6 Fakta Menarik Sepak Bola Indonesia yang Membuat Dunia Tercengang

Sepak bola Indonesia gak bisa dipandang sebelah mata

Sepak bola menjadi salah satu olahraga yang digemari dan mampu menghipnotis perhatian banyak kalangan. Tak kalah menarik dengan sepak bola Eropa, persepakbolaan di tanah air juga berhasil memberikan sebuah warna penting bagi persepakbolaan dunia.

Bahkan ada yang berhasil menjadi trending di dunia. Mau tahu apa saja fakta tentang sepak bola Indonesia yang membuat dunia tercengang? Simak ulasan berikut ini.

1. Fanatisme suporter

6 Fakta Menarik Sepak Bola Indonesia yang Membuat Dunia Tercenganginstagram.com/we_are_indonesia_football

Meskipun fasilitas sepak bola belum memadai dan modern tetapi atmosfer sepak bola Indonesia adalah salah satu yang terbaik didunia. Klub-klub di Indonesia masing-masing memiliki basis suporter yang sangat fanatik yang selalu hadir memberikan dukungan bagi tim kebangaan mereka dalam setiap pertandingan. Bahkan banyak juga pemain dan pelatih dari luar yang menggelar pertandingan pramusim di Indonesia mengakui atmosfer sepak bola Indonesia lebih mengagumkan dari negara lainnya.

2. Wakil Asia pertama di Piala Dunia

6 Fakta Menarik Sepak Bola Indonesia yang Membuat Dunia Tercenganginstagram.com/theafchub

Sejarah mencatat, Indonesia senagai negara pertama yang menjadi wakil benua Asia di ajang Piala Dunia. Kesempatan tersebut didapatkan pada gelaran Piala Dunia Prancis pada tahun 1938. Meskipun masih menggunakan nama Dutch East Indies (Hindia Belanda) namun sejarah mengakuinya sebagai timnas Indonesia.

3. Klub sepak bola yang mendunia

6 Fakta Menarik Sepak Bola Indonesia yang Membuat Dunia Tercenganginstagram.com/amaa_amah01

Selain sejarah tinta emas timnas Indonesia diajang Piala Dunia, ternyata klub-klub di Indonesia juga populer di mancanegara lho. Salah satunya adalah klub Persib Bandung. Dengan berhasil merekrut pemain bintang dunia seperti Charlton Cole dan Michael Essien pada 2018 lalu, membuat nama klub Persib Bandung berhasil mencuri perhatian dunia. Bahkan Persib juga masuk dalam daftar salah satu klub terpopuler yang bersaing dengan klub-klub papan atas Eropa dan mengungguli beberapa klub Eropa lainnya seperti Everton dan Swansea City dari Liga Inggris.

Baca Juga: 5 Legenda Sepak Bola Ini Gak Pensiun di Klub Asalnya

4. Sering masuk daftar suporter dengan koreo terbaik di Asia maupun dunia

6 Fakta Menarik Sepak Bola Indonesia yang Membuat Dunia Tercenganginstagram.com/we_are_indonesia_football

Selain memiliki basis suporter yang sangat fanatik terhadap sepakbola, ternyata ada juga lho hal lain yang berhasil membius para pemikmat dunia sepabola yaitu koreografi suporter saat pertandingan berlangsung. Klub-klub di Indonesia yang biasanya menjadi langganan koreografi terbaik di Asia maupun dunia adalah Persib Bandung, Persija Jakarta, PSS Sleman dan masih banyak lagi.

5. Selalu berprestasi di usia muda

6 Fakta Menarik Sepak Bola Indonesia yang Membuat Dunia Tercenganginstagram.com/mahendraputra182

Di kategori usia muda, persepakbolaan Indonesia selalu mencetak prestasi yang gemilang. Beberapa diantaranya adalah berhasil meraih juara Piala AFF U-16, U-19 dan U-22. Selain itu dikategori U-10 sampai U-12, generasi muda sepakbola Indonesia selalu mengharumkan sepakbola Indonesia dengan berhasil duduk di peringkat terbaik di ajang Danonce Nations Cup (DNC Cup) yang digelar setiap tahunnya dan sudah dianggap sebagai Piala Dunia usia muda oleh FIFA. Bahkan salah satu wakil Indonesia yaitu MFS 2000 yang bermain di Final Dunia Tahun 2006 berhasil menduduki peringkat 4 Dunia. 

6. Memiliki pemain muda dengan skill di atas rata-rata bahkan berhasil trial dan main di Eropa

6 Fakta Menarik Sepak Bola Indonesia yang Membuat Dunia Tercenganginstagram.com/egymaulanavikri

Nama seperti Egy Maulana Vikri memang sudah tidak asing lagi di telinga. Banyak yang menyandingkan gaya permainannya yang sangat impresif seperti beberapa bintang top di dunia. Bahkan Egy dijuluki sebagai Messi-nya Indonesia yang kini memperkuat Lechia Gdansk di Liga Polandia.

Selain itu ada beberapa nama lain yang tidak kalah pamor seperti Tristan Alif yang menjadi rebutan sekolah sepak bola Eropa. Salah satunya adalah akademi Ajax Amsterdam yang juga melahirkan pemain-pemain bintang .

Baca Juga: 10 Bintang Sepak Bola Termahal di Dunia Saat Ini, Ada Idolamu?

Abdi Mauninho Photo Verified Writer Abdi Mauninho

Menulis dan membaca adalah cara terbaik untuk melihat dunia dari sisi yang berbeda. - fb: Abdi Mauninho - ig: @abdie_14 - Youtube: Tapaleuk TV

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Efendi Ari Wibowo

Berita Terkini Lainnya