PSM Makassar Lakukan Evaluasi Jelang Laga Kontra PS TIRA

Lini tengah dan depan juga tengah menjadi sorotan

Rentetan dua hasil kekalahan yang didapatkan oleh PSM Makassar di Liga 1 menjadi tanda peringatan bagi sang pelatih kepala, Robert Rene Alberts, untuk segera melakukan evaluasi.

Apalagi tim yang mereka hadapi selanjutnya yaitu PS TIRA, tidak bisa dipandang sebelah mata meski memiliki nasib yang sama dengan PSM di dua pekan ke belakang.

Usai bertolak dari Banjarmasin sekaligus membawa pulang hasil negatif kalah 2-1 dari Barito Putera pada hari Selasa (17/4/2018), Zulkifli Syukur dan kawan-kawan langsung melakukan latihan sekaligus persiapan menghadapi laga lanjutan di pekan kelima pada Sabtu (21/4/2018) mendatang.

1. PSM tengah dalam tren negatif usai kembali kalah di Banjarmasin

PSM Makassar Lakukan Evaluasi Jelang Laga Kontra PS TIRALiga-Indonesia.id

Latihan yang dimulai pada hari Rabu (18/4/2018) sore tersebut akan lebih berfokus pada konsentrasi pemain selama 90 menit. Hal tersebut memang jadi kelemahan yang paling terlihat dalam laga kontra Barito Putera hari Senin (16/4/2018) lalu.

Selain harus kebobolan dua kali dari skema bola mati, pemain-pemain PSM banyak melakukan pelanggaran yang tak perlu pada menit-menit akhir pertandingan.

"Tim sudah mulai berlatih. Kami akan langsung fokus ke laga kandang melawan PS TIRA. Dua gol Barito berawal dari bola mati. Pemain kami masih lemah dalam konsentrasi dan harus kami perbaiki," tutur coach Robert, seperti dilansir oleh Liga-Indonesia.id. Evaluasi memang harus mereka lakukan agar bisa kembali ke jalur kemenangan.

2. Tanpa Wiljan Pluim dan Marc Klok di lini tengah, permainan PSM kurang bertaji

PSM Makassar Lakukan Evaluasi Jelang Laga Kontra PS TIRAInstagram.com/psm_makassar

Lini tengah PSM menjadi bagian yang paling disorot dalam dua pertandingan terakhir. Saat melawan Persela Lamongan di pekan ketiga, gelandang serang Wiljan Pluim yang berperan sebagai otak serangan tim justru mati kutu, akibat taktik penjagaan ketat yang dilakukan oleh skuat asuhan Aji Santoso terhadap pemain berkebangsaan Belanda tersebut.

Sementara dalam pertandingan terakhir kontra Barito Putera, absennya Pluim yang harus ke Belanda untuk urusan keluarga, dan Marc Klok akibat akumulasi kartu kuning, membuat lapangan tengah Juku Eja tidak bekerja maksimal dalam mengatur ritme.

Trio Asnawi Mangkualam, Rasyid Bakri dan Rizky Pellu belum menemukan bentuk permainan terbaiknya. Mereka bahkan lebih banyak turun membantu pertahanan dari serangan Laskar Antasari.

3. Wiljam Pluim sendiri belum terlihat dalam sesi latihan PSM pada hari Rabu (18/4/2018) sore kemarin

PSM Makassar Lakukan Evaluasi Jelang Laga Kontra PS TIRAInstagram.com/psm_makassar

Tuntutan agar coach Robert melakukan rotasi pemain juga menguat. Beberapa pemain yang tampil kurang maksimal di  seperti Guy Junior di lini depan menjadi sasaran kritik. Padahal nama-nama seperti Zulham Zamrun, Agi Pratama, Arsyad Yusgiantoro, Saldy bahkan Bruce Djite yang amat menjanjikan selama pra-musim malah belum pernah merasakan menjadi starter sejak menit awal.

Sementara itu dalam video yang diunggah oleh akun Instagram resmi PSM, @psm_makassar, Wiljam Pluim masih belum terlihat dalam sesi latihan pada Rabu (18/4/2018) sore kemarin di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging.

Marc Klok yang telah menjalani masa skorsing pekan kemarin kemungkinan besar akan kembali masuk di starting eleven PSM dalam laga kontra PS TIRA.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya