PSM Makassar Vs PSIS Semarang, Tuan Rumah Menjaga Tuah Kandang

Duel dua tim warisan era Perserikatan, siapa yang akan menang?

Minggu 25 Maret 2018, Stadion Andi Mattalatta Mattoanging Makassar, 15:30 WIB (Live Indosiar)

Duel warisan era kompetisi Perserikatan siap tersaji di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging Makassar pada hari Minggu (25/3/2018) sore. PSM Makassar akan menjamu tim promosi berpredikat "baru tapi lama". Yaitu PSIS Semarang. Kedua tim pun jika ditilik lebih jauh memang sudah punya riwayat pertemuan sejak sangat lama.

Namun si empunya stadion berhak merasa lebih percaya diri. Faktor sebagai tuan rumah, kehadiran suporter dan persiapan Zulkifly Syukur dan kawan-kawan yang dirasa sudah cukup membuat PSM berani mematok kemenangan di laga pembuka mereka, dalam mengarungi kompetisi musim baru.

1. Turun dengan kekuatan penuh, PSM optimis bisa memetik kemenangan di kandang sendiri

PSM Makassar Vs PSIS Semarang, Tuan Rumah Menjaga Tuah KandangTwitter.com/PSM_Makassar

"Persiapan kami sejauh ini sangat bagus. Meski liga harus mengalami perubahan jadwal kick off berkali-kali, namun kini waktunya sudah tiba. Banyak pemains sudah tak sabar ingin memulai kompetisi. Kami pasti ingin kemenangan," ujar pelatih PSM, Robert Rene Alberts, dalam konferensi pers pra-pertandingan seperti dikutip dari PSMMakassar.co.id.

Meski tak diperkuat oleh Asnawi Mangkualam yang dipanggil ke Timnas U-19 dan Bruce Djite yang masih dibekap cedera, PSM dipastikan tetap turun dengan kekuatan penuh. Duet Belanda di lini tengah yaitu Marc Klok dan Wiljan Pluim kembali menjadi motor serangan bersama Saldi, Zulham Zamrun dan Rizky Pellu.

2. PSIS sebagai tim tamu mengaku tak gentar menghadapi teror mental dari publik tuan rumah

PSM Makassar Vs PSIS Semarang, Tuan Rumah Menjaga Tuah KandangInstagram.com/psisfcofficial

Coach Robert sudah percaya diri dengan materi yang sudah lengkap, minus Ferdinand Sinaga yang masih menjalani skorsing akibat kartu merahnya musim lalu. Target menang di hadapan ribuan suporter militan pun dirasa bukan tugas sulit bagi para pemain tim Juku Eja.

Di sisi lain, PSIS mengaku tak gentar dengan status sebagai tim tamu yang otomatis membuat mereka harus mendapat teror dari publik tuan rumah. Apalagi PSIS dalam kancah sepakbola nasional masih diperhitungkan sebagai nama besar peninggalan kompetisi era Perserikatan dan Liga Indonesia.

3. Rekrutan baru "Mahesa Jenar" seperti bek Peter Planic (depan) dan striker Bruno Silva (belakang) diharap bisa memberi kejutan di Makassar

PSM Makassar Vs PSIS Semarang, Tuan Rumah Menjaga Tuah KandangInstagram.com/psisfcofficial

"Kami sudah terbiasa dengan tekanan suporter lawan. Kami mengalami hal tersebut saat mengikuti Piala Presiden dan Piala Gubernur Kaltim. Semua tim datang bukan untuk mengalah. Kami juga sudah memperbaiki kekuatan mental pemain," ujar Dwi Setiawan selaku asisten pelatih PSIS dalam kesempatan yang sama seperti dilansir oleh Liga-Indonesia.id.

Tim Mahesa Jenar kali ini datang ke Makassar bersama pelatih anyar mereka asal Italia, Vincenzo Alberto. Tim tamu juga berharap bahwa para rekrutan baru macam Bruno Silva, Akhlidin Israilov, Ibrahim Conteh hingga kiper Jandia Eka Putra bisa berbicara banyak di kandang lawan.

Berikut ini perkiraan susunan pemain dari kedua tim menurut Liga-Indonesia.id :

PSM (4-2-3-1)
(Kiper) Rivki Mokodompit; (Belakang) Zulkifli Syukur, Abdul Rahman, Steven Paulle, Hasim Kipuw; (Tengah) Rizky Pellu, Marc Klok; Saldi, Wiljan Pluim, Zulham Zamrun; (Depan) Guy Junior

PSIS (4-3-1-2)
(Kiper) Jandia Eka Putra; (Belakang) Gilang Ginarsa, Peter Planic, Haudi Abdillah, Syafrudin Tahar; (Tengah) Hari Nur Yulianto, M. Yunus, Ibrahim Conteh; Akhlidin Israilov; (Depan) Aldaier Makatindu, Bruno Silva.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya