Hasil Pertandingan Grup C Asian Games: Suriah Rebut Posisi Runner-Up

Tujuh gol tercipta dalam laga Timor Leste kontra Suriah

Suriah resmi melangkah ke babak gugur dengan status sebagai peringkat dua grup. Tiga poin tambahan mereka dapatkan dengan cara mudah usai tundukkan si juru kunci Timor Leste pada hari Minggu (19/8/2018) malam kemarin.

Sementara itu Cina, dengan mayoritas pemain lapis dua, rupanya masih terlalu tangguh untuk Uni Emirat Arab. Berikut ini hasil matchday terakhir babak penyisihan grup C seperti dihimpun dari situs resmi Asian Games 2018.

1. Timor Leste 2-5 Suriah: lima gol berharga Elang Qasiun

Hasil Pertandingan Grup C Asian Games: Suriah Rebut Posisi Runner-UpAsianGames2018.id

Suriah menang mudah atas "si lumbung gol" Timor Leste. Saling bersua di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, skuat asuhan Muhannad Al-Fakeer tersebut berhasil menang dengan skor telak yakni 5-2.

Tampil amat agresif sejak peluit tanda sepak mula dibunyikan, The Qasioun Eagles berhasil memborong lima angka dari gawang Timor Leste yang dikawal kiper Aderito. Seluruh gol datang dari Zakria Hannan (33'), Mohammed Kamel Koaeh (50') serta hattrick si penyerang Abdulhadi Shalha masing-masing di menit ke-42, 54' dan 90+1'.

Sang lawan sendiri berhasil mencuri sepasang gol. Pertama melalui Rufino Gama saat laga baru berjalan limabelas menit. Kedua berkat Silveiro Garcia lima menit sebelum waktu normal berakhir.

2. Uni Emirat Arab 1-2 Cina: Lapis kedua masih tangguh

Hasil Pertandingan Grup C Asian Games: Suriah Rebut Posisi Runner-UpAsianGames2018.id

Usai pastikan satu jatah di babak 16 besar, Massimiliano Maddaloni sang pelatih Cina memilih mengistirahatkan sejumlah pilar inti. Alhasil saat melawan Uni Emirat Arab di Stadion Jalak Harupat Soreang, enam pemain lapis kedua turun sebagai starter.

Sempat tertinggal lebih dulu dari gol Mohammed Al-Mesmari (32'), The Dragons balikkan keadaan berkat sumbangan angka dari striker Wei Shihao enam menit setelah gol pembuka UEA (38') serta gelandang Yao Junsheng di menit ke-71.

Menilik statistik, Cina justru tampil kurang menggigit. He Chao dan kolega cuma menguasai aliran bola sebanyak 47% dan 5 peluang. Berbeda dengan sang lawan dengan 53% posession ball hingga sanggup mengancam gawang Chen Wei sebanyak 9 kali. Namun, UEA jelas kalah dalam urusan bermain efektif.

3. Cina-Suriah lolos sebagai dengan status juara dan runner-up grup

Hasil Pertandingan Grup C Asian Games: Suriah Rebut Posisi Runner-UpAsianGames2018.id

Dengan status sebagai juara grup, Cina masih menunggu hasil dari matchday terakhir penyisihan pertama pada hari Senin (20/8/2018) ini. Calon lawan mereka untuk sementara mengerucut pada Indonesia atau Thailand yang saat ini duduk di posisi ketiga grup masing-masing. Namun semua masih bisa berubah.

Hal yang sama juga terjadi dengan Suriah. Jika Indonesia menang atas Hong Kong, maka otomatis Palestina (dengan status runner-up grup A) menantang Hussein Al-Shuayb dan kawan-kawan di babak 16 besar.

Sebagai peringkat tiga terbaik, Uni Emirat Arab sudah dihadapkan pada Uzbekistan. Namun Garuda Muda pun punya peluang bertemu UEA jika berhasil finis sebagai pemuncak grup A.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya