? Simak pengertian dan sejarahnya di bawah ini.

1. Pengertian three point

Apa itu Three Point dalam Basket? Ini Pengertian dan SejarahnyaStephen Curry melakukan tembakan three point (nba.com)

Three point adalah jumlah poin yang diraih oleh suatu tim jika pemainnya bisa memasukkan bola ke ring basket dari luar garis tiga poin. Garis tiga poin adalah batas berbentuk setengah lingkaran yang mengelilingi ring basket dan area free throw.

Jika pemain berhasil memasukkan bola ke ring dari luar garis tiga poin, maka timnya akan mendapat tiga poin. Berbeda jika pemain memasukkan bola ke keranjang dari dalam area tersebut, timnya hanya akan mendapat dua poin.

2. Sejarah three point

Apa itu Three Point dalam Basket? Ini Pengertian dan SejarahnyaZach LaVine melakukan lemparan three point ke ring (nba.com)

Pertama kali diterapkan tahun 1961 oleh ABL

Sejarah three point dimulai saat kejuaraan American Basketball League (ABL) melakukan uji coba terhadap penggunaan sistem three point ini pada tahun 1961. Kejuaraan ini juga mencoba aturan baru lainnya, yaitu waktu tembak 30 detik dan lemparan free throw yang berjarak 18 kaki.

Sayangnya, kejuaraan ABL dihentikan pada tahun 1962. Kejuaraan yang hanya bertahan satu setengah musim itu tidak dilanjutkan karena beberapa masalah, seperti kesulitan finansial dan beberapa klub yang memilih tidak hadir karena mahalnya biaya perjalanan. Alhasil, sistem three point pun ikut menghilang.

Diterapkan kembali oleh ABA dan NBA

Asosiasi bola basket pria asal Amerika Serikat, NBA (National Basketball Association) pun sebelumnya tidak pernah mempertimbangkan ide penggunaan sistem three point dalam pertandingan bola basket.

Baru pada 1967, American Basketball Association (ABA) menerapkan aturan berupa poin yang dicetak dari luar area tim lawan akan mendapat tiga angka. Kemudian sekitar tahun 1976, ABA dan NBA melakukan merger, lalu sepakat menggunakan nama NBA untuk ke depannya.

Pada musim 1979-1980, NBA mulai menguji coba aturan three point selama satu tahun. Pemain pertama yang mencetak three point dalam sejarah NBA adalah Chris Ford, pemain Boston Celtics. Tembakan tersebut terjadi pada 12 Oktober 1979.

Baca Juga: Profil LeBron James, Pecahkan Rekor Pencetak Poin di NBA!

3. Baru diperkenalkan FIBA pada 1984

Apa itu Three Point dalam Basket? Ini Pengertian dan SejarahnyaStephen Curry melakukan tembakan three point ke ring (nba.com)

Fédération Internationale de Basketball (FIBA) adalah induk organisasi bola basket seluruh dunia yang mengatur dan menyelenggarakan kompetisi basket internasional. FIBA juga membuat peraturan resmi yang menjadi standar untuk pelaksanaan olahraga basket di seluruh dunia.

FIBA baru memperkenalkan aturan tentang three point dan garis tiga angka pada 1984. Kemudian diterapkan pertama kali pada Olimpiade musim panas 1988 di Seoul, Korea Selatan.

Baca Juga: Daftar Pemenang 3 Point Contest NBA All Star Terbanyak Sepanjang Masa

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri
  • Mayang Ulfah Narimanda

Berita Terkini Lainnya