Mengejutkan! Andrea Pirlo Putuskan Pensiun Dari Dunia Sepak Bola

Apa ya alasan ia tak merumput lagi?

Kabar datang dari Andrea Pirlo. Pemain berusia 38 tahun itu mengumumkan bahwa dia pensiun dari dunia sepak bola.

Diberitakan oleh The Guardian, pertandingan semifinal Eastern Conference kompetisi Major League Soccer, antara New York City FC melawan Columbus Crew pada hari Minggu (5/11/2017) menjadi laga terakhir dalam karier legenda Timnas Italia tersebut.

Pirlo sendiri baru bermain pada menit akhir babak kedua sebagai pemain pengganti. Pada pertandingan itu, NYFC menang 2-0, namun gagal melangkah ke final sebab kalah agregat 4-3.

Keputusan untuk pensiun diumumkan hari Senin (6/11/2017) kemarin melalui sebuah unggahan foto pada akun Instagram pribadinya @andreapirlo21.

Berikut pernyataan lengkapnya :

Pertandingan terakhir di MLS.

Seiring waktu saya di klub NYFC berakhir, saya ingin mengucapkan beberapa kata. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang atas kebaikan dan dukungan yang mereka tunjukkan di kota menakjubkan ini (New York). Terima kasih kepada pendukung yang luar biasa, terima kasih kepada staf pelatih dan semua orang yang bekerja di belakang layar, terima kasih juga kepada rekan-rekan setim saya.

Bukan hanya petualangan di kota New York yang selesai, tapi juga perjalanan saya sebagai pemain sepakbola. Karena itu di kesempatan ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada keluarga dan anak-anak saya atas dukungan dan cinta yang selalu mereka berikan, setiap klub di mana saya mendapat kehormatan untuk bermain, setiap rekan setim yang pernah bermain bersama, semua orang yang membuat karir saya menjadi luar biasa, dan terakhir namun tak kalah pentingnya, semua penggemar di seluruh dunia yang selalu mendukung saya.

Kalian semua akan selalu berada di dalam hati saya.

Keputusannya untuk pensiun sebenarnya tidak mengejutkan banyak orang. Pirlo sendiri mengisyaratkan hal tersebut dalam sebuah wawancara dengan harian olahraga Italia, Gazzetta dello Sport pada bulan Oktober lalu. Usia yang tidak muda lagi menjadi alasan utama untuk gantung sepatu.

Mantan gelandang Arsenal dan Timnas Prancis, Patrick Vieira, yang menjadi manajer Pirlo di klub New York City FC selama dua tahun terakhir mengatakan kepada BBC : "Dia adalah salah satu gelandang terbaik yang pernah ada, dialah yang mengubah persepsi semua orang tentang posisi tersebut,".

"Sebelumnya, gelandang hanya bertugas merebut dan memenangkan bola dari kaki lawan. Tapi kini gelandang juga harus menjadi pengatur permainan tim, peran mereka kini sama pentingnya dengan penyerang,".

Pirlo memulai kariernya di Brescia sebelum memperkuat klub-klub besar di tanah Italia seperti Inter Milan, AC Milan, Juventus. Pada tahun 2015, dia memutuskan menyeberang ke Amerika Serikat untuk bermain bersama New York FC.

Selama 22 tahun, pemain yang dikenal sebagai penggerak permainan tim ini telah merasakan 6 gelar Serie A Italia, 2 trofi Coppa Italia, 2 kali jawara UEFA Champions League dan sekali juara Piala Dunia bersama Timnas Italia di tahun 2006.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya