Episode Kejutan, PS TIRA Akhirnya Berhenti di Kandang Persipura

Persipura menang dua gol tanpa balas

Tidak ada kejutan yang bisa dihadirkan PS TIRA di Jayapura. Menantang sang penguni Stadion Mandala pada Sabtu (7/4/2018) sore, mereka dipaksa tunduk dengan dua gol tanpa balas. Persipura berhasil membungkam kegemilangan tim tamu yang menjadi buah bibir belakangan ini secara telak.

Persipura sendiri sudah bermain terbuka sejak menit awal. Mereka bahkan berhasil mencetak gol saat laga baru berjalan10 menit melalui sang striker Hilthon Moreira berkat assist dari Ian Louis Kabes. Meski diapit oleh dua pemain belakang PS TIRA, striker asal Brazil itu tetap mampu melepaskan tembakan yang merobek jala gawang kiper Syahrul Trisna Fadillah.

1. Persipura berhasil unggul dua gol di babak pertama

Episode Kejutan, PS TIRA Akhirnya Berhenti di Kandang PersipuraInstagram.com/persipurapapua1963

Tak menunggu waktu lama, Mutiara Hitam menggandakan keunggulan melalui aksi individu penyerang muda Gunansar Mandowen pada menit ke-29 memanfaatkan umpan dari Boaz Solossa. Tak ada gol tercipta di sisa babak pertama. Skor 2-0 untuk Persipura bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, masing-masing tim melakukan serangkaian pergantian pemain. Persipura memasukkan Marcel Sacramento, Muhammad Tahir dan Marcel Alexander Kararbo sementara PS TIRA memilih Sansan Husaini serta Wawan Febrianto.

The Young Warriors sempat bermain lebih menekan di babak ini. Namun tak berhasil memperkecil defisit angka. Dua gol tanpa balas dari tuan rumah terpampang di stadion Mandala hingga laga selesai.

2. Penampilan dua pemain muda Persipura mendapat pujian dari sang pelatih

Selepas pertandingan, Peter Butler, pelatih Persipura, mengatakan bahwa skuatnya bisa meraih kemenangan ini berkat kerja keras dan rasa percaya diri. Terlebih dirinya juga memuji penampilan dua pemain muda, Ronaldo Wanma dan Gunansar Mandowan, yang diturunkan sebagai starter.

"Para pemain bekerja keras dan percaya diri. Terutama poin saya untuk pemain muda, yang kepercayaan dirinya luar biasa. Mereka bisa beri tekanan terhadap lawan. Sebagai pelatih saya akan terus membantu pemain muda untuk berkembang, menambah jam terbang dengan memberi kesempatan bermain," tutur coach Peter seperti dilansir oleh Liga-Indonesia.id.

3. Di sisi lain, pelatih PS TIRA mengakui tuan rumah bermain jauh lebih baik

Episode Kejutan, PS TIRA Akhirnya Berhenti di Kandang PersipuraInstagram.com/pstni_official

Sementara itu, Rudy Eka Priyambada, pelatih PS TIRA memuji permainan apik yang diperagakan tuan rumah. Dirinya pun mengakui bahwa Manahati Lestusen dan kawan-kawan bermain di bawah standar, apalagi dua gol tuan rumah terjadi akibat kesalahan dari pemainnya sendiri.

"Ya terus terang gol-gol Persipura terjadi karena kesalahan kami sendiri. Kami terbawa ritme permainan Persipura. Ini menjadi pekerjaan rumah ke depan. Evaluasinya kami harus lebih banyak kreativitas, harus berkreasi. Biasanya kami main muncul dari belakang. Tapi inilah sepak bola, kadang menang kadang kalah," tuturnya dalam kesempatan yang sama.

Di pekan keempat, Persipura akan melawat ke Palembang sebagai tamu Sriwijaya FC pada hari Sabtu (14/4/2018) sementara PS TIRA akan menjamu Persebaya di Bantul di hari Jumat (13/4/2018).

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya