Comscore Tracker

Piala Asia 2019: Irak Tundukkan Vietnam dengan Susah Payah

The Lions of Mesopotamia menang tipis atas sang wakil ASEAN

Irak memulai perjalanan di Piala Asia 2019 dengan meyakinkan. Bersua Vietnam, sesama penghuni Grup D, di Stadion Zayed Sports City Abu Dhabi pada Selasa (7/1/2019) malam, mereka berhasil menang dengan skor tipis 3-2. Tiga poin ini pun sejatinya dipetik dengan susah payah.

Singa Mesopotamia bahkan tertinggal lebih dulu pada menit ke-25. Phan Van Duc hendak menuntaskan serangan kilat dengan sebuah sontekan on target. Bek tengah Ali Faez Atiyah yang coba memotong malah membuang bola ke gawang sendiri.

Beruntung kedudukan berhasil disamakan sepuluh menit berselang. Ujung tombak Mohanad Ali Kadhim "menghukum" blunder palang pintu Do Duy Manh saat lakukan intersep. Bola berhasil direbut, striker 18 tahun tersebut sempat mengecoh Que Ngoc Hai sebelum mencetak gol.

1. Vietnam sempat memimpin 1-2 di babak pertama

Piala Asia 2019: Irak Tundukkan Vietnam dengan Susah Payahthe-afc.com

Vietnam tak tinggal diam. Serangan kian digencarkan. Hasilnya terlihat tiga menit jelang turun minum. Tembakan yang dilepas Nguyen Trong Hoang berhasil ditepis kiper Jalal Hassan. Namun bola muntah disambar oleh Nguyen Cong Phuong yang lolos dari kawalan. Skor 1-2 menutup babak pertama.

Sejumlah pergantian yang dilakukan pelatih Irak, Srecko Katanec, buahkan hasil di paruh kedua laga. Humam Tariq menjelma sebagai supersub pada menit ke-60. Gol kedua lahir dari situasi kemelut yang libatkan Mohanad Ali di tengah kepungan tiga pemain Vietnam.

Ali sempat melepas tembakan lemah yang masih bisa diblok. Beruntung bola liar langsung disapu tanpa ampun oleh si gelandang 22 tahun milik Esteghlal tersebut. Momentum kemudian pindah ke tangan Irak di sisa waktu.

2. Tendangan bebas Ali Adnan (6) jadi pemasti tiga poin berharga Irak

Piala Asia 2019: Irak Tundukkan Vietnam dengan Susah Payahthe-afc.com

Ali Adnan jadi pahlawan sekaligus pemasti kemenangan tepat di penghujung masa normal. Tendangan bebasnya tak mampu ditepis oleh kiper Dang Van Lam yang sudah terbang dengan tangan terjulur. Saat wasit Abdulrahman Al-Jassin asal Qatar meniup peuit panjang, skor berubah menjadi 3-2 untuk Irak.

Kini juara Piala Asia 2007 tersebut menempel ketat Iran di puncak klasemen Grup D. Meski punya koleksi poin identik, Team Melli unggul dalam urusan selisih gol setelah melibas Yaman dengan lima gol tanpa balas pada hari Senin (7/1/2019). Sementara Golden Dragons untuk sementara duduk di posisi tiga.

Baca Juga: 5 Perubahan yang Bakal Membuat Piala Asia 2019 UEA Semakin Seru!

3. Ali Faez Atiyah cs untuk sementara duduk di posisi runner-up Grup D

Piala Asia 2019: Irak Tundukkan Vietnam dengan Susah Payahthe-afc.com

Di matchday kedua, Irak akan berjumpa si juru kunci Yaman di Stadion Sharjah pada Sabtu (12/1/2019) mendatang. Pada hari yang sama, Stadion Al Nahyan Abu Dhabi bakal menggelar partai Vietnam kontra Iran.

Berikut ini susunan pemain kedua kesebelasan :

Irak (4-4-2) :

Jalal Hassan Hachim; Ahmed Khalaf, Ali Faez Atiyah, Frans Dhia Putros (Bashar Rasan, 37'), Ali Adnan; Waleed Al-Lami (Alaa Ali Mhawi, 78'), Safaa Adi Abdullah, Osama Shafeeq Rashid (Humam Tariq, 58'), Hussein Ali Al-Saedi; Ahmed Yasin Ghani, Muhanad Ali

Vietnam (4-5-1) :

Dang Van Lam; Nguyen Trong Hoang, Do Duy Manh, Que Ngoc Hai, Bui Tien Dung; Nguyen Qoang Hai, Luong Xuan Truong (Nguyen Huy Hung, 65'), Do Hung Dung, Phan Van Duc (Doan Van Hau, 82'), Nguyen Phong Hong Duy; Nguyen Cong Phuong (Ha Duc Chinh, 63').

Baca Juga: Profil Peserta Piala Asia 2019: Grup F, Sang Samurai Membidik Trofi

Achmad Hidayat Alsair Photo Community Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh mahasiswa tua, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You