Rekap Pekan Kedua Premier League: Dari Kane Hingga Kejutan Brighton

Ada pula cerita heroik dari kiper Timnas Filipina

Pekan kedua Premier League 2018/19 sudah rampung. Dari sepuluh laga, mencuat beberapa cerita. Mulai dari Harry Kane yang akhirnya berhasil patahkan 'Kutukan Agustus' hingga Manchester United tumbang dari tim sekelas Brighton & Hove Albion.

Selain itu, publik sepak bola Asia Tenggara patut berbangga. Neil Etheridge, kiper utama tim nasional senior Filipina, kembali atensi publik berkat aksinya. Berikut ini rekap serta ulasan singkat beberapa laga pilihan seperti dihimpun dari PremierLeague.com.

1. Tottenham Hotspur 3-1 Fulham: Bagi Harry Kane, semua bulan sama saja

Rekap Pekan Kedua Premier League: Dari Kane Hingga Kejutan BrightonTwitter.com/SpursOfficial

Harry Kane bisa mencetak gol di mana saja dan kapan saja. Jelang laga ini, kutukan bulan Agustus kembali menyeruak. Tiga musim menembus tim utama Spurs, dirinya memang belum pernah sekalipun sarangkan bola pada bulan pembuka musim kompetisi.

Namun kesialan akhirnya patah juga. Menjamu Fulham di Wembley Stadium London pada Sabtu (18/8/2018) sore waktu setempat, Kane turut menyumbang satu gol. Manfaatkan asis Erik Lamela, tendangan kaki kanan top skorer Piala Dunia itu menghujam gawang Fabri tepat di menit ke-77.

Sepasang angka lain The Lilywhites datang dari Lucas Moura (43') serta tendangan bebas Kieran Trippier (74'). The Cottagers hanya sanggup mencuri sebiji gol dari sundulan Aleksandar Mitrovic, usai menerima asis matang dari Ryan Sessegnon pada menit ke-52.

2. Chelsea 3-2 Arsenal: Ini Emery atau masih Wenger, sih?

Rekap Pekan Kedua Premier League: Dari Kane Hingga Kejutan BrightonPremierLeague.com

Unai Emery memang berjanji takkan membawa perubahan radikal di Arsenal. Namun begitu masuk pekan kedua, harusnya bisa sedikit mengutak-atik susunan pemain. Nyatanya tidak demikian. Saran orang-orang agar kiper Bernd Leno dan si liar Lucas Torreira dimasukkan ke daftar starter malah tak digubris.

Datang ke Stamford Bridge pada Sabtu (18/8/2018) malam, mereka takluk 3-2. Biang kerok hasil negatif pekan silam seperti Petr Cech dan Granit Xhaka masih hiasi starting line-up. Namun laga berlangsung sengit. Saling mengejar angka terjadi di babak pertama.

Dua gol The Blues datang dari sepakan Pedro sembilan menit pasca sepak mula serta Alvaro Morata di menit ke-20 usai mendapat asis umpan terobosan Cesar Azpilicueta. Jelang turun minum, Arsenal bangkit berkat gol apik Henrikh Mkhitaryan dari luar kotak penalti (37') dan Alex Iwobi empat menit berselang.

Namun tuan rumahlah yang keluar sebagai pemenang. Gol Marcos Alonso di menit ke-81 buyarkan tekad The Gunners membawa pulang sebiji poin. Agaknya Emery musti berbenah, jika tak ingin disebut sebagai "Wenger yang menyamar".

3. Cardiff City 0-0 Newcastle United: Aksi heroik dari kiper The Azkals

Rekap Pekan Kedua Premier League: Dari Kane Hingga Kejutan BrightonTwitter.com/OfficialFPL

Jarang rasanya kita mendengar pemain asal Asia Tenggara menjadi sensasi meski hanya untuk satu laga. Namun ada Neil Etheridge yang jadi pahlawan Cardiff City saat melawan Newcastle United di hari Sabtu kemarin.

Ribuan penonton yang memadati Cardiff City Stadium dibuat berdecak kagum dengan aksinya sepanjang 90 menit. Peluang emas tim lawan berkali-kali dipatahkan kiper Timnas Filipina tersebut.

Puncaknya terjadi pada menit terakhir pertandingan. Wasit Craig Pawson memberi hadiah penalti untuk Newcastle setelah bek Cardiff, Sean Morrison, dianggap menyentuh bola. Neil menunjukkan kelasnya. Kiper didikan Chelsea itu gagalkan penalti Kenedy dengan sempurna.

Meskipun begitu, The Bluebirds tak mampu menang atas 10 pemain. Gelandang The Toon Army, Isaac Hayden, diganjar kartu merah di menit ke-66. Meski berakhir imbang dengan skor kacamata, ini jadi poin pertama untuk kedua tim pada musim ini.

4. Brighton & Hove Albion 3-2 Manchester United: Ketika Si Burung Camar jadi momok

Rekap Pekan Kedua Premier League: Dari Kane Hingga Kejutan BrightonPremierLeague.com

Brighton & Hove Albion kembali menjadi momok bagi Manchester United. Bersua di Amex Stadium pada hari Minggu (19/8/2018) lalu, mereka takluk dengan skor tipis 3-2. Hebatnya, The Seagulls bahkan sudah unggul tiga angka berbalas satu di babak pertama.

Trigol klub asal pesisir tenggara Inggris itu dilesakkan oleh Glenn Murray (25'), Shane Duffy (27') dan eksekusi penalti Pascal Gross (44'). Sementara sepasang gol The Red Devils datang dari sundulan Romelu Lukaku dan, sekali lagi, penalti Paul Pogba di penghujung waktu normal.

Meski dominan, MU kesulitan membongkar ketatnya sektor belakang lawan. Umpan-umpan silang dari lini sayap pun kerap berhasil dipatahkan.

"Kami melakukan terlalu banyak kesalahan, dan kami pun dihukum atas hal tersebut. Kami kesulitan bangkit setelah gol ketiga. Kami sudah mencoba di babak kedua, namun tim lawan sudah bermain dengan percaya diri setelah unggul jauh," tutur Jose Mourinho tentang hasil negatif tim asuhannya dalam sesi jumpa pers selepas laga seperti dilansir oleh ManUtd.com.

Meski terbilang tim gurem, Brighton punya catatan mentereng. Tiga kali bertemu MU sejak promosi musim lalu, mereka menambah koleksi kemenangan menjadi dua dan baru sekali kalah.

5. Sergio Aguero kian lekat dengan julukan "The Hattrick Hero"

Rekap Pekan Kedua Premier League: Dari Kane Hingga Kejutan BrightonPremierLeague.com

Selain itu, Manchester City menghajar Huddersfield dengan skor telak. Sang striker, Sergio Aguero, makin lekat dengan julukan "The Hattrick Hero" berkat sumbangan trigolnya dalam laga tersebut. Berikut ini hasil enam pertandingan lain di pekan kedua:

Sabtu, 18 Agustus 2018:

  • Everton 2-1 Southampton, Goodison Park (Theo Walcott 15; Richarlison 31' - Danny Ings 54')
  • West Ham United 1-2 Bournemouth, London Stadium (Marko Arnautovic 33' Pen. - Callum Wilson 60; Steve Cook 66')
  • Leicester City 2-0 Wolverhampton Wanderers, King Power Stadium (Matt Doherty 29' Gbd.; James Maddison 45')

Minggu, 19 Agustus 2018:

  • Manchester City 6-1 Huddersfield Town, Etihad Stadium (Sergio Aguero 25', 35', 75'; Gabriel Jesus 31', David Silva 48', Terence Kongolo 84' Gbd - Jon Gorenc Stankovic 43')
  • Burnley 1-3 Watford, Turf Moor Stadium (James Tarkowski 6' - Andre Gray 3'; Will Hughes 51'; Troy Deeney 48')

Selasa, 21 Agustus 2018:

  • Crystal Palace 0-2 Liverpool, Selhurst Park (James Milner 45' Pen.; Sadio Mane 90+3').

6. Ketajaman Harry Kane kembali diuji saat Spurs melawat ke Old Traffod pada pekan ketiga

Rekap Pekan Kedua Premier League: Dari Kane Hingga Kejutan BrightonPremierLeague.com

Untuk sementara, Manchester City duduk di posisi teratas dengan koleksi 6 poin dan 8 gol. Liverpool - Chelsea menyusul mengisi posisi tiga besar. Manchester United tertahan di papan tengah bersama Cystal Palace dan Newcastle United. Sementara Arsenal duduk di peringkat ke-17 alias tepat di pinggir zona degradasi.

Di pekan ketiga, Derby London kembali tersaji yakni antara Arsenal kontra West Ham. Sementara Manchester City bakal bertemu dengan juara Championship Division yakni Wolverhampton. Spurs sendiri bakal terlibat dalam partai panas dengan bertamu ke Old Trafford. Berikut ini jadwal lengkapnya seperti (Semua dalam Waktu Indonesia Barat):

Sabtu, 25 Agustus 2018:

  • Wolverhampton Wanderes vs Manchester City, Molineux Stadium, 18:30 WIB
  • Arsenal vs West Ham United, Emirates Stadium, 21:00 WIB
  • Bournemouth vs Everton, Vitality Stadium, 21:00 WIB
  • Huddersfield Town vs Cardiff City, John Smith's Stadium, 21:00 WIB
  • Southampton vs Leicester City, St. Mary's Stadium, 21:00 WIB
  • Liverpool vs Brighton & Hove Albion, Anfield Stadium, 23:30 WIB

Minggu, 26 Agustus 2018:

  • Watford vs Crystal Palace, Vicarage Road, 19:30 WIB
  • Fulham vs Burnley, Craven Cottage, 22:00 WIB
  • Newcastle United vs Chelsea, St. James Stadium, 22:00 WIB

Selasa, 28 Agustus 2018:

  • Manchester United vs Tottenham Hotspur, Old Trafford Stadium, 02:00 WIB.
Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya