5 Pemain Marseille 2022/2023 Pernah Merumput Bersama Klub Inggris

Didominasi oleh mantan punggawa MU dan Arsenal

Berbicara tentang Ligue 1 Prancis tidak melulu tentang Paris Saint Germain (PSG) dan Olympique Lyon. Banyak kekuatan lain yang perlu diperhitungkan, salah satunya adalah Olympique Marseille. Marseille yang untuk sementara berada di posisi kedua klasemen sementara Ligue 1 2022/2023 dengan koleksi 52 poin masih berselisih 8 poin dari PSG sebagai pemuncak klasemen.

Klub yang sudah menjuarai sembilan kali Ligue 1 Prancis sepanjang sejarah klub seperti menemukan kembali jati diri mereka musim ini. Kegemilangan tim besutan Igor Tudor tak lepas dari solidnya skuad yang tengah mereka miliki.

Beberapa pemain yang menjadi tumpuan Marseille menjalankan tugasnya dengan baik. Beberapa di antara mereka ternyata juga pernah merumput bersama klub-klub Inggris. Siapa saja mereka? 

1. Eric Bailly

5 Pemain Marseille 2022/2023 Pernah Merumput Bersama Klub InggrisEric Bailly (manutd.com)

Pemain asal Pantai Gading berusia 28 tahun ini sebelumnya pernah merumput bersama Manchester United. Dia didatangkan Marseille pada Agustus 2022 dengan status pinjaman. Penampilan Eric di Inggris yang kurang memuaskan membuat manajemen Setan Merah memutuskan untuk meminjamkannya ke klub asal Prancis tersebut.

Kini, Eric Bailly menjadi pilihan utama Igor Tudor di lini belakang. Setelah masa peminjamannya berakhir pada Juni 2023, kemungkinan besar Marseille akan mengajukan opsi untuk memermanenkan status Eric Bailly kepada Manchester United.

2. Dimitri Payet

5 Pemain Marseille 2022/2023 Pernah Merumput Bersama Klub InggrisDimitri Payet (uefa.com)

Dimitri Payet bak "anak hilang" bagi Marseille. Setelah 2015 hijrah dari Marseille ke West Ham United, 2 tahun kemudian dia kembali pada klub yang sudah membesarkan namanya tersebut. Igor Tudor pun tak ragu menyematkan ban kapten di lengannya.

Catatan 3 assist dan 2 gol dari 19 penampilan ia torehkan pada Ligue 1 2022/2023. Penampilan impresif pria yang kini berusia 35 tahun tersebut berhasil membawa Marseille menempel PSG di puncak klasemen sementara dengan selisih delapan angka.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Dijual Marseille ke Klub Premier League

3. Matteo Guendouzi

5 Pemain Marseille 2022/2023 Pernah Merumput Bersama Klub InggrisMatteo Guendouzi (ligue1.com)

Didatangkan dari Arsenal pada 2022, Guendouzi berhasil memberikan nyawa baru pada skuad berjuluk Les Phoceens ini. Pemain berpaspor Perancis berusia 23 tahun tersebut membuat lini tengah Marseille berdetak.  

Penampilan ngototnya jadi warna baru untuk tim besutan Igor Tudor ini. Catatan 4 gol dan 4 assist jadi sumbangsih Guendouzi untuk Marseille demi menjaga asa menikung PSG demi gelar juara Ligue 1 2022/2023.

4. Alexis Sanchez

5 Pemain Marseille 2022/2023 Pernah Merumput Bersama Klub InggrisAlexis Sanchez (ligue1.com)

Penyerang syarat pengalaman satu ini selalu menggila pada tiap tim yang ia bela. Sejauh musim ini berlangsung, 13 gol sudah dibukukan oleh Alexis Sanchez di semua kompetisi bersama Marseille.

Alexis Sanchez sendiri telah malang melintang di kompetisi Eropa, termasuk Arsenal dan Manchester United. Didatangkan dari Inter Milan pada 2022 dengan status bebas transfer, Sanchez buktikan dengan penampilan gemilangnya bersama Les Phoceens.

5. Nuno Tavares

5 Pemain Marseille 2022/2023 Pernah Merumput Bersama Klub InggrisNuno Tavares (portugoal.net)

Selanjutnya, ada pemain masa depan Arsenal yang saat ini dalam masa peminjaman di Marseille, yaitu Nuno Tavares. Pemain berusia 23 tahun sudah mengumpulkan 6 gol dari 22 penampilan di liga, padahal posisinya sebagai bek kiri. Masa peminjamannya sendiri akan berakhir pada Juni 2023.

Kecepatan Tavares dalam menyisir dari sisi kiri pertahanan membuat permainan tim memiliki lebih banyak variasi serangan. Pemain asal Portugal ini pun berhasil menjadi pilihan reguler di skuad utama meski usianya bisa dibilang masih muda. 

Marseille merupakan salah satu tim yang tak bisa dipandang sebelah mata pada kompetisi domestik. Performa dari setiap pemain yang terlibat membuat persaingan Ligue 1 menjadi lebih seru untuk disimak. Mampukah sederet nama pemain di atas membantu Marseille menikung PSG di detik-detik perburuan gelar juara Ligue 1 2022/2023 ini? 

Baca Juga: 5 Pemain Non-Eropa Termahal di Olympique Marseille pada 2022/2023

Abdan Sahank Photo Verified Writer Abdan Sahank

Fakta unik ada berbagai macam didunia, mari membaca untuk mengetahui nya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya