Profil Peserta Piala Asia 2019: Grup C, Korsel Siap Mendominasi

Pasukan Taeguk hendak akhiri puasa gelar selama 58 tahun

Tak terasa, hajatan Piala Asia dilangsungkan untuk kali ke-17. Sebanyak 24 tim terpilih bakal memperebutkan supremasi penguasa benua, sekaligus menyabet predikat yang terbaik di antara terbaik. Uni Emirat Arab, negeri kaya minyak di tepi Teluk Persia, menjadi arena penentuan siapa berhak merebut trofi dari tangan Australia.

Meski gaungnya masih kalah dengan turnamen-turnamen sejenis, Piala Asia tetap saja menyimpan daya tarik sendiri. Indonesia boleh saja gagal mengirim wakil lantaran terhalang sanksi FIFA waktu itu. Namun dukungan bisa dialihkan ke sesama wakil Asia Tenggara, kan?

Nah, berikut ini profil singkat dan gambaran seluruh peserta seperti dirangkum dari berbagai sumber. Kali ini kita membahas Grup C yang dihuni sepasang debutan, Kirgizstan plus Filipina. Mereka harus bersaing dengan dua raksasa Asia Timur yakni Korea Selatan dan Cina.

1. Korea Selatan: Si Macan masih penasaran

Profil Peserta Piala Asia 2019: Grup C, Korsel Siap MendominasiFOX Sports Asia

Timnas Korea Selatan memang layak sebagai salah satu kekuatan sepak bola Asia. Talenta-talenta asal Negeri Ginseng sudah teruji kualitasnya di benua Eropa. Namun, tahukah kamu jika mereka terakhir juara Piala Asia pada 1960, alias 58 tahun lalu!

Edisi 2015 silam, puasa gelar mayor hampir saja diakhiri andai Korsel bisa menundukkan Australia di partai puncak. Terbang ke Dubai, tim asuhan Paulo Bento ini masih memelihara rasa penasaran. Trofi supremasi wajib dibawa pulang, sebagai pembuktian jika generasi emas Taeguk Warriors sudah lahir.

Pasca masa menakjubkan di bawah Shin Tae-yong (Juli 2017 - Juli 2018), eks pelatih timnas Portugal datang membawa angin segar. Sentuhan khas Eropa milik Bento membawa angin segar. Buktinya, Son Heung-min cs tak terkalahkan dalam tujuh uji coba terakhir. Dengan rincian 3 kemenangan dan 4 kali imbang.

Menilik daftar pemain Korsel, pantaslah mereka digadang sebagai calon juara. Kim Young-gwon serta Kim Jin-su masih tempati sektor belakang. Di lini tengah ada penggawa liga Eropa macam Ki Sung-yueng (Newcastle United), Koo Ja-cheol (VfL Bochum), Hwang Hee-chan (Hamburger SV) dan Lee Seung-woo (Hellas Verona). Hwang Ui-jo, top skorer Asian Games 2018, juga diboyong.

2. Cina: Melihat racikan Lippi bekerja

Profil Peserta Piala Asia 2019: Grup C, Korsel Siap MendominasiGoal.com

Genap sudah 2 tahun masa bakti Marcelo Lippi sebagai pelatih timnas Cina. Selain berhasil melaju hingga babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2018 (sekaligus amankan satu tempat di Piala Asia 2019), peringkat tiga Piala Asia Timur turut digenggam. Kendati demikian, Lippi masih perlu membidik target lebih.

Tak perlu muluk-muluk, lolos dari fase penyisihan grup dirasa sudah maksimal. Namun, predikat sebagai tim dengan naik-turun prestasi masih iringi langkah Team Dragon. Suporter pun merasa was-was jika melihat catatan setahun kemarin. Zheng Zhi dan kawan-kawan cuma sanggup menang sebanyak tiga kali dari 11 kali uji coba.

Di UEA, nahkoda timnas Italia itu dibebankan misi mendongkrak grafik permainan Cina. Selain akrab dengan kekuatan Korsel, Kirgizstan dan Filipina agaknya bukan batu sandungan berarti.

Komposisi skuat mereka didominasi pemain yang merumput di Chinese Super League. Ada palang pintu veteran Feng Xiaoting, bek favorit Lippi yakni Zhang Linping, gelandang Hao Jungmin juga Hao Xi, hingga Gao Lin sang juru gedor.

Baca Juga: Profil Peserta Piala Asia 2019: Grup A, Potensi Milik Tuan Rumah

3. Kirgizstan: Si debutan mencari pengalaman

Profil Peserta Piala Asia 2019: Grup C, Korsel Siap MendominasiTwitter.com/_FFKR

Jika kamu biasa menganggap Kirgizstan sebagai tim lemah dari antah-berantah, kemungkinan predikat tersebut bakal luntur dalam beberapa tahun lagi. The White Falcons sedikit demi sedikit tancapkan nama di skena sepak bola wilayah Asia Tengah setelah Uzbekistan.

Dua tahun kemarin jadi tahun cemerlang. Selain juarai turnamen mini Aceh Solidarity Cup, tim asuhan juru taktik muda Aleksandr Krestinin juga lolos ke Piala Asia untuk pertama kali sejak berpisah dari Uni Soviet pada 1992 silam.

Grafik meningkat kembali ditunjukkan pada tahun lalu. Di antara 11 rangkaian uji coba, 6 berhasil mereka menangkan. 4 sisanya adalah hasil minor plus sekali imbang. Uniknya, beberapa tim yang pernah mencukur habis mereka kini berhasil ditumbangkan seperti Yordania, Palestina dan India.

Beberapa pemain andalan Kirgizstan antara lain bek Valery Kichin serta penyerang Mirlan Murzaev. Lini tengah jadi sektor andalan dengan keberadaan gelandang mumpuni macam Kairat Zhyrgalbek, Akhlidin Israilov, Edgar Bernhardt hingga salah satu pemain tersubur selama kualifikasi yakni Anton Zemlianukhin.

4. Filipina: Pantang takut adu kualitas

Profil Peserta Piala Asia 2019: Grup C, Korsel Siap MendominasiFOX Sports Asia

Hanya dalam jangka enam tahun, Filipina membangun dengan serius perkara bal-balan. Tak cuma perkara penggawa naturalisasi, revolusi di bidang kompetisi hingga kewajiban klub-klub lokal kantongi lisensi profesional dari AFC turut dilakukan.

Di tampuk kepelatihan timnas, sosok-sosok mumpuni silih berganti datang mengasah kualitas The Azkals. Mulai dari Thomas Dooley, Terry Butcher, Scott Cooper hingga yang teranyar Sven Goran-Eriksson. Publik dalam negeri asal penyanyi Christian Bautista ini pun berharap banyak pada racikan mantan pengasuh timnas Inggris tersebut.

Grafik mereka sepanjang 2018 cenderung positif. Tak hanya tembus semifinal AFF Cup kemarin, mereka menyabet satu tiket ke Uni Emirat Arab dengan status jawara Grup F babak ketiga kualifikasi.

Menilik kedalaman skuat, satu kata langsung tersirat: kualitas. Talenta-talenta didikan Eropa berpadu dengan nama-nama lokal mumpuni. Sebutlah palang pintu senior Carli de Murga dan bek kiri Daisuke Sato (merumput di Liga Rumania). Belum lagi jika berbicara barisan gelandang yang diisi Manuel Ott, Stephan Schrock, Paul Mulders, James Younghusband dan masih banyak lagi.

5. Jika hitung-hitungan segi kualitas, Korsel jelas berada di atas angin

Profil Peserta Piala Asia 2019: Grup C, Korsel Siap MendominasiFIFA.com/Getty Images

Berikut ini jadwal lengkap pertandingan Grup C Piala Asia 2018:

Senin 7 Januari 2019:

  • Cina vs Kirgizstan, Stadion Khalifa bin Zayed - Al Ain, 18:00 WIB
  • Korea Selatan vs Filipina, Stadion Al-Maktoum - Dubai, 20:30 WIB

Jumat 11 Januari 2019:

  • Filipina vs Cina, Stadion Mohammed bin Zayed - Abu Dhabi, 20:30 WIB
  • Kirgizstan vs Korea Selatan, Stadion Hazza bin Zayed - Al Ain, 23:00 WIB

Rabu, 16 Januari 2019:

  • Korea Selatan vs Cina, Stadion Al Nahyan - Abu Dhabi, 20:30 WIB
  • Kirgizstan vs Filipina, Stadion Maktoum bin Rashid Al Maktoum - Dubai, 20:30 WIB

Baca Juga: Profil Peserta Piala Asia 2019: Grup B, Ujian Berat Si Juara Bertahan

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya