Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan Kesembilan Liga 1 2018

PSMS jawara "Derby Sumatera", hujan gol di Jayapura, hingga gol kontroversial Diego Assis

Liga 1 telah memasuki pekan kesembilan. Jadwal pertandingan pada sore hari ditiadakan mengingat bulan Ramadan sudah masuk. Alhasil semua laga dilangsungkan pada waktu malam hari.

Namun sayangnya, pertemuan Persebaya Surabaya dan Persib Bandung harus ditunda setelah tidak mendapat izin keamanan dari pihak kepolisian.

Namun pekan ini tetap berlangsung menarik. Sejumlah laga berjalan dengan tensi tinggi serta diwarnai beberapa momen penuh drama. Mulai dari "Derby Sumatera" hingga gol penuh tanda tanya dari gelandang andalan Persela, Diego Assis.

Menariknya, total ada lima laga yang berakhir dengan 1-0. Gol pun baru tercipta di menit-menit akhir pertandingan.

Dari sembilan pertandingan yang tersaji di Jakarta Selatan hingga Makassar pada hari Kamis (17/5/2018) sampai Minggu (21/5/2018), total hanya ada 14 gol yang berhasil tercipta. Sehingga pekan ini tergolong pekan "miskin" dari segi perolehan angka.

1. Tuah kandang baru Bhayangkara FC kembali berlanjut setelah mereka menundukkan Mitra Kukar

Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan Kesembilan Liga 1 2018MitraKukar.com/Agri Winata

Pekan kesembilan diawali dengan tiga pertandingan yang diadakan di Magelang, Malang dan Jakarta Selatan pada hari Kamis (17/5/2018). Ambisi PSIS Semarang untuk mengamankan tiga poin poin penuh di Stadion Mochammad Soebroto Magelang sekaligus keluar dari zona merah ternyata harus kandas di tangan PS TIRA.

Striker The Young Warriors, Alexandar Rakic, menjadi pahlawan kemenangan tim tamu. Memanfaatkan kelengahan barisan belakang tim tuan rumah, ujung tombak asal Serbia tersebut dengan mudah menceploskan bola ke gawang milik Jandia Eka Putra di menit ke-65.

Rakic kembali menggadakan keunggulan di menit ke-76 setelah sepakan keras melengkungnya tak mampu diantisipasi. Raihan tiga poin tandang ini jadi yang pertama bagi skuat asuhan Rudy Eka Priyambada.

Sementara bagi Laskar Mahesa Jenar, duduk di papan bawah harus memaksa coach Vincenzo Annese memutar otak meramu strategi di pekan selanjutnya.

Rumah baru, semangat baru. Tampaknya hal tersebut juga berlaku untuk Bhayangkara FC. Memutuskan pindah ke Stadion PTIK, stadion berkapasitas 5 ribu penonton yang terletak di area Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian Jakarta Selatan, setelah Stadion Gelora Delta Sidoarjo tak kunjung memberi kemenangan ternyata menjadi sebuah keputusan yang tepat.

Menjamu Mitra Kukar, The Guardian berhasil menang dengan skor tipis 1-0. Gol semata wayang ini tercipta di menit ke-42 dari tendangan bebas pemain muda Muhammad Hargianto yang menghujam keras ke bagian tengah atas gawang Gerri Mandagi tanpa bisa dicegah.

Meski kedua tim terus bermain terbuka dan menciptakan beberapa peluang emas, tidak ada lagi gol yang tercipta hingga 90 menit rampung.

2. Perseru kembali telan hasil negatif, kali ini mereka kalah dari Barito Putera

Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan Kesembilan Liga 1 2018Instagram.com/psbaritoputeraofficial

Di awal bulan Ramadan ini, Perseru Serui harus melakoni laga kandang rasa tandang sembari menunggu pemasangan lampu di Stadion Marora rampung. Namun hasil akhir lagi-lagi belum memihak mereka. Dalam laga di Stadion Gajayana Malang, Cendrawash Jingga harus mengakui keunggulan Barito Putera.

Kedua tim langsung saling melakukan jual beli serangan sejak menit pertama. Barito-lah yang berhasil memecah kebuntuan di menit ke-31. Memanfaatkan umpan terobosan dari Samsul Arif, winger Rizky Pora langsung berlari menyambut bola. Tanpa pengawalan berarti, bola berhasil diceploskannya ke gawang Perseru dengan leluasa.

Meski meningkatkan intensitas serangan di babak kedua, Perseru gagal menyamakan atau bahkan membalikkan keadaan. Kekalahan 1-0 jelas menjadi pekerjaan rumah penting bagi sang pelatih, I Putu Gede Dwi Santoso, jika tim asal Pulau Yapen itu tak ingin terperosok lebih dalam di zona degradasi.

Pada hari Jumat (18/5/2018), dua partai tersaji di Gianyar dan Medan. Upaya Bali United untuk keluar dari tren negatif akhirnya menemui jalan keluar. Bersua Arema FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar mereka berhasil menang dengan skor tipis 1-0. Ini jadi kemenangan pertama Serdadu Tridatu setelah dihantam kemelut selama tiga pekan beruntun.

Fadil Sausu dan kawan-kawan awalnya sempat dibuat kerepotam meladeni gaya bermain Arema yang seolah tak canggung dengan teror mental dari suporter tuan rumah. Berkali-kali barisan penyerang BU menyerang, berkali-kali pula upaya dan peluang berhasil dipatahkan.

Kebuntuan akhirnya pecah di menit ke-80. Diawali skema serangan balik dari Nick Van der Velden, gelandang jangkung asal Belanda itu memberi assist matang kepada Stefano Lilipaly. Winger lincah tersebut tak menyia-nyiakan peluang dengan menjebol gawang Arema yang dijaga Joko Ribowo.

Bali United kembali bergairah untuk mendaki ke papan atas, sementara langkah Arema FC dibawah sang nahkoda baru Milan Petrovic masih tertatih-tatih.

3. Pesta gol di Mandala antar Persipura geser Madura United dari puncak klasemen

Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan Kesembilan Liga 1 2018Liga-Indonesia.id

PSMS Medan serta Sriwijaya FC bertemu dalam laga bertajuk "Derby Sumatera" di Stadion Teladan Medan. Sang tuan rumah berhasil menang meski dengan susah payah.

Kedua tim yang sama-sama menurunkan seluruh pemain kunci ini langsung bermain terbuka sejak menit awal. Namun serangkaian peluang di babak pertama malah berujung nihil.

Tensi agak meninggi di babak kedua. Serangan bertubi-tubi Laskar Ayam Kinantan akhirnya membuahkan hasil di penghujung laga. Sepakan melengkung Dilshod Sharofetdinov dari luar kotak penalti gagal diamankan oleh kiper SFC Teja Paku Alam. Gol gelandang asal Uzbekistan tersebut menjadi satu-satunya yang tercipta hingga peluit panjang berbunyi.

Jayapura dan Makassar jadi tuan rumah dua laga di hari Sabtu (19/5/2018). Menjamu Madura United di Stadion Mandala, Persipura sukses tuntaskan misi merebut kembali posisi puncak klasemen, setelah sempat tergeser oleh Laskar Sape Kerrab pada pekan kemarin.

Tak tanggung-tanggung, Mutiara Hitam tundukkan tim tamu dengan skor yang amat telak yakni 6-0. Persipura bahkan sudah unggul tiga gol di babak pertama. Melalui tendangan melengkung nan indah dari sang kapten Boaz Solossa di menit ke-8, sepakan keras Ian Louis Kabes dari luar kotak penalti di menit ke-31 dan kembali dari kaki Boaz pada menit ke-34.

Amukan tuan rumah berlanjut hingga babak kedua. Tiga gol kembali bersarang dari kaki Marcel Sacramento ('58) memanfaatkan kesalahan bek tim tamu, sepakan keras pemain muda Todd Rivaldo Ferre ('73) serta Ian Louis Kabes ('86). Dominasi mutlak Boaz Solossa dan kawan-kawan hadirkan derita untuk Madura United.

4. Sempat berjalan cukup alot, laga PSM kontra Borneo FC berhasil dimenangkan oleh tuan rumah

Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan Kesembilan Liga 1 2018Liga-Indonesia.id

Di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging Makassar, PSM menjamu Borneo FC yang berusaha mencari poin demi menjaga jarak dengan zona degradasi. Kedua tim yang menurunkan para pemain andalan bermain terbuka sejak peluit sepak mula dibunyikan oleh wasit Handri Krsitanto.

Juku Eja beberapa kali mengancam gawang Borneo, namun sang kiper yakni Nadeo Argawinata berhasil melakukan serangkaian penyelamatan penting. Kebuntuan akhirnya pecah di masa injury time babak kedua. Penyerang PSM yakni Guy Junior berhasil mencetak gol dari skema tendangan bebas. Tuan rumah pun menang dengan dramatis.

Tensi tinggi pertandingan berlanjut hingga saat laga selesai. Insiden keributan terjadi setelah berawal dari aksi protes para pemain Borneo FC kepada wasit. Buntutnya, manajamen Borneo melayangkan surat protes berkaitan dengan peristiwa tersebut serta kepemimpinan wasit kepada pihak operator kompetisi dan PSSI.

Duel Persela kontra Persija di Stadion Surajaya pada Minggu (21/5/2018) malam jadi penutup pekan kesembilan. Langsung tancap gas menyerang sejak peluit tanda sepak mula ditiup, tekad sang tamu untuk mencari poin pengobat luka digagalkan oleh dua gol yang dilesakkan Laskar Joko Tingkir.

Laga ini sendiri diwarnai oleh gol dari gelandang Persela, Diego Assis, yang tertangkap kamera mencetak gol menggunakan tangannya saat beradu cepat dengan kiper Persija, yakni Daryono pada menit ke-83.

Laga sempat terhenti beberapa saat setelah protes dilayangkan oleh tim tamu. Namun gol kedua Persela yang tercipta dari kaki Shohei Matsunaga di penghujung waktu babak kedua, membuat Macan Kemayoran terdiam.

Persija yang masih kecewa dengan keputusan wasit Annas Apriliandi memutuskan membawa polemik ini ke pihak operator kompetisi dan PSSI, sama seperti yang dilakukan oleh Borneo FC. Tampaknya wasit menjadi sorotan terbesar pada pekan ini, masalah klasik yang selalu terulang.

5. Berikut ini hasil klasemen Liga 1 pasca pekan kesembilan

Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan Kesembilan Liga 1 2018Instagram.com/liga1match

Setelah sempat tergeser, Persipura kembali ke puncak klasemen Liga 1 usai mengempaskan Madura United ke peringkat ketiga. PSM menempel ketat di posisi kedua dengan koleksi 17 poin, sama dengan Persipura meski hanya berbeda selisih gol.

Menang tipis di Gajayana juga mengangkat Barito Putera naik di tangga klasemen, tancapkan diri di zona empat besar.

Batalnya pertemuan Persebaya dan Persib membuat keduanya masih bertengger di papan tengah bersama Bali United, Bhayangkara FC dan PSMS. Arema, PSIS dan Perseru tidak beranjak dari zona degradasi setelah harus kembali menelan kekalahan pada pekan ini.

Komposisi daftar top skorer tidak berubah banyak. Fernando Rodriguez Ortega (Mitra Kukar) masih kokoh di puncak dengan koleksi 9 gol. Di bawahnya ada Douglas Packer (Barito Putera), Ezechiel N'Douassel (Persib) serta Aleksandar Rakic (PS TIRA) yang berhasil merangsek dengan raihan 7 gol.

Stefano Lilipaly (Bali United) jadi satu-satunya perwakilan nama lokal berkat 6 gol yang berhasil dilesakkannya sejauh ini, bersanding dengan David da Silva (Persebaya) dan Marcel Sacramento (Persipura).

Berikut ini jadwal pertandingan Liga 1 untuk pekan kesepuluh seperti dilansir oleh laman Liga-Indonesia.id:

Selasa, 22 Mei 2018

  • Arema FC vs Bhayangkara FC, Stadion Kanjuruhan Malang, 20:30 WIB (Live Indosiar)
  • Sriwijaya FC vs PSMS Semarang, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, 21:00 WIB (Live O Channel)
  • PS TIRA vs Perseru Serui, Stadion Sultan Agung Bantul, 20:30 WIB (Live Streaming Vidio.com)
  • Mitra Kukar vs PSMS Medan, Stadion Aji Imbut Tenggarong, 20:30 WIB (Live Streaming Vidio.com)

Rabu, 23 Mei 2018

  • Persib Bandung vs PSM Makassar, Stadion Gelora Bandung Lautan Api, 20:30 WIB (Live Indosiar)
  • Borneo FC vs Bali United, Stadion Segiri Samarinda, 20:30 WIB (Live Streaming Vidio.com)

Kamis, 24 Mei 2018

  • Barito Putera vs Persela Lamongan, Stadion 17 Mei Banjarmasin, 20:30 WIB (Live Indosiar)

Jumat, 25 Mei 2018

  • Persija Jakarta vs Persipura Jayapura, Stadion Pakansari Cibinong, 20:30 WIB (Live Indosiar)
  • Madura United vs Persebaya Surabaya, Stadion Gelora Ratu Pamelingan Pamekasan, 20:30 WIB (Live O Channel).
Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya