Piala Indonesia 2018: Persija, PSIS dan Persib Lolos ke Babak 64 Besar

Seluruh kesebelasan asal Liga 1 kompak raih kemenangan

Seluruh tim penghuni Liga 1 melewati babak penyisihan pertama Piala Indonesia 2018 tanpa kesulitan. Ada Persija Jakarta, PSIS Semarang serta Persib Bandung yang menggulung sang penantang dari divisi terbawah.

Seusai perkiraan, peserta dari tingkat teratas memang akan melaju dengan mudah. Umumnya mereka baru akan "memeras keringat" saat bertemu kesebelasan dengan level seve setara mulai babak penyisihan ketiga. Berikut ini rangkuman sisa partai-partai babak 128 besar tersebut.

1. Persikabo Kab. Bogor 0-2 Persija Jakarta

Piala Indonesia 2018: Persija, PSIS dan Persib Lolos ke Babak 64 BesarPSSI.org

Dua tim tetangga bertemu di Stadion Sultan Agung Bantul pada hari Kamis (9/8/2018) sore pekan lalu. Awalnya, partai ini rencananya berlangsung di tanggal 1 Agustus. Namun dua venue di kota Bogor, yakni Stadion Persikabo dan Stadion Pakansari, tak bisa digunakan akibat keperluan Asian Games. Alhasil laga dipindah ke hari dan tempat lain.

Turun dengan pemain lapis kedua, Macan Kemayoran memang dominan selama 90 menit. Angka pertama datang dari eksekusi penalti Renan Silva di menit ke-7 setelah salah satu bek lawan melakukan handball. Sementara gol kedua datang dari sundulan Osas Saha, berkat asis Fitra Ridwan, delapan menit sebelum waktu normal rampung.

"Secara keseluruhan kemenangan ini bagus untuk tim dimana kami bisa lolos hari ini, kami cetak gol di menit awal. Kami juga memberikan kesempatan kepada pemain yang jarang bermain ini bagus buat menambah kepercayaan diri mereka agar nantinya bermain di Liga mereka siap," tutur pelatih Persija, Stefano Cugurra, dalam jumpa pers pasca laga seperti dilansir oleh laman Persija.id.

2. Persab Brebes 1-3 PSIS Semarang

Piala Indonesia 2018: Persija, PSIS dan Persib Lolos ke Babak 64 BesarPSSI.org

Langkah PSIS tak terbendung di Zona 7. Bertandang ke Stadion Karang Berahi markas Persab Brebes, pada Jumat (10/8/2018) lalu, mereka membawa pulang kemenangan 1-3. Skuat asuhan Vincenzo Annese itu datang tanpa mayoritas pilar inti seperti Petar Planic, Bruno Silva serta Abou Bakr "Bako" Al-Mel.

Namun, tuan rumah memberi kejutan terlebih dulu. Tendangan bebas Kiki Susanto di menit ke-4 tak mampu dihalau oleh kiper Sendri Johansyah. PSIS baru samakan angka sepuluh menit berselang dari gol Melcior Majefat yang diawali situasi tendangan bebas.

Sepasang angka tambahan Laskar Mahesa Jenar datang pada babak kedua. Semuanya tercipta di penghujung laga. Eksekusi titik putih Fauzan Nasrullah di menit ke-82 dan tendangan Ibrahim Conteh dari luar kotak penalti (86') membuat Persab tak sanggup mengejar defisit angka.

Baca Juga: Timnas U-16 Juara Piala AFF, Jokowi: Mereka Masa Depan Sepak Bola Kita

3. PSKC Cimahi 1-2 Persib Bandung

Piala Indonesia 2018: Persija, PSIS dan Persib Lolos ke Babak 64 BesarPersib.co.id/Rivan Mandala

Maung Bandung mendapat kesulitan saat bersua PSKC Ciamis di Stadion Wiradadaha Tasikmalaya pada Rabu (15/8) sore kemarin. Mereka hanya sanggup menang tipis 1-2 atas sang lawan yang saat ini berkutat di Liga 3.

PSKC sendiri malah berhasil unggul lebih dulu. Lolos dari jebakan offside, sepakan gelandang M. Rodliyan tak mampu dihalau oleh I Made Wirawan yang sudah bergerak maju. Beruntung Airlangga Sicipto berhasil membalas di menit ke-35 setelah diawali kerjasama Muchlis Hadi Ning - Wildan Ramdhani.

Bermain lebih dominan di babak kedua, Persib akhirnya balikkan keadaan. Tendangan bebas Atep pada menit ke-65 jadi penentu kemenangan kubu Pangeran Biru. PSKC sendiri tak mampu berbuat banyak di sisa laga.

"Hari ini kita enjoy. Karena kita menang. Para pemain akan menikmati liburan sampai tanggal 29 Agustus. Setelah itu, kita akan kembali dan berlatih untuk menatap laga selanjutnya kontra Arema (di Liga 1)," tutur Mario Gomez, pelatih kepala Persib, dalam sesi jumpa pers selepas pertandingan seperti dikutip dari Persib.co.id.

4. Sementara itu, Semen Padang menghajar Persih Tembilahan dengan skor telak

Piala Indonesia 2018: Persija, PSIS dan Persib Lolos ke Babak 64 BesarInstagram.com/semenpadangfcid

Sebanyak empat partai lain juga digelar pada awal pekan ini. Berikut ini rangkuman hasilnya seperti dihimpun dari PSSI.org :

Senin, 13 Agustus 2018

  • Persih Tembilahan 1-5 Semen Padang, Stadion Bumi Mansurai Bangko Jambi (Hardiansyah '71 - Afriansyah '5; Ananias Fingkriew '14; Eliazer Thoncy '65 & '74; Manda Cingi '88)
  • Deltras Sidoarjo 2-3 Persiba Balikpapan, Stadion Gelora Delta (Muhammad Dzulfikar A. '46; Wimba Sutan Fenosa '64 - Orock Charles O.N. '22 & '37; Fengky Turnando '43)

Selasa, 14 Agustus 2018

  • Bogor FC 0-0 Persika Karawang (Adu penalti: 6-5) Stadion PTIK Jakarta Selatan

Rabu, 15 Agustus 2018

  • Persipon Pontianak 2-5 Kalteng Putra FC, Stadion Sultan S. Abdurrahman (Mohammad Hanafi '51 & '86 - Dadang Apridianto '16; Bijahil Chalwa '27, '39 & '87; Michael B. Rumere '41)

Dengan ini, praktis tinggal satu laga saja yang belum dimainkan yakni PSBI Blitar versus Persebaya Surabaya. Usai ditunda atas alasan keamanan, jadwal baru kedua tim Zona 11 Jawa Timur tersebut masih simpang siur.

Baca Juga: Faktor-faktor Ini yang Buat Persib Sukses Juara Paruh Musim

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya