Mereka yang Tertinggi dan Terpendek di Piala Dunia 2018

#WorldCup2018 Tinggi badan bisa menjadi pedang bermata dua

Piala Dunia memang jadi ajang para pemain untuk unjuk kebolehan, jika tak ingin dikatakan sebagai "pamer". Mulai dari skill individu hingga permainan kolektif, nama-nama yang mencolok selama 90 menit akan menjadi buah bibir entah di kalangan pandit, fans hingga para pengamat.

Bicara tentang hal yang mencolok, mungkin secara kasat mata kita akan langsung tertuju pada satu hal: tinggi badan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa hal tersebut menjadi senjata utama beberapa pemain, utamanya dalam skema bola mati. Mereka yang jangkung sudah pasti diuntungkan dalam duel udara.

Yang pendek? Masih ada harapan, permainan dari kaki ke kaki hingga memaksimalkan winger lincah bisa jadi jalan keluar. Siapa saja timnas dengan rataan tubuh tertinggi dan terendah?

Berikut ini daftarnya seperti dihimpun dari BeSoccer dan Football-Observatory.com.

1. Skuat dengan rata-rata pemain tertinggi: Serbia

Mereka yang Tertinggi dan Terpendek di Piala Dunia 2018FIFA.com

Negara pecahan Yugoslavia ini memang dipenuhi para pemain-pemain jangkung. Dengan rata-rata tinggi 185,6 cm. The White Eagles menjelma menjadi sebelam menara kokoh yang membentang mulai dari belakang, tengah hingga depan.

Ada gelandang bertahan Nemanja Matic (1,94 m), gelandang serang Sergej Milinkovic-Savic (1,92 m) yang masih berumur 23 tahun, striker Aleksandar Prijovic (1,91 m) hingga sang kapten sekaligus bek tengah Aleksandar Kolarov (1,87 m).

Sayang, langkah mereka agak tersendat di fase grup. Sempat menang 1-0 atas Kosta Rika, Kolarov dan kawan-kawan selanjutnya ditekuk Swiss dengan skor tipis 1-2. Kini peluang mereka dipertaruhkan saat melawan Brasil di partai terakhir.

Jadi, punya pemain yang tinggi menjulang pun tidak berbanding lurus dengan penampilan di lapangan.

2. Skuat dengan rata-rata pemain terpendek: Arab Saudi

Mereka yang Tertinggi dan Terpendek di Piala Dunia 2018FIFA.com

Tim pertama yang dipastikan mengepak koper ini ternyata punya rataan pemain terpendek yakni 176,2 cm. Namun, memanggil skuat utusan negera kaya minyak itu sebagai sekumpulan kurcaci adalah sebuah perbuatan tidak hormat sebab mereka punya taji di level Asia.

Ada bek Yasser Al-Shahrani (1,71 m), gelandang serang Taisir Al-Jassim (1,69 m), pemain tengah Fahad Al-Muwallad (1,68 m) dan Yahya Al-Shehri yang "hanya" 1,62 m. Pemain-pemain pendek bahkan di lini belakang jelas menjadi hal yang riskan.

The Green Eagles yang amat digdaya di babak kualifikasi zona Asia dibuat tak berkutik saat dihadapkan pada bola-bola tinggi. Menengok performa di partai pertama kontra Rusia saat mereka kalah 0-5, dua gol tercipta dari skema umpan silang yang tak sanggup diantisipasi oleh bek-bek Arab Saudi.

3. Pemain tertinggi: Lovre Kalinic (Kroasia)

Mereka yang Tertinggi dan Terpendek di Piala Dunia 2018Metro.co.uk

Pemain tertinggi di Piala Dunia kali ini adalah Lovre Kalinic, kiper kedua Kroasia yang saat ini memperkuat klub Belgia KAA Gent. Ia memiliki tinggi 2,01 m. Namun di usia yang sudah masuk 28 tahun, dirinya baru 11 kali tampil sebagai starter.

4. Pemain terpendek: tiga pemain

Mereka yang Tertinggi dan Terpendek di Piala Dunia 2018Sky Sports

Ada tiga pemain terpendek pada Piala Dunia kali ini. Mereka adalah Xherdan Shaqiri (Swiss), Yahya Al-Shehri (Arab Saudi) dan Alberto Quintero (Panama) yang sama-sama memiliki tinggi badan 1,65 m.

Hanya Shaqiri yang sanggup mencuri perhatian, pergerakan ekplosifnya di sisi sayap membuahkan sebiji gol dalam kemenangan 2-0 Nati atas Serbia pada Jumat (22/6/2018) kemarin.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya