Tundukkan Mitra Kukar 2-1, Persipura Kembali ke Puncak Klasemen

Laga ini diwarnai dengan dua kartu merah yang melayang dari saku wasit

Peluang Persipura untuk menjuarai Liga 1 musim ini tampaknya sudah terbuka lebar setelah berhasil menjaga rekor cemerlang yakni belum pernah kalah sejak Liga 1 musim ini dimulai. Menjamu tamunya asal Tenggarong yakni Mitra Kukar di Stadion Mandala Jayapura pada Sabtu (21/4/2018) sore, mereka kembali meraih kemenangan dengan skor tipis 2-1.

Turun dengan kekuatan penuh, tim tuan rumah sudah bermain menekan sejak menit awal pertandingan. Persipura bahkan sudah mampu unggul satu gol lebih dulu berkat tendangan bebas Ian Louis Kabes pada menit ke-12 yang gagal diantisipasi oleh barisan belakang tim tamu.

Ian Kabes tampaknya menjadi aktor utama dalam laga ini. Sepak pojoknya pada menit ke-19 berhasil dikonversi menjadi gol sundulan oleh sang ujung tombak, Marcel Sacramento. Gawang tim tamu yang dijaga oleh Gerri Mandagi pun harus bobol untuk kedua kalinya. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

1. Persipura menutup babak pertama dengan keunggulan dua gol tanpa balas

Tundukkan Mitra Kukar 2-1, Persipura Kembali ke Puncak KlasemenInstagram.com/persipurapapua1963

Masukk babak kedua, Mitra Kukar mulai bermain terbuka dan keluar menyerang. Naga Mekes sempat mengancam gawang Persipura yang dijaga Dede Sulaiman pada menit ke-51, namun tendangan Bayu Pradana memanfaatkan umpan mendatar dari Danny Guthrie masih melayang terlalu tinggi dari sasaran.

Di menit-menit akhir, salah satu pemain dari masing-masing tim menerima kartu merah. Dari kubu Persipura, penyerang muda Gunansar Mandowen terpaksa diusir oleh wasit akibat menyikut pemain lawan. Sementara dari Mitra Kukar, Hendra Adi Bayauw harus mandi lebih cepat setelah berlaku tidak hormat kepada hakim garis dengan cara melempar bola ke wajahnya.

Satu gol hiburan dari Mitra Kukar berhasil dicetak oleh Septian David Maulana pada menit ke-90 memanfaatkan kelengahan barisan belakang Mutiara Hitam yang gagal memotong umpan terobosan dari Arif Suyono. Hingga peluit panjang tanda pertandingan selesai ditiup oleh wasit, skor 2-1 yang menghiasi papan skor tetap tidak berubah. Raihan tiga poin ini pun membawa Persipura kembali ke puncak klasemen sementara Liga 1.

2. Pelatih Persipura, Peter Butler, mengaku sempat ketar-ketir saat dua pemain intinya terpaksa diganti pada babak pertama

Tundukkan Mitra Kukar 2-1, Persipura Kembali ke Puncak KlasemenLiga-Indonesia.id

Dalam konferensi pers pasca pertandingan, Peter Butler selaku pelatih kepala Persipura bersyukur dengan kemenangan ini. Apalagi dua pemain andalannya yakni Ricardo Salampessy dan Boaz Solossa yang turun sebagai starter terpaksa harus ditarik pada babak pertama setelah penampilan mereka belum maksimal. Diakuinya bahwa dua pergantian dini yang dilakukannya berimbas pada menurunnya intensitas permainan.

"Babak pertama kami memegang kendali permainan, hingga bisa mencetak 2 gol. Tapi di babak kedua permainan kami menurun, akibatnya tim lawan bisa cetak gol. Menurut saya kehilangan Ricardo Salampessy dan Boaz Solossa membuat Persipura sedikit menurun," tutur coach Butler seperti dilansir oleh laman Liga-Indonesia.id. Pelatih asal Inggris itu juga mengaku kecewa atas aksi temperamental Gunansar Mandowen yang dianggapnya merugikan tim.

3. Pelatih Mitra Kukar, Rafael Berges, mengakui bahwa tuan rumah tampil amat dominan di laga ini

Tundukkan Mitra Kukar 2-1, Persipura Kembali ke Puncak KlasemenInstagram.com/persipurapapua1963

Di kubu lawan, misi Mitra Kukar untuk membalas kekalahan telah pada musim kemarin harus menemui kegagalan. Bahkan target minimal raihan satu poin dari Mandala pun tidak menjadi kenyataan. Sang pelatih kepala, Rafael Berges, mengakui keunggulan tuan rumah dalam mendominasi seluruh lini sudah diperlihatkan sepanjang 90 menit.

"Persipura memang tim yang bagus di semua lini. Mereka pantas menang dalam pertandingan ini. Saya salut dengan Persipura. Persipura sangat superior. Mereka berhak menang atas Mitra Kukar. Selamat juga buat Persipura yang mampu mempertahankan posisi di papan atas klasemen," tuturnya dalam kesempatan yang sama.

Di pekan keenam, Persipura akan bertandang ke Malang untuk menghadapi Arema FC pada hari Jumat (27/4/2018) mendatang sementara menerima lawatan dari Persebaya di hari Minggu (29/4/2018).

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya