Comscore Tracker

3 Ocehan Krishna Murti soal PSM Makassar Ini Banjir Komentar Warganet

Krishna Murti singgung bocoran pemeriksaan sejumlah wasit

Makassar, IDN Times - Wakil Ketua Satuan Tugas Anti-Mafia Bola Mabes Polri, Brigjen Krishna Murti, menyinggung klub PSM Makassar dalam unggahannya di media sosial Instagram. Tak tanggung-tanggung, mantan Wakil Kapolda Lampung itu tiga kali mengunggah konten yang terkait dengan tim berjuluk Juku Eja.

Unggahan melalui akun @krishnamurti_bd91 meluncur di tengah momentum kepolisian mengusut dugaan praktik mafia dan pengaturan skor di persepakbolaan Tanah Air. PSM, runner up Liga 1 musim 2018, disebut sebagai salah satu pelaku sepak bola yang patut dibanggakan.

Unggahan pada Kamis (21/2) tersebut kontan memancing reaksi warganet. Sebagian menyatakan terharu, ada pula yang menyatakan dukungannya terhadap Satgas. Berikut unggahan Krishna yang banjir komentar.

Baca Juga: Hampir Pasti Lolos, PSM Fokus Asah Taktik

1. PSM disebut klub pelit terhadap wasit

Krishna pertama kali menyinggung PSM Makassar melalui unggahan sekitar pukul 09.00 WITA. Dia menampilkan sebuah foto logo klub berlatarkan motif kain sutra seperti di seragam kandang tim. Dia mengisi caption dengan membocorkan hasil pemeriksaan Satgas terhadap sejumlah wasit, yang menyebut PSM jauh dari praktik pengaturan skor.

"Menurut info para wasit2 yg diperiksa:

Klub ini adalah salah satu klub yg tidak pernah kasih “sesuatu” ke perangkat pertandingan. Kata mereka ini adalah “klub pelit ke wasit”.. .

Tapi sejarah akan selalu membuktikan: Bahwa Kejujuran adalah pemenang sejati.. Pertahankan Ewako.. #kmupdates (ini hanya salah satu klub, artinya ada yg lain yg juga spt ini) @psm_makassar,” Krishna menulis.

Unggahan ini disukai 61 ribu kali dan dikomentari 6 ribu lebih akun Instagram. Pada kolom komentar, warganet menumpahkan beragam tanggapan.

“Saudara tertua emang selalu jadi tauladan buat adek-adeknya ndan,” tulis @balqis.fadli.

“Juara Liga1 2018 sesungguhnya #ewakopsm,” @msugihyaska menimpali. 

2. PSM dijadikan cerminan tim jujur

Pada unggahan lain, Krishna Murti menunggah video tayangan lambat para pendukung PSM di tribun penonton. Sebagian menitikkan air mata, sembari menyanyikan dukungan untuk tim pujaannya. Tak jelas kapan video diambil, namun kemungkinan ada kaitannya dengan kegagalan PSM juara Liga 1 musim lalu.

Krishna, di kolom keterangan, menyerukan para suporter bola di seluruh Indonesia untuk mengajak pengurus klub untuk jujur. Sepakbola disebut sebagai harga diri, sehingga kalah dengan jujur lebih baik dibandingkan menang dengan menggadaikan kejujuran. Video ini diputar lebih dari 308 ribu kali.

"Saya bukan orang Makasar. Saya orang Indonesia lahir di Ambon, Besar di Jakarta Malang dan Bandung. Tapi hari ini saya nyatakan, SAYA BANGGA KEPADA KALIAN PSM.. I LOVE YOU PSM EWAKO #kmupdates(Mudah2an suatu waktu saya bisa nonton bola bersama kalian di stadion kebanggaan Makasar) @psm_makassar.

Maaf ini bukan bicara mafia, bukan bicara Satgas, bukan bicara gelar. Ini bicara bgmn Kalian menjaga SIRI’ di sepakbola..” tulis @krishnamurti_bd91.

3. Momen mengharukan di pengujung musim

Pada Kamis (21/2) sekitar pukul 17.00 WITA, Krishna Murti kembali menunggah momen tentang PSM Makassar. Kali ini menayangkan video pertandingan terakhir Wiljan Pluim di Liga 1 musim 2018. Saat itu mereka menang 5-1 atas PSMS Medan.

Meski menang, PSM gagal keluar sebagai juara. Sebab, Persija Jakarta unggul poin di klasemen akhir. Meski bersedih, pendukung PSM tetap berpesta untuk merayakan perjuangan tim di sepanjang musim.

Dalam waktu satu jam, video ini sudah ditayangkan 29 ribu kali. Krishna Murti tampak membalas sejumlah komentar-komentar yang masuk. 

"WAHAI SUPPORTER SE INDONESIA ??: NONTON BOLA ITU SEPERTI INI. KALAH MENANG, JUARA GAK JUARA. GAK PERLU RUSUH, GAK PERLU LEMPAR2 BOTOL..!!!! ??????❤️❤️❤️❤️❤️❤️ #kmupdates"

4. Persib dan Persipura juga jadi contoh

3 Ocehan Krishna Murti soal PSM Makassar Ini Banjir Komentar WarganetIDN Times/Galih Persiana

Krishna Murti tidak hanya menyinggung PSM Makassar. Sebab pada unggahan lain, dia juga memuji tim lain yang dianggap 'bersih'. Dua di antaranya Persib Bandung dan Persipura Jayapura.

Krishna Murti tergolong orang yang aktif di Instagram. Jika kamu ingin mengetahui perkembangan terbaru seputar Satgas Anti-Mafia Bola, kamu bisa ikuti di akunnya. Setiap hari, dia secara berkala mengunggah informasi baru, terutama bocoran dari hasil penyelidikan kepolisian. Dan seperti biasa, unggahannya selalu ramai komentar.

Baca Juga: Sambut Piala AFC, PSM Makassar Gelar Pemusatan Latihan di Yogyakarta

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You