Mereka yang Dikontrak Klub Liga 1 Usai Moncer Bersama Timnas U-16

Ada striker Sutan Zico hingga kiper Ernando Sutaryadi

Timnas U-16 kini menjelma sebagai idola baru publik Tanah Air. Tahun 2018 menandai prestasi mentereng pasukan asuhan Fachri Husaini tersebut. Gelar juara Piala AFF berhasil disabet plus keberhasilan lolos ke perempat final Piala Asia.

Moncernya penampilan beberapa penggawa rupanya menarik minat tim dari kasta tertinggi sepak bola Indonsia untuk menyodorkan kontrak. Gencarnya upaya PSSI memutar roda kompetisi usia belia jadi alasan utama perekrutan.

Kehadiran Elite Pro Academy sebagai wadah pertemuan sesama tim muda sejak bulan September kian semarakkan usaha melahirkan talenta masa depan. Berikut daftar singkat anggota Garuda Muda yang kini menjadi bagian dari program pembinaan klub-klub Liga 1.

1. Sutan Diego Zico (Persija)

Mereka yang Dikontrak Klub Liga 1 Usai Moncer Bersama Timnas U-16Persija.id

Sutan Diego Zico resmi menanda tangani kontrak berdurasi tiga tahun dengan Persija Jakarta pada hari Senin (5/11) kemarin. Pemain yang beroperasi di sektor depan ini didatangkan manajemen tim kebanggaan publik ibukota sebagai bagian dari proyek pembinaan jangka panjang.

Pemuda kelahiran 25 Januari 2002 tersebut rupanya sudah lama menyimpan mimpi berseragam Macan Kemayoran. Seperti dilansir situs resmi klub, pemain didikan Chelsea Soccer School tersebut rupanya sudah menonton laga-laga Persija sejak masih berumur 8 tahun.

Di level Timnas U-16, Sutan dikenal sebagai ujung tombak moncer. Total 16 gol berhasil dilesakkan hanya dalam 12 pertandingan. Sebelumnya, Persija telah mendatang dua pemain U-16 lain yakni kiper Muhammad Rizky Sudirman dan bek Muhammad Uchida Sudirman.

2. Bagas Kaffa - Bagus Kahfi (Barito Putera)

Mereka yang Dikontrak Klub Liga 1 Usai Moncer Bersama Timnas U-16Instagram.com/psbaritoputera

Si kembar berbeda posisi resmi merapat ke Barito Putera di tengah gelaran Elite Pro Academy alias Liga 1 U-16. Bek Amiruddin Bagas Kaffa serta penyerang Amiruddin Bagus Kahfi jadi tambahan amunisi bagi tim muda Laskar Antasari.

"Kehadiran Bagas dan Bagus semoga menjadi inspirasi bagi pemain muda Banua. Karena kita memang sedang menyiapkan proyeksi jangka panjang dalam pembinaan anak muda dan pemain yang menjadi aset negara," pungkas manajer Barito, Hasnuryadi Sulaiman, seperti dikutip dari unggahan akun Instagram @psbaritoputeraofficial.

Kehadiran Bagus diharap menambah daya gedor tim asuhan Ilham Romadhona. Striker yang juga didikan Chelsea Soccer School itu memegang status top skorer sementara Timnas U-16 dengan catatan mentereng, yakni koleksi 20 gol dari 10 pertandingan.

Baca Juga: 10 Gaya Kompak Bagas-Bagus, Duo Andalan Timnas U-16

3. Brylian Aldama - Ernando Sutaryadi (Persebaya)

Mereka yang Dikontrak Klub Liga 1 Usai Moncer Bersama Timnas U-16Persebaya.id/Satrio Wicaksono

Persebaya rupanya tak ingin ketinggalan. Pemain tengah Brylian Aldama serta kiper Ernando Sutaryadi dilabuhkan ke Kota Pahlawan. Keduanya pun telah ambil bagian dalam skuat Bajol Ijo Cilik sejak seri ketiga EPA yang berlangsung pada 28 Oktober hingga 3 November silam.

Brylian langsung nyetel dengan skuat besutan Yongki Kastanja. Koleksi dua gol dari empat penampilan jadi bukti nyata. Bersama Nando, dirinya kini bahu membahu membawa Persebaya U-16 lolos ke babak 8 Besar.

"Dengan tambahan Brylian Aldama, kami membangun ulang tim ini. Saya rasa dia tidak butuh waktu lama untuk adaptasi. Dia pemain bagus dan mudah menyesuaikan diri dengan permainan tim," ujar manajer Persebaya U-16, Yahya Hasan Alkatiri, tentang alasan merekrut si gelandang dari tim muda Deltras Sidoarjo seperti dilansir Persebaya.id.

Baca Juga: Timnas U-16 Ucapkan Belasungkawa Atas Insiden yang Menimpa Jakmania

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya