Tampil Dominan Sepanjang Laga, Barito Putera Lumat Bhayangkara FC 3-1

Douglas Packer jadi bintang berkat sepasang golnya

Perjuangan Bhayangkara FC sang juara musim lalu untuk mendaki ke papan atas agaknya akan berlangsung semakin sulit. Pasalnya, mereka kembali menelan hasil negatif pekan ini. Bertandang ke stadion 17 Mei Banjarmasin, markas Barito Putera dalam laga Sabtu (28/4/2018) malam, mereka dihajar dengan skor telak 3-1.

Kedua tim sendiri banyak menurunkan pemain-pemain yang sebelumnya duduk manis di bangku cadangan atas alasan rotasi.

Tuan rumah tampil begitu dominan sejak menit awal. Apalagi misi penebusan kekalahan atas Bali United di pekan sebelumnya, membuat motivasi Barito meninggi. Mereka langsung mengancam melalui tendangan akrobatik Samsul Arif saat pertandingan baru memasuki menit ke-4.

Namun bola masih melambung tipis dari gawang lawan. Menit ke-13, tendangan striker BFC, Nikola Komazec dari luar kotak penalti masih bisa ditepis kiper Adhitya Harlan.

Gol yang ditunggu akhirnya datang juga. Gelandang Barito, Douglas Packer, membuka keunggulan berkat sundulannya di menit ke-14 memanfaatkan umpan silang Rizky Pora. Tak lama berselang atau tepatnya di menit ke-22, pemain asal Brazil itu kembali mencatatkan namanya di papan skor berkat gol jarak jauhnya.

1. Dua gol Douglas Packer (Kanan) di babak pertama menyulitkan misi Bhayangkara FC meraih poin

Tampil Dominan Sepanjang Laga, Barito Putera Lumat Bhayangkara FC 3-1Liga-Indonesia.id

Drama terjadi di menit ke-24 saat BFC diberi hadiah penalti akibat salah satu bek Barito melakukan handball. Penalti pertama Paulo Sergio yang sudah menjebol gawang tuan rumah ternyata harus diulang.

Pada kesempatan kedua, bola malah melebar jauh dari sasaran. Kans The Guardian memperkecil defisit angka terbuang percuma. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Laskar Antasari tetap bermain menyerang seolah dua gol Packer belum cukup untuk mengamankan 3 poin. Gol ketiga Barito kembali disumbang oleh gelandang yakni Paulo Sitanggang, yang menjebol gawang Panggih Sembodho di menit ke-57 memanfaatkan assist dari Matias Cordoba.

Tim tamu yang sudah ketinggalan tiga angka bermain lebih terbuka. Beberapa peluang berhasil mereka ciptakan, termasuk sundulan on target Wahyu Subo Seto di menit ke-62 masih bisa digagalkan Adhitya Harlan.

Namun mereka hanya sanggup mencetak satu gol melalui Herman Dzumafo jelang laga berakhir. Kemenangan 3-1 melesatkan mereka ke peringkat kelima klasemen sementara dengan koleksi 10 poin.

2. Tanpa sejumlah pemain kunci, Barito Putera tetap mampu meraih kemenangan

Tampil Dominan Sepanjang Laga, Barito Putera Lumat Bhayangkara FC 3-1Instagram.com/psbaritoputeraofficial

Dalam konferensi pers seusai pertandinga, Jacksen F Tiago sang pelatih Barito Putera mengatakan kemenangan Rizky Pora dan kawan-kawan diraih berkat kedisiplinan para pemain dalam menjalankan strategi.

Kredit dia berikan kepada Douglas Packer dengan raihan dua golnya malam itu. Bagi pelatih asal Brazil itu, 3 poin ini penting sebab diraih tanpa pilar penting semacam Hansamu Yama dan Gavin Kwan Adsit.

"Hasilnya di babak pertama kami sudah bisa unggul dua gol. Itu jelas sesuatu yang sangat bagus karena para pemain bisa menjalankan strategi yang disusun oleh tim pelatih," tutur coach JFT seperti dilansir oleh laman Liga-Indonesia.id.

3. Pelatih BFC, Simon McMenemy, mengakui skuatnya banyak melakukan kesalahan di babak pertama

Tampil Dominan Sepanjang Laga, Barito Putera Lumat Bhayangkara FC 3-1Liga-Indonesia.id

Sementara itu bagi Simon McMenemy selaku arsitek Bhayangkara FC, tim asuhannya banyak melakukan kesalahan fatal di babak pertama. Kesalahan-kesalahan itulah yang berakibat pada bobolnya gawang BFC sebanyak dua kali di 30 menit awal. Ada dua nama hasil rotasi di laga ini yakni kiper Panggih Sambodho dan bek kiri Maldini Pali.

"Barito Putera sangat gencar dalam melancarkan serangan demi serangan sehingga bisa meraih hasil maksimal. Sementara kami banyak melakukan kesalahan di babak pertama. Barulah di babak kedua ada perbaikan meski hasil akhir tidak memihak kami," terangnya dalam kesempatan yang sama.

Di pekan ketujuh, Barito Putera akan melawat ke Stadion Teladan Medan sebagai tamu PSMS pada hari Sabtu (5/5/2018). Sementara Bhayangkara FC akan bertemu dengan perwakilan sesama institusi pertahanan yakni PS TIRA di hari Jumat (4/5/2018) mendatang.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya