Ditahan Imbang Barito Putera, Persib Melorot ke Peringkat Keempat

Asa finis setingkat lebih tinggi pupus di penghujung laga

Persib harus mengubur dalam-dalam ambisi finis di zona tiga teratas klasemen Liga 1 2018. Kubu Pangeran Biru hanya sanggup bermain imbang 3-3 saat bersua Barito Putera di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, pada Sabtu (8/12) malam lalu. Saling kejar mengejar langsung tersaji sejak sepak mula.

Gol Rizky Pora sekaligus pembuka keunggulan tim tamu (18') dibalas oleh Ghozali Siregar dua menit berselang. Jonathan Bauman sempat balikkan keadaan (23'), namun berhasil dikejar lewat sepakan Samsul Arif tak berapa lama kemudian. Gol Eze (43') antar Persib memimpin sebelum turun minum.

Setelah masa rehat, Barito baru menggenjot intensitas. Beberapa serangan yang dibangun akhirnya buahkan hasil kala waktu normal sisakan tiga menit. Samsul Arif jadi penyelamat dengan getarkan jala gawang I Made Wirawan. Skor sama kuat tak berubah hingga peluit panjang ditiup wasit Dwi Purba Adi Wicaksana.

1. Pelatih Persib, Mario Gomez, akui fokus anak asuhnya hilang fokus di menit akhir

Ditahan Imbang Barito Putera, Persib Melorot ke Peringkat KeempatPersib.co.id/Rivan Mandala

Berbicara selepas laga rampung, Mario Gomez selaku juru taktik Persib mengakui jika anak asuhnya kerap melakukan kesalahan tak perlu. Gol ketiga Barito pun tercipta akibat level fokus yang anjlok drastis. Evaluasi menyeluruh pun bakal dilakukan tim pelatih setelah liga resmi berakhir.

"Di babak pertama saya pikir kita bermain baik dan kita punya banyak peluang. Tetapi kita hanya mampu mencetak tiga gol. Tapi di babak kedua, kita membuat beberapa kesalahan dan seperti kehilangan fokus. Tapi tak masalah kita harus terus berkembang untuk musim depan yang lebih baik," tandas coach Gomez seperti dilansir oleh laman resmi klub.

Kisah Maung Bandung musim 2018 berakhir anti-klimaks, tren negatif sejak pekan ke-30 jadi lembar terakhir. Supardi Nasir cs pun harus puas finis di peringkat ke-4 dengan raihan poin 52. Mereka terjungkal dari posisi tiga setelah Bhayangkara FC, pada saat bersamaan, menekuk Bali United dua gol tanpa balas.

Baca Juga: Berbagi Poin dengan Persela, Pelatih Persib: "It's OK!"

2. Hasil imbang di Gianyar sudah memuaskan bagi kubu Barito Putera

Ditahan Imbang Barito Putera, Persib Melorot ke Peringkat KeempatLiga-Indonesia.id

Sementara itu dalam kesempatan terpisah, Jacksen F. Tiago dari kubu Barito Putera sepakat bahwa sebiji poin dari Gianyar sudah terhitung maksimal. Apalagi Persib juga berjibaku demi amankan kemenangan melalui strategi ofensif nan kental.

"Ini sebuah pertandingan yang boleh dikatakan cukup menarik karena kedua tim punya keinginan menang. Cukup banyak gol yang terjadi. Kami bisa menutup kompetisi ini dengan satu poin di tandang, kami harus bersyukur dengan itu, karena anak-anak juga memberi perlawanan yang cukup baik. Saya sangat puas dengan kinerja mereka‎," ujar pelatih asal Brasil tersebut.

Tambahan satu poin kukuhkan Laskar Antasari di anak tangga ke-9 berkat torehan nilai sebanyak 47. Unggul tipis dari PSIS Semarang, klub asal Banjarmasin ini duduk setingkat lebih rendah dari Madura United.

3. Hanya bermain imbang, Maung Bandung tergeser oleh Bhayangkara FC

Ditahan Imbang Barito Putera, Persib Melorot ke Peringkat KeempatPersib.co.id/Rivan Mandala

Berikut ini susunan pemain kedua kesebelasan :

Persib (4-4-1-1)

I Made Wirawan; Toni Sucipto, Victor Igbonefo, Indra Mustafa, Ardi Idrus; Supardi Nasir, Oh In-kyun, Hariono (Patrich Wanggai, 90+1'), Ghozali Siregar (Kim Jeffrey Kurniawan, 72'); Jonathan Bauman, Ezechiel N'Douassel

Barito Putera (3-5-2)

Muhammad Riyandi; Muhammad Rifqi (Dandi Maulana Abdulhak, 79'), Aaron Evans, Jajang Sukmara; Gavin Kwan Adsit, Matias Cordoba (Paulo Sitanggang, 82'), Douglas Packer, M. Rafi Syaharil, Rizky Pora; Marcel Sacramento (Nazarul Fahmi, 70'), Samsul Arif.

Baca Juga: Menangi Derby Papadaan, Kandang Barito Putera Angker Hingga Musim Usai

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya