Ringkasan Pekan ke-20 dan Hasil Klasemen Sementara Liga 1 2018

Persib terjungkal, PSMS dan PS TIRA pupus rekor buruk

Pekan ke-20 sudah rampung. Persib tetap bertengger di posisi puncak klasemen meski kali ini mereka kalah. Bali United pelan-pelan mendaki ke papan atas setelah misi yang mereka bawa ke kandang Perseru berhasil digenapkan.

Masih ada cerita lain, seperti poin tandang pertama PSMS hingga Arema FC yang tak berhasil meraih kado ulang tahun idaman. Ada juga PS TIRA yang berhasil hentikan tren negatif selama tujuh pekan terakhir Berikut ini ringkasan sembilan partai sengit yang diadakan sejak Jumat (10/8/2018) hingga Senin (13/8/2018) lalu.

1. Perseru Serui 1-2 Bali United: Penaklukan Marora yang terulang

Ringkasan Pekan ke-20 dan Hasil Klasemen Sementara Liga 1 2018Liga-Indonesia.id

Bali United resmi menjadi tim kelima yang berhasil menangguk poin di Marora musim ini. Hadapi sang tuan rumah Perseru Serui pada hari Jumat (10/8/2018) sore waktu setempat, mereka berhasil menang dengan skor tipis 2-1.

Publik Marora sempat terdiam lebih dulu setelah Ilija Spasojevic menjebol gawang Annas Fitranto di menit ke-18. Tak tinggal diam, Cendrawasih Jingga samakan angka dari sundulan Beto de Paula enam menit sebelum turun minum.

Gol kedua Bali United lahir dari kaki Melvin Platje di menit ke-66 berkat assist dari Ilija Spasojevic. Kombinasi yang baru mencuat di putaran kedua ini tercatat sudah melahirkan 5 gol dan 3 assist dalam lima pekan terakhir. Pesaing serius duet Eze-Bauman milik Persib?

2. Mitra Kukar 1-0 Persib Bandung: Tren positif pupus di Tenggarong

Ringkasan Pekan ke-20 dan Hasil Klasemen Sementara Liga 1 2018Persib.co.id/M. Jatnika Sadili

Laju tanpa hambatan Persib harus terhenti di Stadion Aji Imbut Tenggarong, markas Mitra Kukar, pada Jumat (10/8/2018) silam. Meski mendominasi selama 90 menit, penyelesaian akhir jadi kendala utama Maung Bandung.

Gol semata wayang tuan rumah datang dari sang kapten tim, Bayu Pradana, tepat di menit ke-87. Gelandang gaek tersebut memang selalu menjadi penyelamat Naga Mekes. Contohnya saat sundulannya di menit akhir jadi pemasti kemenangan atas Arema FC dua pekan silam.

Kemenangan kian istimewa karena inilah tiga poin perdana yang dipersembahkan sang pelatih anyar, Rahmad Darmawan.

3. Persela Lamongan 1-1 PSM Makassar: Hatrrick seri Juku Eja

Ringkasan Pekan ke-20 dan Hasil Klasemen Sementara Liga 1 2018Instagram.com/psm_makassar

Untuk kali ketiga secara beruntun, PSM merasakan seri. Skor imbang 1-1 hiasi lawatan mereka ke Stadion Surajaya Lamongan, kandang Persela, pada Jumat (10/8/2018) lalu. Sempat memimpin lebih dahulu dari gol cepat Ferdinand Sinaga di menit ke-3, Laskar Joko Tingkir membalas berkat gol Diego Assis yang diawali blunder Wiljan Pluim limabelas menit kemudian.

Agaknya ini jadi peringatan untuk Juku Eja. Tergusur dari tiga besar, mereka dituntut harus perbaiki performa selepas masa rehat. Ketatnya persaingan papan atas jadi alasan utama coach Robert Rene Alberts lakukan evaluasi.

4. Sriwijaya FC 1-2 Madura United: Tersungkur untuk ke sekian kali

Ringkasan Pekan ke-20 dan Hasil Klasemen Sementara Liga 1 2018Instagram.com/maduraunited.fc

Hasil negatif kembali dipetik Sriwijaya FC. Kali ini giliran Madura United yang membuat Yoo Hyun-koo dan kawan-kawan tertunduk lesu saat bersua di Stadion Haji Agus Salim Padang pada hari Sabtu (11/8/2018) sore lalu. Mereka ditekuk dengan skor 1-2.

Duet penyerang Madura United yakni Zah Rahan Krangar dan Mamadou Samassa masing-masing menyumbang satu gol tepatnya di menit ke-56 dan ke-84. Sementara sebiji gol hiburan datang dari eksekusi penalti Alan Henrique tepat di menit akhir pertandingan.

Samassa jadi pahlawan kemenangan Laskar Sape Kerrab di laga ini atas sumbangan masing-masing satu gol dan satu assist. Pelatih Madura United, Gomes de Oliviera bahkan lontarkan pujian kepada si rekrutan baru dalam konferensi pers selepas pertandingan.

5. PS TIRA 1-0 Persipura Jayapura: Akhirnya menang juga

Ringkasan Pekan ke-20 dan Hasil Klasemen Sementara Liga 1 2018Liga-Indonesia.id

PS TIRA akhirnya berhasil akhiri rentetan tren negatif selama tujuh pekan. Menjamu Persipura di Stadion Sultan Agung Bantul pada Sabtu (11/8/2018) malam, mereka berhasil menekuk sang tamu dengan skor tipis 1-0.

Satu-satunya gol dalam pertandingan ini terjadi saat pertandingan baru menginjak menit ke-5. Bek Persipura memotong umpan Dzmitry Rekish. Sayang bola yang dibuang malah hinggap di kaki Ahmad Nufiandani. Tak menyia-nyiakan kesempatan, dirinya langsung menjebol gawang Dede Sulaiman yang sudah mati langkah.

Dalam sesi jumpa pers selepas pertandingan, Nil Maizar selaku pelatih kepala PS TIRA menyebut jika kemenangan ini amat penting. Langkah awalThe Young Warriors lepas dari jerat degradasi?

Baca Juga: Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-18 Liga 1 2018

6. Arema FC 2-2 Borneo FC: Tak ada hadiah hari ini

Ringkasan Pekan ke-20 dan Hasil Klasemen Sementara Liga 1 2018Instagram.com/aremafcofficial

Tak ada kemenangan sebagai hadiah ulang tahun ke-31 Arema FC pada Sabtu (11/8/2018) malam. Bersua di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Borneo FC jadi aktor antagonis. Mereka merusak pesta tuan rumah dengan memaksakan hasil imbang 2-2

Selama 90 menit, ada dua nama jadi sentral perhatian. Gelandang Singo Edan, Makan Konate, meyumbang dua gol melalui eksekusi penalti di menit ke-53 dan tendangan bebas pada menit ke-70.

Penyerang anyar Pesut Etam, Matias Conti, pun bukukan catatan serupa. Sepasang gol juru gedor asal Argentina tersebut di menit ke-66 dan ke-83 buyarkan harapan Aremania mendapat kado terindah.

7. Barito Putera 3-1 Persebaya Surabaya: Bukan salah Dimas Galih

Ringkasan Pekan ke-20 dan Hasil Klasemen Sementara Liga 1 2018Persebaya.id/Satrio Wicaksono

Sempat bangkit pada pekan ke-19, Persebaya kembali terjungkal dengan skor telak. Saat bertamu ke Stadion 17 Mei Banjarmasin markas Barito Putera pada hari Minggu (12/8/2018) lalu, mereka dihajar 3-1 oleh sang tuan rumah.

Laga ini diwarnai oleh sepasang blunder kiper milik Bajul Ijo yakni Dimas Galih yang dimanfaatkan Paulo Sitanggang ('34) dan Samsul Arif ('78). Satu gol Barito lainnya datang dari Rizky Pora pada menit ke-59.

Bukannya tanpa perlawanan, Persebaya sudah berusaha sekuat tenaga. Rishadi Fauzi datang memberi harapan dari sepasang golnya di menit ke-73 dan ke-83. Namun itu belum cukup membantu timnya keluar dari kekalahan.

Bejo Sugiantoro, caretaker tim berjuluk Green Force itu enggan mengarahkan telunjuk kepada pemain tertentu atas raihan negatif ini. "Ini tanggung jawab saya. Sepak bola adalah permainan tim, tidak ada seorang pemain yang disalahkan," tegasnya.

8. Persija Jakarta 0-0 PSMS Medan: Imbang rasa menang

Ringkasan Pekan ke-20 dan Hasil Klasemen Sementara Liga 1 2018Instagram.com/psmsmedanofficial

PSMS butuh 20 pekan demi memperoleh poin tandang perdana. Sebiji poin tersebut sudah payah didapatkan saat bertemu Persija Jakarta di Stadion Sultan Agung Bantul pada hari Minggu (12/8/2018) sore lalu. Mereka menahan imbang Macan Kemayoran dengan skor kacamata.

Permainan menyerang sudah disuguhkan, namun gol seolah urung hadir berkat cemerlangnya kedua kiper yakni Shahar Ginanjar (Persija) dan Abdul Rohim (PSMS). Meski aliran bola didominasi Ismed Sofyan cs (58% berbanding 42%), jumlah peluang yang dibukukan kedua tim sepanjang laga adalah 13.

Peter Butler, arsitek Laskar Ayam Kinantan, amat bersyukur atas hasil tersebut. Ini pemutus rekor buruk sejak pekan pertama. Peringkat klasemen yang ibarat bumi dan langit ternyata tidak surutkan tekad Legimin Raharjo dan kawan-kawan ladeni perlawanan Persija.

9. PSIS Semarang 1-2 Bhayangkara FC: Kekalahan yang tak disangka

Ringkasan Pekan ke-20 dan Hasil Klasemen Sementara Liga 1 2018Liga-Indonesia.id

Dua kali berturut-turut bermain di kandang yakni Stadion Moch. Soebroto Magelang, kemenangan susah digapai oleh kubu PSIS. Pekan ini, mereka ditekuk Bhayangkara FC saat bertemu pada hari Senin (13/8/2018) malam kemarin.

Mengusung misi menang, tuan rumah ternyata harus tertinggal lebih dulu. Sundulan Herman Dzumafo di menit ke-16 mengubah arah bola sepakan Adam Alis, kejutkan Joko Ribowo yang sudah mati langkah.

Haudi Abdillah dan kawan-kawan kian tertinggal setelah Paulo Sergio lesakkan gol kedua melalui aksi individu ciamik pada menit ke-48. Sempat perkecil defisit angka dari gol Hari Nur Yulianto di menit ke-53, Laskar Mahesa Jenar tak mampu raih hasil imbang atau bahkan balikkan keadaan.

Pelatih PSIS, Vincenzo Annese, bahkan tak menyangka sedikit pun jika skuatnya bisa kalah meski sudah bermain dominan sepanjang pertandingan.

10. Hasil klasemen sementara Liga 1 2018 pasca pekan ke-20

Ringkasan Pekan ke-20 dan Hasil Klasemen Sementara Liga 1 2018Instagram,com/liga1match

Meski kalah, Persib tetap duduk di posisi teratas dengan koleksi 35 poin. Pangeran Biru sendiri ditempel ketat oleh Madura United dengan selisih hanya 2 poin. Sementara Bali United membayangi dari peringkat ketiga.

Papan tengah berturut-turut dihuni oleh Borneo FC, Persela, Persipura, Mitra Kukar dan Sriwijaya FC. Zona degradasi tetap berisi PS TIRA, PSIS dan serta PSMS. Namun persaingan antara kian ketat setelah ketiganya masing-masing hanya terpisah sebiji poin.

Fernando Rodriguez (Mitra Kukar) masih menempati posisi teratas daftar top skorer sementara dengan koleksi 14 gol. Ezechiel N'Douassel (Persib) tetap bergeming dari runner-up meski kembali absen pekan ini berkat perolehan 13 gol.

Di posisi ketiga ada David da Silva (Persebaya) dengan perolehan 11 gol. Diikuti Stefano Lilipaly (Bali United) dan Samsul Arif (Barito Putera) yang sudah kumpulkan 10 gol.

11. Pekan ke-21 baru bergulir setelah masa rehat Asian Games

Ringkasan Pekan ke-20 dan Hasil Klasemen Sementara Liga 1 2018Liga-Indonesia.id

Kompetisi sedang memasuki masa rehat untuk memberi ruang kepada para pemain Timnas yang berlaga di Asian Games. Alhasil pekan ke-21 baru bergulir pada bulan September mendatang. Berikut ini jadwal lengkapnya seperti dilansir oleh Liga-Indonesia.id (Jadwal, tempat dan waktu bisa sewaktu-waktu berubah) :

Selasa, 11 September 2018 :

  • Persipura Jayapura vs Sriwijaya FC, Stadion Mandala, 13:30 WIB
  • Bali United vs Persela Lamongan, Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, 15:30 WIB
  • Persebaya Surabaya vs PS TIRA, Stadion Gelora Bung Tomo, 18:30 WIB

Rabu, 12 September 2018 :

  • PSMS Medan vs PSIS Semarang, Stadion Teladan, 15:30 WIB
  • Bhayangkara FC vs Perseru Serui, Stadion Gelora Delta Sidoarjo, 18:30 WIB
  • Borneo FC vs Persija Jakara, Stadion Segiri Samarinda, 18:30 WIB

Kamis, 13 September 2018 :

  • Madura United vs Mitra Kukar, Stadion Gelora Ratu Pamelingan Pamekasan, 15:30 WIB
  • PSM Makassar vs Barito Putera, Stadion Andi Mattalatta Mattoanging, 15:30 WIB
  • Persib Bandung vs Arema FC, Stadion Gelora Bandung Lautan Api, 18:30 WIB

Baca Juga: Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-13 Liga 1 2018

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya