Terjungkal ke Posisi Buncit, Pelatih Timnas India Pilih Mundur

Keluarga jadi salah satu pertimbangan keputusan Constantine

Pasca kalah secara menyakitkan dari Bahrain, Stephen Constantine resmi meletakkan jabatannya sebagai pelatih timnas India. Hal tersebut diumumkannya dalam sesi konferensi pers selepas laga rampung di Stadion Sharjah pada Senin (14/1/2019) malam kemarin.

"Saya mundur. Saat mulai bekerja empat tahun lalu (2015), tujuan utama adalah lolos ke Piala Asia AFC dan telah terwujud. Saya sangat bangga dengan para pemain atas semua yang mereka beri. Saya ingin berterima kasih kepada AIFF (Federasi Sepak Bola Seluruh India) atas dukungan penuh selama ini," tuturnya seperti dilansir laman the-afc.com.

1. Perjalanan India di Piala Asia 2019 berakhir anti-klimaks

Terjungkal ke Posisi Buncit, Pelatih Timnas India Pilih Mundurthe-afc.com

Nasib The Blue Tigers di Piala Asia 2019 ini memang terbilang tragis. Sempat tampil memukau di laga pembuka dengan melibas Thailand 4-1, sekaligus duduki puncak klasemen Grup A, grafik penampilan justru menukik tajam. Mereka lalu kalah 0-2 dari tuan rumah Uni Emirat Arab pada matchday kedua.

Puncaknya saat dijungkalkan Bahrain lewat gol menit akhir meski sudah peragakan permainan bertahan nan apik sepanjang waktu normal. Dua hasil minor beruntun pun mengirim Sunil Chhetri ke posisi juru kunci.

Lebih jauh, Constantine menyebut keluarga jadi salah satu faktor utama pengunduran dirinya. Di masa tugas keduanya (dengan 2002-2005 sebagai periode pertama), ia mengaku jadi kehilangan waktu bersama sang istri dan melihat sang buah hati tumbuh.

Baca Juga: Piala Asia 2019: Penalti Menit Akhir Bahrain Patahkan Harapan India

2. Keluarga jadi pertimbangan utama mundurnya Stephan Constantine dari kursi pelatih The Blue Tigers

Terjungkal ke Posisi Buncit, Pelatih Timnas India Pilih Mundurthe-afc.com

"Hari ini adalah ulang tahun istri saya. Selain itu, saya belum pernah pulang ke rumah selama enam tahun. Saya bahkan hanya menengok ketiga putri setiap tiga atau empat bulan sekali. Sudah saatnya kembali pada keluarga," ujar sosok 56 tahun asal Inggris tersebut dengan mata berkaca-kaca.

Constantine sendiri perpanjang daftar pelatih yang mundur atau dipecat saat fase penyisihan grup Piala Asia tengah berlangsung. Sebelumnya ada Milovan Rajevac di timnas Thailand (pasca partai perdana) serta Bernd Stange yang memilih hengkang dari kursi kepelatihan Suriah (laga kedua).

3. Sunil Chhetri (11), sang kapten, masih percaya dengan masa depan timnas India

Terjungkal ke Posisi Buncit, Pelatih Timnas India Pilih Mundurthe-afc.com

Kendati ditinggal sang pelatih, Sunil Chhetri selaku kapten tetap yakin dengan masa depan timnas India. Pil pahit menjadi pelajaran berharga, terutama dari segi mentalitas saat terjun dalam kompetisi internasional. Bagi banyak pengamat, apa yang ditunjukkan di Uni Emirat Arab adalah awal dari kebangkitan.

"Sekarang kami sampai di level inim dan telah melihat apa yang diperlukan untuk bersaing dengan yang terbaik di benua Asia. Beberapa langkah bagus telah diambil, namun karena taget melaju lebih jauh gagal terwujud, kami tidak bisa bahagia ataupun puas," pungkas ujung tombak 34 tahun itu dalam kesempatan terpisah.

Baca Juga: Pelatih Thailand Dipecat Usai Dibantai oleh India di Piala Asia 2019

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya