4 Fakta Menarik Beto Goncalves, Pencetak 2 Gol Timnas ke Gawang Laos

Beto lahir di Brasil, resmi menjadi WNI pada 8 Februari 2018

Jakarta, IDN Times - Tim nasional U-23 sukses membungkam Laos dengan skor 3-0 dalam laga lanjutan babak penyisihan Grup A Asian Games 2018 di Stadion Patriot, Bekasi, Jumat (17/8) malam.

Dua dari tiga tol Indonesia tersebut dicetak oleh pemain depan Alberto Gonçalves Da Costa, masing-masing pada menit ke-14 dan 47. Satu gol lainnya dicetak oleh Ricky Fajrin Saputra pada menit ke-75.

Kemenangan ini, selain menjaga peluang Indonesia untuk lolos ke babak berikutnya, juga menjadi kado manis kemerdekaan RI.

Lalu siapakah Beto, sapaan untuk Alberto Gonçalves Da Costa, pemain yang menyedot perhatian sepanjang pertandingan?

1. Beto adalah pemain kelahiran Brasil

4 Fakta Menarik Beto Goncalves, Pencetak 2 Gol Timnas ke Gawang LaosAntara FOTO/Hery Sudewo

Beto Goncalves ternyata pemain berdarah Brasil. Tak mengejutkan jika skill dan keterampilannya mengoleh bola begitu menyihir. Maklum, orang Brasil memang seolah terlahir dengan membawa bakat sepak bola. Oya, Beto lahir pada 31 Desember 1980. Sudah cukup uzur untuk ukuran pemain sepak bola, ya! Tapi, melihat performanya selama 90 menit di lapangan, Beto seperti pemain berusia 25 tahun!

Baca Juga: Asian Games 2018: Indonesia 3-0 Laos, Kado Manis untuk HUT RI

2. Bermain untuk Sriwijaya FC

4 Fakta Menarik Beto Goncalves, Pencetak 2 Gol Timnas ke Gawang LaosINASGOC/Carlie

Sebelum membela Timnas U-23, Beto merumput di klub Sriwijaya. Ia juga telah mencicipi panas dan sengitnya Liga 1 Indonesia. Dan, seperti di Timnas U-23, Beto pun bermain sebagai striker di Sriwijaya FC. Di klub asal Palembang tersebut Beto mendapatkan nomor punggung 9.

3. Sudah pernah bermain bagi banyak klub Indonesia

4 Fakta Menarik Beto Goncalves, Pencetak 2 Gol Timnas ke Gawang LaosInasgoc/Carlie

Sebelum bermain bagi Sriwijaya FC, Beto sempat melang melintang di klub-klub Indonesia, mulai dari Persijap Jepara, Persema Malang, hingga Persipura. Sehingga, bisa dibilang, Beto sudah pernah mencicipi asam-garamnya sepak bola Indonesia.

4. Memilih menjadi warga Indonesia

4 Fakta Menarik Beto Goncalves, Pencetak 2 Gol Timnas ke Gawang LaosAntara FOTO/Hery Sudewo

Setelah lama merumput di tanah air, Beto akhirnya jatuh cinta pada Indonesia. Pada 8 Februari lalu, Beto pun resmi memegang paspor Indonesia setelah mengucapkan sumpah menjadi WNI. Kini, tujuh bulan sejak resmi menjadi WNI, Beto membawa sepak bola Indonesia ke level yang lebih tinggi. Good luck, Beto!

Baca Juga: Yuk! Intip Megahnya Panggung Pembukaan Asian Games 2018

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya