7 Pemain Asing Liga Indonesia yang Pernah Rasakan Piala Dunia

#WorldCup2018 Masih ingat Roger Milla atau Mario Kempes?

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Piala Dunia menjadi ajang para pemain untuk memperlihatkan kemampuan terbaik. Di bawah panji tim nasional, motivasi tinggi untuk mengerahkan segala daya upaya selama 90 menit akan membuahkan hasil ketika turnamen tersebut usai.

Tampil di turnamen akbar empat tahunan itu jelas menjadi satu hal mencolok dalam curriculum vitae. Artinya mereka berhasil menyisihkan puluhan hingga ratusan nama demi satu tempat di tim nasional masing-masing. Hal tersebut menjadi poin istimewa untuk klub-klub yang ingin merekrut.

Tak ketinggalan, beberapa klub sepak bola Indonesia sudah pernah datangkan nama-nama yang pernah datang ke Piala Dunia, merasakan 90 menit penuh tekanan di hadapan puluhan ribu penonton. Berikut ini daftar mereka yang turut menghiasi Liga Indonesia meski hanya sebentar.

1. Roger Milla (Kamerun)

7 Pemain Asing Liga Indonesia yang Pernah Rasakan Piala DuniaNewTelegraph

Sinar Roger Millla di usia senja belumlah redup, dirinya berhasil menahbiskan diri sebagai pemain tertua yang mencetak gol pada Piala Dunia edisi 1994. Di usia 42 tahun, ujung tombak Kamerun itu masih sanggup menarik minat tim-tim untuk merekrutnya.

Namun ujung tombak Kamerun itu rupanya lebih memilih petualangan baru. Tawaran dari Pelita Jaya, klub milik pengusaha kondang Nirwan Bakrie, tak bisa ditolaknya. Alhasil musim perdana Liga Indonesia (1994/95) usai penggabungan Perserikatan dan Galatama dimeriahkan olehnya. Tak sia-sia, Milla berhasil membawa Pelita Jaya ke babak 8 besar.

Hanya semusim bersama Pelita Jaya, sosok bernama lengkap Albert Roger Mooh Miller itu pindah ke Putra Samarinda untuk Ligina 1995/96 sebelum benar-benar pensiun.

2. Emmanuel Maboang Kessack (Kamerun)

7 Pemain Asing Liga Indonesia yang Pernah Rasakan Piala Duniacatwiki.nl

Sepertinya Pelita Jaya benar-benar memanfaatkan hubungan Roger Milla dengan para pemain Kamerun lain. Di musim 1997/98, Emmanuel Maboang Kessack kembali didatangkan ke Stadion Lebak Bulus markas Pelita Jaya untuk mengisi posisi gelandang serang. Kessack sendiri memperkuat timnas Kamerun di Piala Dunia 1990 dan 1994.

Sayang terpaan krisis ekonomi membuat musim harus diakhiri lebih dini sehingga sosok yang menghabiskan waktunya di Liga Portugal itu tak sanggup meraih apa pun dalam perantauannya di Indonesia.

3. Mario Kempes (Argentina)

7 Pemain Asing Liga Indonesia yang Pernah Rasakan Piala DuniaThe National

Sebelum menghilang dari skena sepak bola Indonesia, Pelita Jaya memang dikenal amat jor-joran dalam membeli pemain terutama di tahun-tahun awal Ligina. Seusai Milla hengkang, mereka membidik nama lain untuk didatangkan. Tak tanggung-tanggung, pilihan jatuh kepada legenda hidup Argentina Mario Kempes.

Di usia 42 tahun, Kempes didatangkan dari klub divisi 2 Argentina Fernandez Vial. Merangkap sebagai pemain-pelatih, pahlawan Argentina di Piala Dunia 1978 tersebut sanggup membawa Pelita Jaya ke babak 12 besar.

4. Pierre Njanka (Kamerun)

7 Pemain Asing Liga Indonesia yang Pernah Rasakan Piala DuniaPlanet World Cup

Tampaknya Indonesia memang menjadi tujuan utama para pemain Kamerun yang ingin merantau, mengabaikan faktor usia yang mulai menua. Njanka menjadi bagian dari skuat Kamerun di Piala Dunia 1998 dan 2002.

Berposisi sebagai bek tengah, penggawa andalan Les Lions Indomptables ini mencicipi kerasnya Indonesia mulai musim 2008-09 bersama Persija Jakarta. Namun trofi juara Liga Indonesia baru dirasakannya saat memperkuat Arema semusim kemudian.

5. Ivan Bosnjak (Kroasia)

7 Pemain Asing Liga Indonesia yang Pernah Rasakan Piala DuniaAlchetron

Bosnjak memang hanya tampil sebanyak enam menit di Piala Dunia 2006, namun tak bisa membantah bahwa pemain yang akrab dengan perantauan ini punya catatan yang lumayan memuaskan.

Sayang, hal istimewa tak terulang saat dirinya menjadi bagian dari Macan Kemayoran untuk musim 2014. Hanya mengoleksi 4 gol dari 14 penampilan, Persija hanya finis di papan tengah klasemen Wilayah Barat.

6. Michael Essien (Ghana)

7 Pemain Asing Liga Indonesia yang Pernah Rasakan Piala DuniaZimbio

Tak diragukan lagi bahwa Essien adalah bagian tak terpisahkan dari timnas Ghana pada dekade 2000-an. Gelandang yang lihai dalam menyerang dan bertahan ini menjadi ikon The Black Stars atas pencapaiannya di level timnas dan klub. Bersama Ghana, pemain yang pernah merasakan juara Liga Champions ini turut merasakan Piala Dunia edisi 2006.

Pulihnya kompetisi kasta tertinggi Indonesia membuat para klub berburu pemain dengan status marquee player. Dan Persib menjatuhkan pilihan kepada Essien. Hanya semusim bersama Maung Bandung, dirinya tampil 29 kali dan melesakkan 5 gol.

7. Peter Odemwingie (Nigeria)

7 Pemain Asing Liga Indonesia yang Pernah Rasakan Piala DuniaSky Sports

Tampil di edisi 2010 dan 2014, Odemwingie tak tergantikan di sisi sayap Nigeria. Sempat mencapai puncak performa saat bermain di tanah Inggris, pemain yang lahir di Uzbekistan ini memilih Indonesia sebagai tempat bertualang berikutnya.

Musim lalu, Madura United memperoleh tanda tangan Odemwingie sebagai pelengkap kuota marquee player. Tampil menonjol di putaran pertama dengan mengantar Laskar Sape Kerrab ke puncak klasemen, performanya jeblok akibat hantaman cedera. Alhasil dirinya hanya semusim merumput bersama klub kebanggaan Pulau Madura tersebut.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya