Kerap Sorot Penonton Perempuan, FIFA Tegur Pihak Penyiar Pertandingan

#WorldCup2018 Turut serta dalam membasmi seksisme

Sering menonton pertandingan Piala Dunia melalui layar kaca? Kita pasti sudah akrab dengan momen-momen di mana para suporter yang hadir langsung di stadion mendapat sorotan kamera.

Mereka yang "terpilih" nampang di televisi pun bermacam-macam jenisnya. Ada karena dandanan yang unik, reaksi saat merayakan gol tim kesayangan, hingga wajah-wajah muram setelah tertinggal dari segi selisih angka.

1. Tindakan kameraman menyorot penonton wanita ternyata mengundang teguran FIFA

Kerap Sorot Penonton Perempuan, FIFA Tegur Pihak Penyiar PertandinganMetro.co.uk

Selain itu, ada situasi di mana lensa tertuju pada dara-dara manis yang duduk di tribun. Meski kerap ditujukan sebagai "pemanis mata" selama beberapa detik, kehadiran mereka mempertegas bahwa sepak bola tak hanya milik kaum pria saja.

Namun ternyata, aksi kameraman dalam menyorot penonton ternyata mendapat teguran keras dari pihak FIFA. BBC pada hari Rabu (11/7/2018) kemarin, menurunkan berita bahwa petinggi sepak bola dunia itu meminta pihak penyiar di Rusia dan tim produksi agar mengurangi tindakan tersebut.

2. FIFA khawatir bahwa tindakan pihak penyiar mengarah pada perbuatan seksis

Kerap Sorot Penonton Perempuan, FIFA Tegur Pihak Penyiar PertandinganThe Independent

Federico Addiechi, kepala bidang keragaman FIFA, menyatakan bahwa teguran telah dilayangkan kepada individu-individu terkait usai babak semi final. Saat ditanya apakah larangan tersebut akan diberlakukan secara luas, Addiechi memberi sinyal positif.

"Ini hanya satu dari berbagai macam aktivitas yang akan kami lakukan di masa depan. Ini adalah bentuk evolusi yang normal," terangnya.

Seiring gerakan masif pembelaan hak-hak wanita pasca tagar #MeToo, FIFA agaknya sadar bahwa tindakan pihak penyiar pertandingan bisa mengarah pada perbuatan seksis.

3. Getty Images ternyata pernah lakukan hal yang lebih parah

Kerap Sorot Penonton Perempuan, FIFA Tegur Pihak Penyiar PertandinganStuff.co.nz

Dilansir oleh Associated Press, organisasi Fare Network yang berfokus pada persamaan hak dalam sepak bola, melaporkan bahwa ada 30 kasus seksisme (Termasuk pelecehan) kepada para wanita sepanjang Piala Dunia 2018.

Selain itu, agensi Getty Images juga pernah membuat blunder dengan menerbitkan artikel berisi galeri foto kaum Hawa yang mereka sebut "paling molek". Namun artikel tersebut tak lama kemudian dihapus usai banjir kecaman.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya