UEFA Nations League: Spanyol Vs Kroasia, Misi Wujudkan Ekspektasi

Luis Enrique optimis dengan kombinasi tua-muda La Furia Roja

Rabu 12 September 2019, Estadio Manuel Martinez Valero Elche, 01:45 WIB

Usai memetik kemenangan tipis 2-1 di Wembley atas Inggris, Spanyol kini bersiap menjajal salah satu kekuatan baru sepak bola Eropa. Pasca episode negatif di musim panas kemarin, Luis Enrique menanggung beban berat di pundaknya. Generasi emas memang telah berlalu, namun publik banyak berharap agar para pemain muda mampu meneruskan marwah.

"Pengalaman datang seiring usia, belajar cara menghadapi situasi tertentu juga penting. Pemain muda mungkin masih mencari tempat di tim dan menimba pengalaman. Tapi saya pikir kombinasi (senior-junior), dalam banyak kasus, biasanya pilihan yang terbaik," pungkas Luis Enrique dalam sesi jumpa pers pada hari Senin (10/9) kemarin seperti dilansir sefutbol.com.

1. Saul Niguez jadi pemain muda paling bersinar kala Spanyol bertemu Inggris pekan kemarin

UEFA Nations League: Spanyol Vs Kroasia, Misi Wujudkan EkspektasiUEFA.com/Getty Images

Keputusan Enrique memang jitu. Saul Niguez, gelandang serang 23 tahun, turut menyumbang angka. Selain kerap hadirkan ancaman ke gawang, penggawa Atletico Madrid tersebut amat aktif entah dalam menyerang hingga merebut bola dari pemain lawan. Energi khas pemain muda lengkapi ketenangan Isco - Thiago Alcantara.

Sementara itu, cap enteng dari tim Kroasia sudah luntur tak bersisa. Mereka adalah sebelas orang dengan kemampuan mobilitas tingkat tinggi. Berbekal mesin tempur yang masih panas, Luka Modric cs tak ragu untuk membidik satu lagi prestasi baru di perhelatan perdana UEFA Nations League.

2. Hasil imbang 1-1 di partai uji coba lawan Portugal awali langkah Kroasia pasca Piala Dunia

UEFA Nations League: Spanyol Vs Kroasia, Misi Wujudkan Ekspektasihns-cff.hr

Sayang, hasil kurang maksimal awali kampanye Vatreni pasca Piala Dunia. Bersua Portugal di Estadio Algarve Porto pada Kamis (6/9) silam, laga uji coba tersebut berakhir imbang 1-1. Secara umum, tak ada perubahan drastis. Ciri khas umpan pendek antar lini tetap dipertahankan. Hanya sektor depan butuh sedikit evaluasi.

"Hasil positif akan menjaga suasana hati segenap skuat, apalagi jika menang. Itulah kenapa kami berusaha meraih poin penuh di setiap laga. Tapi Spanyol sedang amat termotivasi. Ini jelas akan menjadi 90 menit yang sulit, jadi saya pikir hasil imbang pun tak mengapa," tutur Zlatko Dalic, juru taktik Kroasia dalam kesempatan yang sama seperti dilansir oleh UEFA.com.

3. Hadapi tuan rumah, Vatreni bakal turun dengan seluruh pilar inti

UEFA Nations League: Spanyol Vs Kroasia, Misi Wujudkan Ekspektasihns-cff.hr

Berikut ini prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan :

Spanyol (4-3-3)

David de Gea; Dani Carvajal, Sergi Ramos, Nacho, Marcos Alonso; Sergio Busquets, Saul Niguez, Thiago Alcantara; Isco, Rodrigo, Marco Asensio

Kroasia (4-3-3)

Lovre Kalinic; Sime Vrsaljko, Matej Mitrovic, Domagoj Vida, Josip Pivaric; Luka Modric, Marcelo Brozovic, Ivan Rakitic; Marko Pjaca, Marko Livaja, Ivan Perisic

Catatan lima pertemuan terakhir :

21/06/2016 : Kroasia 2-1 Spanyol (Piala Eropa 2016)

18/06/2012 : Kroasia 0-1 Spanyol (Piala Eropa 2012)

07/06/2006 : Spanyol 2-1 Kroasia (Uji Coba)

23/02/2000 : Kroasia 0-0 Spanyol (Uji Coba)

05/05/1999 : Spanyol 3-1 Kroasia (Uji Coba)

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya