PS TIRA Vs Bali United, Sanggupkah Para Serdadu Muda Kembali Bangkit?

Skuat yang bertumpu pada nama lokal bertemu tim dengan jajaran pemain ternama

Senin 30 April 2018, Stadion Sultan Agung Bantul, 18:30 WIB (Live O Channel)

PS TIRA sempat mengejutkan publik sepak bola tanah air di pekan-pekan awal Liga 1 musim ini. Bagaimana tidak. Mereka berhasil menahan imbang Persib di Bandung serta menang atas tim bertabur bintang Madura United.

Namun belakangan, kejutan mereka tampak sudah berhenti. Mereka dihajar 1-4 oleh Persebaya di kandang sendiri serta kebobolan menit-menit akhir oleh PSM pekan kemarin.

Rentetan hasil negatif ini membuat PS TIRA terpuruk di zona degradasi dengan koleksi hanya 4 poin sejauh ini. Menjamu Bali United, mereka coba mengapungkan misi kembali ke jalur kemenangan, meski tim lawan dikenal memiliki materi pemain-pemain mumpuni. Berbeda dengan sang tuan rumah yang banyak mengandalkan pemain-pemain muda.

1. Pelatih PS TIRA, Rudy Eka Priyambada (Kiri), berharap timnya tidak mengulangi kesalahan-kesalahan kecil

PS TIRA Vs Bali United, Sanggupkah Para Serdadu Muda Kembali Bangkit?Instagram.com/pstni_official

“Untuk pertandingan besok, kami sudah siap tempur. Yang pasti kami juga tidak boleh melakukan kesalahan-kesalahan kecil seperti pada laga-laga sebelumnya,” tutur pelatih kepala PS TIRA, Rudy Eka Priyambada, dalam sesi konferensi pers pra-pertandingan seperti dilansir oleh laman Liga-Indonesia.id.

The Young Warriors amat serius menghadapi laga ini, 3 poin amat berarti guna memangkas jarak dengan papan tengah. Evaluasi besar-besaran dilakukan oleh tim pelatih.

Terutama lini belakang yang menjadi bulan-bulanan dalam beberapa laga terakhir. Kebobolan delapan gol dalam 2 pekan terakhir jelas menandakan ada masalah di barisan pertahanan.

Duet Kim Sang-min dan Abduh Lestaluhu bisa kembali dipasang, seusai palang pintu asal Korea Selatan pulih dari masalah kebugaran yang menderanya pekan lalu. Mereka punya tugas berat untuk membendung serangan Bali United yang kerap mengandalkan serangan balik cepat dari sisi sayap.

2. Gelandang andalan tuan rumah, Mariano Berriex (Kanan), diharapkan sudah pulih tepat sebelum laga ini

PS TIRA Vs Bali United, Sanggupkah Para Serdadu Muda Kembali Bangkit?Liga-Indonesia.id

Di lini tengah, sang gelandang andalan yakni Mariano Berriex diharapkan sudah pulih dari cedera paha demi menemani sang kolega Gustavo Lopez. Sementara di barisan penyerang, posisi ujung tombak masih akan dipercayakan kepada Aleksandar Rakic yang akan ditopang oleh dua nama lokal dengan kemampuan mumpuni seperti Wawan Febrianto dan Roni Sugeng.

Dari sisi tamu, Bali United harus menghadapi masalah absennya beberapa pemain seperti Irfan Bachdim dan Yabes Roni yang masih cedera serta Ilija Spasojevic ditambah Ricky Fajrin yang tengah memperkuat Timnas di PSSI Anniversary Cup.

Rotasi besar-besaran kemungkinan akan dilakukan oleh sang pelatih, Widodo Cahyono Putro, demi menambal lubang di beberapa pos.

"Kami tidak boleh terus melihat ke belakang lagi. Rekor pertemuan yang positif akan kami jadikan motivasi di pertandingan besok. Tapi kami juga tidak boleh meremehkan PS Tira. PS Tira membuktikan mampu menyulitkan PSM di Makassar dengan mencetak tiga gol. Jadi rekor pertemuan tidak bisa dijadikan acuan," terang coach Widodo dalam kesempatan yang sama, seperti dikutip dari situs resmi klub BaliUtd.com.

3. Rotasi pemain akan dilakukan oleh Bali United untuk mengisi beberapa pos penting

PS TIRA Vs Bali United, Sanggupkah Para Serdadu Muda Kembali Bangkit?Instagram.com/baliunitedfc

Dalam dua pertemuan mereka musim lalu, Bali United berhasil menang dengan skor tipis 4-3 dan 2-1. Tentu saja ini menandakan bahwa Serdadu Tridatu kerap kesulitan saat bersua tim yang dulu bernama PS TNI tersebut. Barisan belakang tetap akan diisi oleh duet andalan Ahn Byung-keon dan Demerson da Costa.

Di lini tengah, keberadaan Nick Van der Velden dan Milos Krkotic tetap tak tergantikan sebagai pendamping Fadil Sausu sang kapten tim. Yang menjadi perhatian tentu saja posisi ujung tombak yang biasa diisi oleh Spaso.

Yandi Sofyan Munawar bisa saja kembali mengisi posisi tersebut, seperti yang terjadi saat Bali United bertemu Global Cebu dalam matchday terakhir AFC Cup tengah pekan lalu.

Berikut ini prakiraan susunan pemain kedua tim seperti dilansir oleh Liga-Indonesia.id :

PS TIRA (4-3-3) 
(Kiper) Syahrul Fadil; (Belakang) Didik Wahyu, Kim Sang-min, Manahati Lestusen, Abduh Lestaluhu; (Tengah) Firmansyah, Ryan Wiradinata, Gustavo Lopez; (Depan) Roni Sugeng, Aleksandar Rakic, Wawan Febrianto

Bali United (4-2-3-1) 
(Kiper) Wawan Hendrawan; (Belakang) Andhika Wijaya, Ahn Byung-keon, Demerson Costa, Dias Angga; (Tengah) Fadil Sausu, Nick Van der Velden; Milos Krkotic, Stefano Lilipaly, Nyoman Sukarja; (Depan) Yandi Sofyan Munawar.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya